Advertisements

Pengalaman kuliah semester pertama di Magister Media Komunikasi Unair tahun 2017

Pengalaman kuliah semester pertama di Magister Media Komunikasi Unair tahun 2017. Tak terasa ternyata KHS sudah melampui semester pertama kuliah pascasarjana di Media Komunikasi Universitas Airlangga yang digelar mulai Agustus – Desember 2017. Tentu banyak pengalaman yang begitu berkesan karena sudah lama keluar kampus sejak tahun 2008 jadi otak perlu di- setting ulang biar bisa akselerasi…hehehe. Kuliah sore/malam tentu merupakan tantangan tersendiri bagi KHS yang masuk kategori aq cah kerjo (jare Nella Kharisma)  ini…xixixi. Meskipun tulisan sudah telat tapi monggo disimak mantemans. Berhubung ceritanya panjang  maka tolong siapkan camilan yah…hehehe.Mata Kuliah dan Dosen

Pada semester pertama di Magister Media Komunikasi Unair ini terdapat 6 mata kuliah yang sifatnya paket gans jadi mesti dipilih. Dosen-dosen yang ngajar mantab dan berpengalaman dibidangnya termasuk dosen lintas jurusan karena mata kuliah terdapat kaitan. 6 mata kuliah yang mesti diambil oleh nubi mahasiswa semester pertama pada Media dan Komunikasi yaitu :

  • SOK635 – Komunikasi Bisnis Dan Organisasi yang diampu oleh Dr. Santi Isnaini,S.Sos., MM., Dra.Liestianingsih D, M.Si., Dr. Suko Widodo, Drs.,M.Si., Nurul Ratna Sari, S.IP., M.Comm.
  • SOK636 – Periklanan & Budaya Konsumen yang diajar oleh Titik Puji Rahayu, S.Sos., M.Comms.,PhD., Nisa Kurnia Illahiati, S.Sos.,M.Med.Kom.
  • SOK611 – Teori Komunikasi Advanced yang diajar oleh Prof. Rachmah Ida,Dra., M.Com., Ph.D.Dra., M.Com., Ph.D., Andria Saptyasari,S.Sos., MA., Irfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms.
  • SOS640 – Teori-Teori Sosial yang diampu oleh Prof.Dr. Musta’in, Drs.,M.Si, Prof.Dr. Bagong Suyanto,Drs.,M.Si., Daniel T.Sparringa Drs., MA.,Ph.D., Dr. Novri Susan, S.Sos, MA
  • PNS697 – Metodologi Penelitian yang dibimbing oleh Prof.Dr. Emy Susanti, Dra., MA., Daniel T.Sparringa Drs., MA.,Ph.D., Dr.Tuti Budirahayu,Dra.,M.Si.,
  • PHS601 – Filsafat Ilmu yang dipandegani oleh Dr.Pinky Saptandari Endang Pratiwi, Dra., MA.

Mohon maaf kalau ada salah ketik dan tulisan terkait penulisan gelar dan nama…hehehe. Maklum kadang KHS kudet alias kurang update gans…Atau mungkin ada dosenn yang belum tertulis atau tertulis pada mata kuliah yang kurang tepat mohon mantemans dapat menginfokan.

Beberapa nama diatas mungkin mantemans sudah pernah dengar atau melihat tayangan ditelevisi sehingga bisa jadi tidak asing  lagi. Oia di Magister Media Komunikasi Universitas Airlangga ini terdapat 2 peminatan yakni Studi Media dan Komunikasi Profesional. KHS sendiri memilih peminatan pada Komunikasi Profesional (Komprof).

Jadwal Kuliah

Kuliah semester pertama dengan  6 matkul ini berlangsung hari senin hingga kamis  yang dimulai pada jam 16.00 hingga kadang jam 21.30 WIB. Jadi KHS sehabis kerja yang berada di sekitar Kedungsari, Tegalsari langsung melipir ke Kampus B Unair sekitar Dharmawangsa khususnya ke kampus FISIP yang ada di gedung C ini. Waktu geber motor kurleb 10-15 menit brosis tergantung situasi dan kondisi kemacetan lalu lintas rush hour pulang kerja.  Kalau pas hujan ya harus siap-siap bawa mantel dan berganti sandal dimana nanti dikampus baru ganti sepatu.

Gedung kuliah untuk pasca sarjana di FISIP sebagian besar berada di gedung C brosis berbeda dengan kuliah sarjana yang ada di gedung A. Gedung A dimana KHS juga pernah rasakan ketika menimba ilmu di prodi sosiologi tahun 2003-2008 silam….hehehe. Gedung C ini terdapat 3 lantai namun untuk perkuliahan seringkali di lantai 1 dan 2 saja brosis.

Diawal pertemuan kuliah selalu diawali dengan perkenalan dan buku-buku maupun jurnal yang digunakan sebagai referensi dalam satu mata kuliah. Khususnya jurnal-jurnal internasional yang bereputasi sebagai sebuah referensi yang dianggap mumpuni. Tidak jarah satu mata kuliah lebih dari 10 buku atau jurnal sebagai bahan ajar pembelajaran. Oia di kuliah pasca ini kita dituntut mandiri loh brosis yah…

Kuliah dimulai jam 16.00 kadang tet atau bahkan lebih maju 30 menit tergantung kesepakatan dengan dosen pengajar. KHS dipastikan pasti telat masuk kuliah karena pulang kerja baru berangkat…hehehe. Sesampai di kelas langsung cari tempat duduk yang agak belakang biar kalau ngantuk gak kelihatan…xixixi #joke. Kuliah berlangsung dimana dosen menjelaskan slide kemudian diakhiri tanya jawab. Slide nya juga ada yang bahasa Indonesia tetapi juga ada yang bahasa Inggris tapi ya tetep diterjemahkan kok…hehehe.

Selain itu kadang sistem perkuliahan juga dibalik dimana buku pedoman mata kuliah dibagi beberapa bab dimana nanti kelompok mahasiswa yang mesti menjelaskan. Biasanya paruh semester metode semacam ini akan dimulai dimana satu persatu mahasiswa maju ke kelas untuk presentasi sebagaimana bagian yang diterimanya. Selanjutnya biasanya ada diskusi interaktif dan diiringi tawa-tawa segar yang menghibur ditengah kepenatan pulang kerja. Kuliah biasanya berlangsung dari jam 16.00 sampai jam 17.30 atau sekitar adzan Maghrib berkumandang.

Untuk sholat ada musholla kecil sekitar ukuran 3 x 3 m yang ada dilantai 2 gedung C atau kalau agak besar ada Musholla Fisip yang ada dibawah (eks ruang BEM Unair ketika jaman 2004/2005 soalnya KHS lupa..hehehe). Biasanya kalau pas maghrib suasana ramai gans sehingga mesti sabar dan gantian karena memang cuma menampung sekitar 20 orang saja baik laki maupun perempuan.

Kuliner Malam

Nah biasanya sehabis maghrib perut akan keroncongan untuk mengingatkan bahwa anda belum makan sore/makan malam. Bingung juga cari makan malam karena biasanya kuliah sesi ke2 yakni sekitar jam 19.00 WIB akan segera dimulai. Kita biasanya bersama-sama geser ke kantin Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang biasanya buka sampai jam 20.00 WIB. Disana banyak pilihan mau makan nasi pecel, nasi goreng, mie ayam, penyetan, siomay, ketoprak atau cuma mie instan. Banyak warung-warung yang menyediakan pilihan sesuai selera dengan harga khas mahasiswa lah…antara Rp.10.000 – 15.000 lah…hehehehe.

Kalau bosen dikantin biasanya KHS njajal menu lain tahu tek Lamongan, Bakso rombong atau sate Madura yang ada di sekitar FIB maupun FISIP. Sepertinya kedua penjual ini sudah paham akan tampang-tampang lapar mahasiswa yang kuliah malam sehingga cukup cekatan meladeni mereka. Seporsi tahu tek cuma Rp.10.000 sedangkan untuk sate ayam madura seporsi sekitar Rp.12.000. Sate 10 tusuknya mau ditemani nasi atau lontong bisa dipilih serta tingkat kepedasan cabe juga bisa dipesan.

Kalau pengin selera lain yang lebih terjangkau ada pedagang asongan (sebelum digusur) didepan kampus B ini. Mereka menjajakan nasbung alias nasi bungkus seharga Rp.7.000 yang bisa ditemani dengan gorengan,  tahu isi, usus, sate cecek (baca huruf e pakai seperti kata bebek) sedangkan minman bisa teh hangat atau nutrisari. Kalau doyan penyetan juga ada tepat didepan kampus B ini (sebelum tergusur) dengan harga variasi mulai dari Rp.15.000 – 25.000 tergantung menu dan minuman.

Atau kalau ada waktu luang banyak bisa memilih kantin-kantin yang berada di sekitar jalan Airlangga ini dengan beragam menu yang ada. Atau bisa nongkrong di Wapo yang berada di persimpangan jalan Airlangga dan jalan KarangMenjangan.

Kuliah malam sesi 2

Kuliah sesi kedua dimulai sekitar jam 19.00 WIB. Sebuah kombinasi perut kenyang dan kepenatan kerja seharian kadang berujung pada panggilan alam berupa kantuk. Kadang KHS untuk menghalau kantuk mesti cuci muka dulu di westafel toilet kampus. Kalau sudah tak tertahankan ya mau gimana lagi…xixixi ngantuklah sambil mengangguk-anggukan kepala kedepan belakang. Untungnya semua dosen bersabar dan tidak ada yang mengagetkan. Mungkin bapak dan dosen juga memaklumi pada orang berwajah lelah ini…hahaha.

KHS juga ingin memberikan apresiasi terhadap bapak dan ibu dosen yang tetep fresh dan stamina joss ketika memberikan kuliah pada sore atau malam hari. Maklum saja mantemans, bapak ibu dosen itu juga telah mengajar seharian sejak pagi sehingga ketika kuliah sore/malam mereka harus memakai tenaga ekstra tapi gak tahu pake extra joss apa enggak…hehehe. Angkat topi deh buat dedikasi dan pengorbanannya selama ini.

Bahkan ada dosen perempuan yang awalnya ijin sakit tidak masuk namun karena merasa cintanya terhadap mahasiswanya beliau nekat masuk meskipun masih terlihat sayu dan terdengar batuk-batuk. Malah mahasiswanya yang merasa bersalah dan salah tingkah. Namun syukurlah senyuman manis beliau menggambarkan keikhlasan untuk memberikan yang terbaik buat mahasisswanya.

Kuliah sesi 2 ini kadang ketika asyik dan interaktif sampai malah lupa waktu. Sesi yang mestinya berakhir jam 21.30 kadang lebih dari itu. Seakan para dosen itu siap memberikan cawan ilmu bagi mahasiswanya yang haus akan ilmu. Wajah lelah tak bisa dilawan tetapi kesabaran mereka sungguh tiada tara. Namun ada juga karena suatu hal jam kuliah selesai lebih awal lho gans….hehehe. Asyik

Tugas-tugas Kuliah

Beberapa mata kuliah tertentu selalu ada tugas alias PR dalam setiap pertemuan. Selain itu ada tugas presensentasi berkelompok mengenai tema-tema tertentu atau buku panduan tertentu sebagai bahan diskusi dikelas. Selain itu juga ada mencari referensi jurnal untuk direview baik jurnal internasional maupun jurnal nasional. Atau juga membuat makalah terkait mata kuliah tertentu.

Selain itu kita juga perlu mandiri untuk mempelajari buku-buku referensi khususnya yang berbahasa inggris. Terdapat beberapa jurnal atau buku yang diberikan oleh dosen untuk dipelajar secara mandiri. Sementara selebihnya kita mesti cari-cari sendiri agar wawasan kita semakin luas. Terlebih bagi kita-kita yang tidak memiliki basic ilmu komunikasi sehingga mesti siap diajak lari.

Oia kemarin November tahun 2017 terdapat kuliah tamu dari Pak Dahlan Iskan mengenai nasib media cetak ditengah gempuran digitalisasi dan dunia internet. Kuliah tamu ini sifatnya wajib sehingga tetep ada absen ya brosis.

UTS/UAS

Pada semester awal kemarin untuk ujian UAS ada yang berbentuk mengerjakan didalam kelas alias sit on. Baik dengan close book maupun open book tapi yang jelas setiap jawaban memerlukan penalaran masing-masing dimana setiap orang tentu memiliki pemahaman yang berbeda. Selain itu ada yang berbentuk tugas kuliah yang bisa dikerjakan dirumah dengan waktu antara 7 hari hingga 10 hari.

Biasanya dalam tugas UTS/UAS terdapat batasan minimal kata yang diketikkan maupun bahan referensi yang mesti disertakan. Misalnya ada yang 3000 kata atau 7500 kata dengan buku referensi ilmiah minimal 5 buah. Biasanya dalam tugas-tugas UTS/UAS ini kita diminta untuk riset sederhana alias penelitian kecil-kecilan sebagai sebuah karya ilmiah. Yah KHS mesti pandai-pandai manajemen waktu antara kerja dan garap tugas…hehehe.

Penutup

Itulah mantemans cerita pengalaman pribadi KHS dalam menikmati kuliah pasca sarjana di semester pertama. Ada suka dan duka yang mesti dilampaui dalam menuntut ilmu dipadepokan Airlangga ini. Biasanya nilai semester akan muncul 2 minnggu pasca ujian. Sebelum nilai muncul maka kita diwajibkan untuk mengisi evaluasi via cybercampus. Silahkan login dengan akun dan password cybercampus Universitas Airlangga. Alhamdulillah nilai semester pertama ini cukup memuaskan bagi KHS. Semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk semester kedua nanti.

Uniknya kadang tanpa janjian ternyata beberapa mantemans memiliki kostum yang kembar seperti warna biru atau warna biru muda, dsb….Yah iseng-iseng foto bersama selepas kuliah buat ngilangin lelah…hehehe.

Maturnuwun

Foto : WAG Medkom 2017

baca juga:

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 10 February 2018, in inspiring and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Pengalaman yg menarik

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: