Advertisements

Pengalaman KHS ikutan Prosesi Pengukuhan Maba Unair Program Doktor, Magister, Spesialis dan Profesi tahun 2017

Pengalaman KHS ikutan Prosesi Pengukuhan Maba Unair Program Doktor, Magister, Spesialis dan Profesi tahun 2017. Tulisan yang telat mengenai acara penanda resmi sebagai mahasiswa Universitas Airlangga kemarin. Ini pengalaman KHS yang ngangsu kaweruh lagi di Universitas Airlangga tepatnya jurusan Magister Media dan Komunikasi, FISIP Unair. Acara pengukuhan berlangsung pada hari Kamis, 10 Agustus 2017 di Airlangga Convention Center. Ternyata ribuan orang yang ikutan prosesi ritual ini brosis, berikut pengalaman KHS gans…

Hari Kamis (10/8) pagi KHS mesti bangun pagi-pagi diluar kebiasaan karena di undangan disebutkan jam 06.00 WIB acara dimulai dengan keterangan, “harap datang 30 menit sebelum acara dimulai”. KHS pun sehabis bangun subuh, mandi, pakai baju dan celana putih, minum teh langsung cuz dari Gresik ke Surabaya. Jam 05.00 WIB berangkat dari rumah terlihat kondisi jalanan agak sepi sehingga bisa sedikit menggeber motor dinas sesuka hati. Sesampai di Airlangga Convention Center ternyata masih pagi sekitar jam 05.48 WIB, yah akhirnya cari sarapan dulu di PKL yang berada di sekitar gedung.

KHS agak kaget dengan tampilan baru Airlangga Convention Center yang ada di Mulyorejo ini. Maklum tahun 2008 silam gedung ini masih disebut dengan Auditorium Kampus C dan disini pula KHS mengakhiri masa kuliah sarjana alias wisuda yang ditempuh selama 5 tahun sejak tahun 2003. Dahulu pintu utama ada di sebelah selatan namun saat ini tahun 2017 berganti di sebelah barat. Semua tentu dengan interior baru dan desain baru brosis…

Jam menunjukkan 06.30 WIB, KHS bersama rekan mencoba untuk mengintip kedalam setelah sebelumnya registrasi dulu. Sehabis tanda tangan sebanyak 4 kali kita mendapatkan satu kotak snack dan air minum. Masuk Airlangga Convention Center ternyata sudah lumayan ramai dengan mahasiswa baru program Doktor, Magister, Spesialis dan Profesi tahun 2017. 

KHS pun harus menyapu pandangan untuk melihat lokasi delegasi dengan tulisan FISIP yang ternyata tepat berada didepan dan tengah-tengah. KHS pun langsung masuk ke kursi setelah sebelumnya menyapa teman di sebelah kanan dan kiri. Ternyata jenuh menanti selama kurang lebih 1,5 jam akan acara sakral ini. Tepat sekitar jam 09.00 WIB rombongan rektor dan civitas akademika majlis amanat di Unair. Hal ini ditandai dengan suara gemericing lonceng yang mengawali rombongan rektor menaiki kursi kehormatan.

Mengutip http://news.unair.ac.id/(10/8/2017), Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih mengukuhkan sebanyak 1.451 orang mahasiswa baru pascasarjana. Mereka terdiri dari 183 mahasiswa jenjang doktor, 1.015 jenjang magister, 231 jenjang spesialis, 11 jenjang subspesialis, dan 11 jenjang profesi dari seluruh fakultas. Prosesi pengukuhan ini dihadiri civitas akademika dilingkungan Universitas Airlangga dengan dihadiri tamu penting dari Polda dan Kodam yang ada di Jawa Timur.

Sekitar pukul 09.30 WIB, prosesi pengukuhan ditandai dengan simbolik penyematan jas almamater dan pemakain muts bagi perwakilan 2 mahasiswa yakni Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu Husnasari, Mahasiswa pascasarjana Hukum dan Mahasiswa dari penerima beasiswa  Kemitraan Negara Berkembang. Selanjutnya prosesi ini diikuti seluruh mahasiswa yang hadir dimana awalnya didominasi nuansa putih-putih berubah menjadi biru tua khas kebanggaan Universitas Airlangga.

Dalam sambutannya, Pak Rektor berpesan kepada para mahasiswa agar bersyukur atas kesempatan emas masuk Universitas Airlangga ini dan bisa mengoptimalkan kesempatan dengan memulai dari hal-hal yang terencana. “Belajar itu orientasi harus jelas, tidak hanya untuk mendapatkan ijazah tetapi dalam rangka mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat” ujar Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR. Selain itu Pak Rektor juga berpesan agar berperan aktif dalam membuat karya-karya ilmiah sehingga memperkuat Unair menjadi perguruan tinggi yang mempunyai reputasi Internasional.

Agenda pengukuhan dilanjutkan dengan pemaparan tentang kondisi kekinian. Maklum lupa nama presentasinya karena posisi KHS yang ada dibelakang mengalami distorsi dan gak fokus…xixixi. Pokoknya presentasinya keren banget slide nya terlepas dari isinya yang tidak bisa dibaca dari belakang…hehehe .Sebelum prosesi pengukuhan diakhiri, Pak Nasich mengajak seluruh mahasiswa Program Doktor, Magister, Spesialis dan Profesi tahun 2017 untuk swafoto dan selanjutnya di tag ke akun medsos Unair. “Wah gaul juga ternyata pak Rektor berkacama ini” bisik teman KHS disebelah kanan.  Selanjutnya ia berpesan dan menagih agar lulus tepat waktu, “Selamat menjadi mahasiswa Unair dan sampai ketemu lagi ditempat ini 2 tahun lagi dengan saya disini” ujarnya yang disambut tepukan meriah dari seluruh mahasiswa.

Setelah proses pengukuhan dan foto-foto wefie selesai, kita keluar sudah disambut dengan mbak-mbak dan mas-mas dari pramuka unair yang membagikan tas untuk tempat nasi kotak. Iya mantemans, sebelum pulang kita dibawakan makan biar gak kelaparan karena waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB…hahahaha. Acara selanjutnya ke fakultas masing-masing untuk mendapatkan pengarahan dan pencerahan selama menimba ilmu di Universitas Airlangga dengan jargon, Excellence with morality ini.

Well, Demikianlah mantemans Pengalaman KHS ikutan Prosesi Pengukuhan Maba Unair Program Doktor, Magister, Spesialis dan Profesi tahun 2017.  Mohon doanya mantemans agar selama ngangsu kaweruh  kurang lebih 2 tahun bisa lancar, barokah dan bermanfaat bagi masyarakat. Amiiiin.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 3 September 2017, in asalnulis and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: