Advertisements

Mengenal Kodok Bullfrog, jenis kodok yang diincar Presiden Jokowi

Kodok Bullfrog atau kodok lembu saat ini menjadi hewan yang sedang diincar oleh presiden Jokowi.  Katak ini nantinya untuk dipelihara di kolam Istana Bogor. Hal itu dinyatakan oleh Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Protokoler Istana Bogor, Endang Sumirat, Selasa (1/3/2016). “Pak Jokowi minta kodok jenis bullfrog ini untuk kebutuhan ekosistem. Kemarin sempat dapat dari Polres, kalau ada yang punya lagi mungkin bisa disampaikan,” katanya sebagaimana diberitakan tribunnews.com (1/3).

bullfrog siap kawin

Katak Lembu atau Bullfrog mempunyai nama latin Rana Catesbeiana. Bullfrog merupakan jenis kodok  yang berciri tubuh besar, agresif, dan bersuara besar.  Umumnya, jenis kodok ini kulit atasnya ditemukan berwarna hijau daun dan kadang berkombinasi dengan warna cokelat keabu-abuan. Sedangkan, kulit bagian bawahnya biasanya berwarna putih, kuning, atau abu-abu.

Ada beragam spesiesnya, yang tinggal di beberapa benua, seperti Amerika, Australia, Afrika, dan Asia.  Berukuran 9 – 15 sentimeter, bullfrog dewasa umumnya dapat memiliki berat badan mencapai 500 gram, terbesar se-Amerika Utara.

Bullfrog dikatakan berperan besar untuk mengendalikan lingkungan, sehingga keberadaannya dijaga. Katak lembu / bullfrog (Rana Catesbeiana) ini merupakan jenis katak yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga dapat berkembang dengan cepat.

Katak jenis ini terbilang sangat jinak, bila kita pegang, dia tidak akan menggigit. Namun katak ini termasuk hewan lincah , karena gerakannya yang cepat pada saat kita dekati atau hendak dipegang / ditangkap. kodok bullfrog yang dicari presiden jokowi

Disisi lain, banyak bullfrog yang masih dijadikan konsumsi makanan manusia, bahan bedah untuk kelas biologi di sekolah-sekolah, dan hewan peliharaan.

Bullfrog atau mungkin orang awam menyebutnya dengan katak hijau yang biasanya ada di kolam-kolam atau daerah persawahan. Selain itu juga dilakukan pembudidayaan untuk pemenuhan kebutuhan kuliner atau untuk memenuhi kebutuhan ekspor-impor.  bullfrog siap panen

Demikian sekilas inpoh mengenai kodok bullfrog atau katak lembu ini. Semoga kolam di Istana Bogor bisa terkendali lingkungannya dengna keberadaannya.

gambar : http://mxmcorpinc.blogspot.co.id/2015/03/beternak-katak-lembu-bullfrog-rana.html

Maturnuwun

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 1 March 2016, in biarsehat and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: