Advertisements

Murid jaman dulu emang beda dengan murid sekolah jaman sekarang….ini buktinya

Murid sekolah jaman sebelum milenium alias era 90an kebawah memang berbeda dengan murid sekolah pasca milenium. Murid jaman itu sudah terbiasa dengan ‘gaya kekerasan’ yang dilakukan oleh pak guru ketika mengajar muridnya. Kekerasan yang dilakukan disini tentu tanpa sebab dengan apa yang dilakukan oleh sang murid. Mulai dari dihajar dengan mistar penggaris, dihantam penghapus, dijewer, dicubit hingga dijemur ditengah matahari siang. Namun anehnya tidak ada yang membalas apalagi mengadukan tindakan guru tersebut ke orang tua. Murid-murid ini tetap hormat, respek dan takzim terhadap sang guru yang telah  mengajarkan ilmu. Bagaimana dengan murid sekarang?

bukti murid jaman dulu lebih takzim pada guru

Tragedi guru dipenjara atas nama pelanggaran  HAM di Bantaeng, Sulawesi Selatan menjadi catatan tersendiri di pendidikan era milenium ini. Orang tua yang dilapori anaknya justru bak gayung bersambut untuk membalas perilaku guru. Hal ini sangat berbeda ketika era jadoel dimana kita mengadu kepada orang tua maka justru hukuman itu malah ditambah alias dikasih bonus….hehehe.

Nah ini beberapa potret perilaku murid jaman dahulu yang tetap respek dan hormat terhadap guru :

  • Indrastuti Jaya :  Ga ngarap PR komplit disuruh keluar dr kelas, ya seneng. Tp yo kapok. Lapor ortu? Ga waniiiii….wong mesti mlh tambah di ujar2i
  • Nuwing Adike Marijan :  q masuk SLTP Tahun 1994 ora melu penataran P4 di kon mlayu ngubengi lapangan 10x,terus ngosek wc,nyaponi kelas ngresiki koco sekolah,lha rambutku rodo dowo langsung dijupuke gunting di potong kato guru BP,motonge tanpo sisir langsung sak gegem di potong,nganti ketok dowo cendak,tp hikmahe saiki aku iso nerapke nang anak ku supoyo disiplin
  • Dwi Andaryani :  Masih inget jamane smp, ada temen ketahuan ngerokok, ga dimarahin sama bu guru tp malah kasih duit suruh beli rokok 2 bungkus stlh beli itu rokok sebungkus dikeluarin trus suruh ngerokok sebungkus sekaligus… Kalo kuat boleh ngrokok tp kalo ga sanggup harus berhenti ngerokoknya…. Setelah itu temen saya kuapooookkk haaaaa
  •  Devi Cahyaningsih  :  Iya bner dulu telat masuk aja ud dihadang guru didepan pintu masuk dan tangan kanan selalu bawa penggaris kayu yg pnjang tuh… Disablek bokongknya belum kalo seragam keluar perut jadi sasaran empuk sang guru. Belum lagi disetrap didepan kelas angkat satu kaki tangan melingkar pegang telinga dua2 nya. Tapi itu sudah biasa bagi kami. Krn memang itu kesalahan kami. Dididik keras bukan berarati penganiyaan tapi itu memang hukuman bagi murid yg salah dan alhasil bener kok kita ga ngulangin kesalahan yg sama. Dan guru jaman dulu itu kajen alias diajeni tenan tapi skrg kok kebalik yaa?? Turut prihatin.
  • Ivan Tarigan : Dulu pernah dilempar penghapus papan tulis sm guru gara” sibuk sendiri pas lg diterangin. Kena muka!!! Cm bs diem nundukin kepala sambil nahan nangis n perih 😹😹😹
  • Anip Kurniawan : Jaman SD, sekitar tahun 2000’an diketaki guru MTK bola~bali, nganti mimblik” nunduk nang mejo.
    Gara” kancane wadul yen garapan PR’ku kwi garapane mbakyune mergo lek sekolah nurut mbakyune…
    Nanging esuk’e ttep sekolah kaya biasane…
    #nganti_saiki_gur_jengkel_yen_kelingan, ora isa mbayangke kaya ngapa mbiyen isin’e karo kancane…

  • Fitrilia ‘n Arrel :  Hahaha dilempar penghapus jg prnah,yg rame tmnku yg kena aku,tp yo ga masalah ki..nek saiki mgkin gurune gantian diuncali sepatu kali yaa..#salahkaprahjamantmbhedan
sumber : obrolan di Info Cegatan Jogja
Diatas itu merupakan contoh ‘gaya kekerasan’ yang dilakukan oleh pak guru era 90-an. Dulu ketika KHS masih SD terdapat pak guru yang sering mendapat julukan ‘Pak Benggol’ karena sering benggol murid-muridnya. Dan meskipun dongkol karena sering kena benggol namun tidak ada yang berani melawan….hehehe. Mungkin bisa situasi kalau saat ini…
Monggo diskusikan bersama….
Maturnuwun
—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 14 June 2016, in asalnulis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. Wkwkwk bener, dr sekolah nangis bilang dimarahin sama guru sampe rumah malah tambah dimarahin

    Like

  2. kayanya ancur deh negara ini begitu generasi cengeng ini saatnya jadi pemimpin… sekarang aja udah kaya gini, semarawut banget

    Like

  3. Menasehati anak yang nakal dengan cara bicara dari hati-kehati sesuai anjuran KPAI memang bisa memperbaiki mental anak.
    Permasalahannya waktu yang dibutuhkan dan tenaga yang dikeluarkan lebih besar, yang adamalah guru sibuk ngurusin anak yg nakal sementara anak yg lain malah terbengkalai dan malah berpotensi nakal juga.
    Untuk membuktikan benar tidaknya pendapat KPAI, coba team mereka menjadi guru BP disekolah yg tingkat kenakalannya tinggi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: