Advertisements

3 Waktu mimpi dalam kepercayaan orang Jawa

3 Waktu mimpi dalam kepercayaan orang Jawa. Mimpi pada waktu tidur ada yang mengatakan merupakan bunga-bunga tidur belaka. Namun disisi lain keberadaan mimpi juga semacam sebuah komunikasi sandi bagi yang mengimpikannya. Nah bagi orang Jawa setidaknya terdapat 3 pembagian waktu mimpi yang berimbas pada keartian dan ketidakartian mimpi tersebut. Monggo disimak gans…

3 Waktu mimpi dalam kepercayaan orang Jawa

1. Titiyoni

Yaitu mimpi yang tidak memiliki arti apapun, karena mimpi ini terjadi antara jam 18.00 hingga jam 23.00. Mimpi pada saat -saat tersebut terjadi karena faktor psikologis seseorang dikehidupan kesehariannya pada saat itu, nah titiyoni ini yang disebut BUNGA TIDUR.

2. Gondoyoni

Yaitu mimpi yang kadang memiliki arti dan kadang tidak memiliki arti sama sekali. Mimpi ini terjadi pada pukul 23.00 hingga 02.00 pagi.

3. Puspatajem

Yaitu jenis mimpi yang memiliki arti bagi yang mengalaminya. Dan mimpi ini dipercayai memiliki kontak langsung dengan alam ghaib. Mimpi ini terjadi pada pukul 02.00 hingga 05.00 pagi.

KHS masih belum mendapatkan informasi pembagian nama bila mimpi itu terjadi ketika sedang tidur pada siang hari.

Salah seorang warganet di grup facebook Kerabat Keliling Jogjakarta mengungkapkan pengalaman mimpi yang menimpanya.”Dingapunten Ajeng tanglet nggih lur…Kadang kulo mimpi niku setengah percoyo setengah mboten…. tp niki wau dalu kulo mimpi nikah maleh lur kaleh suamine kulo… sedangkan suamine kulo sakniki ting sulawesi… mbok menawi enten sik ngertos lur kulo kudu pripun kok mungale mimpi nikah niku tondone mboten sae… tangi2 kulo jam setengah 4… berarti kan mlebet ting mimpi nomer 3… matursuwun lur.… ” ujar Dayu Pramantika Maharany pada statusnya yang diunggah pada tanggal 17 Maret 2018.

Bebeberapa warganet menanggapi postingan tersebut yang menyatakan bahwa itu bisa jadi berita buruk. “Mf mimpi nikah itu agk kurang bgus baikx buat jenang abanng +sengkolo ” ujar. Reni Lestari. Sementara warganet lain dengan panjang lebar menjelaskan semacam tafsir mimpi diatas. “Niku kalebet puspotajem.Ngimpi saget sakwalikke,sing nikah malih mboten Njenengan,namung malah suami/garwa Njenengan.Sidak/inspeksi mendadak,tindak dateng Sulawesi kemawon! Mungkin niku garwane Njenengan sampun kegoda wanito liyo! Monggo pun agem menawi sae! Menawi mboten pas,nyuwun pangapunten! Menawi kasep sampun mboten sae,to? Nopo malih anggenipun ngimpi sampun luwih saking ping 1.” ujar Siti Dwi

Namun ada juga warganet yang berpendapat bahwa itu sekedar bunga tidur belaka. “Niku penjenengan kangèn mbak…hehehe” terang Budhe Ida

Sementara warganet ada yang bertanya kepada Siti Dwi yang sepertinya mengetahui tafsir mimpi diatas. “menawi ngimpi di jogo kalih ular ageng sisik e emas artine nopo nggih…soale kulo pernah ngimpi pas riyen ngimpine meniko kulo sak keluargo di jogo kalih ular ageng sisik e emas..,,nopo artine nggih??? ” tanya Giriani Purwa. Siti Dwi menjawab pertanyaan tersebut,”Niku tinggalane mbah2 Njenengan,sing isih gelem njogo anak putune.Gur arep ngenei ngerti yen Njngn isih dijogo.Yen nogo kalung emas,aku ngerti,yen sisik emas,tau dicritani mbhku tp lali ” tuturnya.

Giriani Purwa melanjutkan ceritanya mengenai sosok naga ini. “Matursuwun mbak…mungkin itu ular naga sisik emas soalny di mimpi saya ularny sebesar pohon kelapa melingkar d usuk atap rumah sisikny emas sama pake mahkota d kepala..,,” ujarnya lebih lanjut. Hal ini juga langsung direspon oleh Siti Dwi dengan gamblang.”Klo ular naga emas,ada mahkotanya di kepala,di kedua telinga dan diatas kedua siku tangannya,ada “sumpingnya” itu Kanjeng Ibu Ratu Kidul.Klo diatas siku kedua tangannya tdk ada sumpingnya itu Nyai Blorong ” ujarnya.

Itulah mantemans, 3 pembagian waktu mimpi menurut kepercayaan orang Jawa. Anda boleh percaya atau mengabaikannya karena kepercayaan orang itu memang berbeda.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 17 March 2018, in Mistis and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: