Advertisements

Ragam Aktivitas muslimah kala haid di bulan Ramadhan

Aktivitas muslimah kala haid di bulan Ramadhan. Move On Yukkk Meski Haid di Ramadhan.Bagi para muslimah yang lagi kedatangan tamu bulanannya tak perlu galau apabila di sepuluh hari terakhir ramadhan belum bisa memaksimalkan amal-amal unggulannya. Belum bisa ikut i’tikaf di masjid sesuai dengan rencanya bersama keluarga tercinta. Masih ada amalan yang bisa dilakukan lho.

Berikut ini amalan yang masih bisa dilakukan para muslimah yang sedang haid di ramadhan:

  • Memperbanyak dzikir
  • Memberi makan orang yang berpuasa

Meski kita tak ikut berpuasa, dengan memberikan makan untuk orang yang berpuasa insyaAllah kita masih mendapatkan jatah pahalanya. Tentukan jadwal masjid mana atau siapa saja yang akan diberikan makanan berbuka puasa.

  • Baca buku keislaman

Siapkan buku-buku keislaman yang ingin kita selesaikan untuk dibaca selama kita haid. InsyaAllah dengan membacanya semakin menambah khasanah keislaman serta penyegaran kembali.

  • Bangunin dan siapkan makan sahur

Biasanya muslimah apabila lagi haid malah aras-arasen untuk bangun sahur di ramadhan. Eh..jangan malah tidur sist.. segera bangun cari pahala dengan tetap membantu keluarga kita menyiapkan makan sahurnya.

  • Hindari perbuatan sia-sia

Muslimah haid, juga jangan bersantai-santai mengumbar waktunya dengan aktivitas yang tak bermanfaat. Ramadhan di sepuluh hari terakhir berikan aktivitas yang membahagiakan  orang lain sekitar kita meskipun kita “datang bulan”

  • Perbanyak Infaq dan shodaqoh

Persiapkan dana kita untuk dialokasikan ke infaq dan shodaqoh bisa melalui lembaga pengelola infaq yang sudah terpercaya. Bisa juga disalurkan kepada kerabat terdekat, tetangga di sekitar kita yang membutuhkan

  • Hadiri banyak majelis ilmu

Mencari jadwal taklim di masjid –masjid yang menyediakan ceramah untuk menambah wawasan ilmu agama.

  • Dengarkan murotal

Sambil melakukan aktivitas di rumah ataupun di tempat kerja, kita bisa mendengarkan murotal agar senantiasa tetap mengingatNya dan tidak melakukan aktivitas yang sia-sia. Ngobrol sana-sini, misalnya. Haid pun kita masih tetap bisa menjaga lisan dan pendengaran kita.

  • Menulis setiap hari

Mulai melatih diri untuk menulis, meskipun haid. Aktivitas yang satu ini tak semua orang mampu mempraktekkannya. Seringnya malah muncul  banyak alasan yang memberatkan untuk mengawali menulis. Ada saja dalih untuk tidak memulainya, tak ada waktulah, tak percaya diri dengan apa yang ditulis, dll.

Ada nasehat keren dari Al-Hafiz Al- Mundziri mengatakan bahwa:

 

Penulis ilmu yang bermafaat akan mendapatkan pahala (dari tulisannya itu) dan pahala orang yang membacanya atau mengamalkan dari apa yang ia tulis setelahnya selama tulisan itu tetap ada. (Kitab At-Targhib wat tarhib juz 1/hal.65)

 

Selain nasehat dari Al-Hafiz Al Mundziri, ada pula penyemangat agar kita mau memulai dan konsisten dengan amal menulis yaitu:

Menulis itu janganlah dijadikan beban pikiran, tapi jadikanlah itu suatu kenikmatan. Yaitu kenikmatan yang bisa membuat hatimu senang dan bahagia. (Dani Kaizen)

Nah bagaimana sist… tak ada alasan karena sedang haid lalu kita bermalas-malasan, ogah-ogahan apalagi ini ramadhan. Ayok move on, tebar kebaikan dengan bergegas mengambil  amal-amal unggulan yang sudah disuguhkan bagi para muslimah yang sedang haid. Haid tak menghalangi kita untuk tetap mengumpulkan pundi-pundi amal kebaikan. (NRA)

#RamadhanBerbagiInspirasi

#FLPGresik

#Day19

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 4 June 2018, in inspiring and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: