Advertisements

Apa itu Sianida?….ini racun yang diduga ada di kopi yang disruput Mirna

Dunia per-kopen alias perkopian di Indonesi heboh dengan berita meninggalnya seorang wanita sehabis minum kopi. Wayan Mirna Salimin atau Mirna (27) meninggal dunia usai meminum kopi Vietnam di Restauran Olivia di West Mall Grand Indonesia Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2015) kemarin. Menurut Penyidik Polda Metro Jaya terdapat zat korosif yang menyebabkan kerusakan pada lambung.  Zat korosif  yang diduga jenis sianida inilah yang diduga menyebabkan meninggal dunia. Apa itu Sianida?

Zat Sianida dalam kopi yang disruput mirna tahun 2016

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, sianida adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok siano C≡N, dengan atom karbon terikat-tiga ke atom nitrogen. Kelompok CN dapat ditemukan dalam banyak senyawa. Beberapa adalah gas, dan lainnya adalah padat atau cair. Beberapa seperti garam, beberapa kovalen. Beberapa molekular, beberapa ionik, dan banyak juga polimerik. Senyawa yang dapat melepas ion sianida CN- ini sangat beracun.

Dugaan adanya zat korosif jenis sianida pada kopi seharga Rp. 38.000 ini berdasarkan ciri reaksi  tubuh Mirna seperti kejang dan mulut mengeluarkan buih.  Yang perlu digaris bawahi bahwa kopi tidak mengandung zat sianida sehingga tidak membahayakan. Zat Sianida justru ada pada singkong yang beracun. Sementara singkong merupakan salah satu bahan untuk membuat creamer yang biasa ditambahkan saat menikmati kopi.

“Kopi lebih banyak kafein dan zat anti oksigen, B1, mineral. Tapi karena diminumnya sedikit, orang ngopi bukan mengharapkan itu, tetapi hanya untuk stimulan agar tidak ngantuk atau menjaga stamina,” kata Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah, saat dihubungi Antara News via telpon, Minggu (11/1/2016) dan dilansir Megapolitan.Kompas.com (11/1).

Menurut Spesialis Jantung RS Bunda, Dr. Dicky Armein Hanafy Zat Sianida merupakan racun paling mematikan yang merusak sistem saraf central dan sistem saraf otot. “Sehingga kalau memang sianida masuk ke dalam tubuh menyebabkan koma, kejang-kejang dan gagal jantung. Namun, tergantung dosisnya, kalau ringan mungkin hanya sesak napas, sakit kepala, mual,” ujarnya.

Sementara itu Spesialis Jantung Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr. Siska S. Danny, SpJP mengungkapkan bahwa sianida merupakan zat toksik yang menghalangi sel manusia menggunakan oksigen sehingga menyebabkan kematian.

Semoga pihak kepolisian bisa mencari titik terang keberadaan zat sianida dalam kopi ini. Apakah berasal dari kopi sendiri atau memang ada yang dengan sengaja mencampuradukannya sehingga menyebabkan meninggal dunia.

Maturnuwun

bacaan : kompas.com dan okezone.com

———————–

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 11 January 2016, in biarsehat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: