Advertisements

6 arti warna feses dan kesehatan….

Sobat khsblog, mari kita tengok 6 arti warna feses bagi kesehatan. Maaf KHS tidak bermasuk jorok dengan membahas urusan tinja, BAB, kotoran akhir namun ternyata warna hajat yang kita buang merupakan indikator terkait dengan kesehatan tubuh kita. Yah sesekali tidak ada salahnya kan kita intip-intip atau tengok barang sebentar saja…hehehe. Demikian dilansir oleh 1health.id pada postingan di facebook tanggal 25 September 2015.  Mari kita cermati bersama.

arti warna feses bagi kesehatan manusia (1)

Idealnya BAB itu dilakukan setiap hari yang mengindikasikan kelancaran proses pencernaan dalam tubuh kita namun begitu ada beberapa orang yang lebih dari 1 hari. Perlu diketahui bahwa warna feses juga bisa tergantung dari apa yang kita konsumsi sebelumnya. Misalnya kita habis makan buah naga merah maka biasanya ikutan merah juga itu hajatnya.

Well mari kita simak penjelasan 6 arti dari feses manusia :

  1. Warna Merah Terang : Terjadi pendarahan di saluran usus yang lebih rendah seperti usus besar atau rectum akibat wasir. Tapi bisa jadi kita habis makan buah merah jadi warnanya ikutan merah…hehehe. Anda yang lebih tahu…arti warna feses bagi kesehatan manusia (7)
  2. Warna Hitam : Terdapat pendarahan disaluran pencernaan bagian atas. Hitam yang dimaksud bukan warna hitam pekat tetapi warna merah ati yang kehitaman dan artinya ada perdarahan lambung. Untuk mengidentifikasi lebih lanjut diperlukan gastroskopi…. Hal ini bisa juga akibat maag akut yang menyebabkan pendarahan lambung.arti warna feses bagi kesehatan manusia (5)
  3. Kuning berminyak dan berbau busuk : Akibat kelebihan minyak didalam tinja dan terdapat gangguan melabsorbsi. Bisa juga efek dari mengkonsumsi obat pemblokir penyerapan lemak makanan. Sehingga lemak yg masuk tidak diserap oleh usus tapi langsung dibuang bersama feses.arti warna feses bagi kesehatan manusia (3)
  4. Warna terang atau putih : Kemungkinan ada masalah dengan empedu, sehingga produksi cairan empedu tidak cukup untuk mengurai makanan. Ada nama kelainan empedu yang dalam istilah kedokterannya Atresia Bilier, biasanya ditandai bilirubin yang tinggi, dan SGOT dan SGPT yang tidak semestinya… Analisa dokter paling awal lewat feses dengan warna dempul ini. “Tanda2 kematian artinya feses dempul..kami perawat yg pertama menemukan apabila melihat tanda seperti ini..bahaya!!”ujar Naomi Denta Shintaarti warna feses bagi kesehatan manusia (2)
  5. Warna Hijau : Feses melewati usus terlalu cepat atau anda sedang mengalami diare. “Dulu saya pernah mengkonsumsi satur kates dan kangkung dimasak tumis pedas dalam jumlah berlebih dan tanpa di dampingi nasi selama 2 hari dan alhasil feses saya berwarna hijau tua. Saya sempat sangat panik, jadi ternyata ini ya jawabannya” kata Monica Claudia Shavira. “ Saya, suami dan anak pernah pup berwarna hijau. Sebelumnya kami mengkonsumsi kentang yg berlebih..” tambah Leonita Nurmala Putriarti warna feses bagi kesehatan manusia (4)
  6. Warna Coklat : selamat….feses anda dalam keadaan normal.arti warna feses bagi kesehatan manusia (6)

Well, Demikian mantemans arti dari warna feses kita. Bila mantemans mengalami ketidakberesan pada warna feses anda lebih baik datangi rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk konsultasi dan pengobatan. Terlebih ketika warna feses anda warna putih atau warna dempul itu merupakan tanda-tanda sudah dekat….

Maturnuwun

*dirangkum dari fanspage 1health.id

—***\Contact KHS/***—

Main blog : http://www.setia1heri.com

Secondary blog : http://www.khsblog.net

Other blog : http://www.setia1heri.org

Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com

Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri

Twitter : @setia1heri

Instagram : @setia1heri

Line@ : @setia1heri.com

Whatsapp : 085608174959

PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 8 March 2016, in biarsehat and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: