Skip to main content

Sambut Idul Adha Inilah Amalan di Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

KHSblog.net- Sambut Idul Adha, Inilah Amalan di Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah. Bulan Dzulhijjah sudah semakin dekat. Saatnya menyambut bulan yang dimuliakan Allah salah satunya adalah bulan Dzulhijjah. Pada bulan ini kita harus memperhatikan amal-amal di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Apa sih amalan-amalan itu? Bahwa di sepuluh hari pertama itu ada umahatul ibadah (induk-induk ibadah). Ibnu Hajar Asqolani menyampaikan mengapa ibadah di sini istimewa, karena ada induk-induk ibadah.

”Tidak ada hari yang lebih dicintai Allah dalam beramal sholeh kecuali di 10 hari ini (awal Dzulhijah). sahabat bertanya: walaupun jihad di jalan Allah? Beliau menjawab: walaupun jihad di jalan Allah kecuali seorang laki-laki yang pergi jihad dengan nyawa dan hartanya dan tidak membawa kembali dua-duanya. (HR. Bukhari)

Berikut adalah amal-amal yang bisa dilakukan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah yang merupakan induk-induk ibadah di bulan penuh barokah.

1. Puasa

“Nabi SAW dahulu berpuasa 9 hari di awal bulan Dzulhijjah dan puasa Asyuro dan 3 hari dari tiap-tiap bulan.”

Berpuasa di tanggal 1- 9 Dzulhijjah.

2. Memperbanyak Membaca Tahlil, Tahmid dan Takbir.

Kalau kita istilahkan takbiran.

Tidak ada hari yang lebih agung, lebih dicintai Allah dimana bersama pada sepuluh hari pertama maka membaca tahlil dan tahmid.

“Tidak ada amalan yang lebih utama dan lebih dicintai Allah melebihi 10 Hari di awal bulan dzulhijjah, maka perbanyaklah membaca tahlil, dan takbir dan tahmid. (Hadis shahih Riwayat Imam Ahmad)

Jadi mulainya tanggal berapa? Tanggal 1 Dzulhijjah (lakukan pribadi). Bahkan sahabat nabi mengajak orang di pasar untuk bertahlil dan bertahmid. Ketika masuk bulan Dzulhijjah sudah bisa kita lakukan tahlil dan tahmid.

Adapun bacaan tahlil dan tahmid sebagai berikut:

‎اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ

Allāhu akbar, Allāhu akbar, Allāhu akbar. Lā ilāha illallāhu wallāhu akbar. Allāhu akbar wa lillāhil hamdu.

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah Maha Besar. Segala puji bagi-Nya.”

3. Haji dan Umroh

“Haji mabrur tidak ada balasan yang setimpal kecuali surga.” (Hadis shahih)

4. Menyembelih Hewan Qurban 

Ada satu hari yang disunnahkan untuk menyembelih pada yaumun nahr yaitu tanggal 10 Dzulhijjah.  Yaumun qarn (11-13 Dzulhijjah). Kalau panitia bisa maka sembelilah pada yaumun nahr.

Pahala qurban itu ketika kita mengalirkan darah hewan sembelihan. Ketika kita bagikan ke yang membutuhkan itu bagian bonus. Ketika mengalirkan darah qurban itu sudah masuk rekening pahala kita. Mendapatkan pahala qurban.

Baca juga:

[display post tag = qurban]

Tinggalkan Balasan