Advertisements

Horeee…Lapangan Terbang Harun Tohir, Bawean, Gresik siap beroperasi

Lapangan Terbang Harun Tohir yang ada di Pulau Bawean, Gresik siap dioperasikan. Pengoperasioan ini tentu perlu diacungi jempol sebagai salah satu alternatif transportasi selain kapal laut untuk menuju pulau yang berada 80 mil dari Gresik ini. Sebelumnya untuk menuju ke Pulau Bawean mesti menggunakan kapal laut dengan 6 jam perjalanan dan itupun setiap hari belum tentu ada kapal. Nah dengan adanya pesawat ini hanya diperlukan waktu 1 jam saja berangkat dari Juanda ke Bawean. Oia Harun Tohir ini merupakan Pahlawan Nasional asal dari Pulau Bawean  kawans…

Lapangan Terbang Harun Tohir, Bawean, Gresik siap beroperasi 30 Januari 2016

Lapangan Terbang Harun Tohir ini secara infrastruktur sudah siap. Landasan pacu untuk take off dan landingnya pesawat sudah terbangun maksimal. Panjang landasan 930 meter dan lebar 23 meter.  Menurut Ketua Otoritas Bandara Wilayah III, Dadun Kohar Lapter Harun Tohir hanya melayani pesawat perintis saja bukan pesawat ATR. Sebab, runway Bawean itu di bawah 1 KM. Untuk melayani pesawat ATR, minimal panjang runway 1.300 meter.

Hari Rabu (28/1), Pesawat komersial milik PT Airfast tipe Twin Otter DHC6-300 berhasil mendarat untuk uji coba pengoperasioan Lapter Harun Tohir. Air Fast merupakan pemenang tender penerbangan dari Surabaya ke Bawean. AirFast adalah pesawat ringan dengan baling-baling. Pesawat berkapasitas 12 penumpang itu rencananya sepekan  sekali terbang dari Surabaya ke Bawean. Namun pesawat ini lebih dulu melayani rute Sumenep-Surabaya. Kemudian berlanjut ke Bawean.

Sebagai informasi pesawat perintis ini memiliki rute dari Sumenep, Surabaya, Bawean, Surabaya, Dewandaru (Karimun Jawa), dan Semarang. Semua rute ini ditempuh dalam dua hari.

Rencananya bandara di Bawean ini baru akan diresmikan 30 Januari 2016 besok. Menteri Perhubungan Ignatius Jonan bersama Gubernur Jatim Soekarwo akan meresmikan bandara baru di Pulau Bawean yang memiliki 2 kecamatan yakni Sangkapura dan Tambak tersebut.

Berapa tarifnya ?

Tarif penerbangan pesawat perintis Surabaya-Bawean ini belum diketahui pasti namun disinyalir akan terjangkau oleh masyarakat. Menurut Kepala Dishub Jatim, Wahid Wahyudi, sebelumnya menjelaskan bahwa akan berlaku sistem subsidi bagi penumpang. Karena masih pesawat perintis jadi pengoperasian pertama nanti, pemerintah wajib memberikan subsidi itu. “Tarifnya pasti terjangkaulah,” kata Wahid sebagaimana diberitakan Surya.co.id (27/1).

Maturnuwun.

bacaan : Radar Gresik dan Surya.co.id

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 28 January 2016, in maskapai and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: