Skip to main content

Silaturrahim Menumbuhkan Cinta

KHSblog.net- Silaturrahim Menumbuhkan Cinta. Silaturrahim menumbuhkan cinta antara yang berkunjung dan yang dikunjungi.

Silaturrahim membuka kran kebaikan.
Silaturrahim mendekatkan yang jauh.
Silaturrahim saling mengingatkan dan memberikan nasehat.

Silaturrahim karena Allah. Bukan berkunjung disaat butuh saja. Bukan datang saat kondisi lapang. Tapi silaturrahim penuh kecintaan karena Allah.

Ada banyak sekali keutamaan silaturrahim, di antaranya:
1. Tanda dari keimanan
2. Jalan mendapatkan kemurahan rezeki dan keberkahan
3. Sebab panjang umur
4. Sarana untuk meraih kecintaan dan hubungan dekat dengan Allah
5. Bagian dari ketaatan kepada Allah
6. Sarana meraih kebaikan dan kasih sayang
7. Jalan menuju surga.

Dari Abu Hurairah r.a, Nabi bersabda, “Siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir, hendaknya menyambung silaturahim”. (Hadist riwayat Bukhari)

Dari Abdullah bin Salam, saya mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Wahai manusia sebarkan salam, sambung silaturrahim, beri makanan, dan shalat malam saat manusia tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (Hadist riwayat Ahmad, Ibnu Abi Syaibah, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Bentuk silaturrahim beragam. Bisa berupa membantu, mendoakan, mengunjungi, peduli, memberikan kegembiraan dengan segala bentuk kebaikan terhadap kerabat. Ukuran dan kaidah yang harus dipegang dalam kebaikan adalah sesuai dengan kebutuhan serta bermanfaat dunia akhirat.

Apabila ada kerabat yang sakit berkunjunglah dan tunaikan yang dibutuhkan, sebaiknya jangan merugikan dan mengganggu kesehatannya. Jika berkunjung ke keluarga secara umum sesuaikan pula dengan kebutuhan dan tidak merepotkan.

Yuk perbanyak silaturrahim. Menyambung silaturahim dengan keluarga dan kerabat adalah perintah Allah di surat An-Nisa ayat 1:

وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِىۡ تَسَآءَلُوۡنَ بِهٖ وَالۡاَرۡحَامَ‌

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan (silaturrahim).

Silaturrahim juga menjadi penyebab dimurahkan rezeki dan panjang umur, seperti sabda Nabi:

Dari Anas bin Malik r.a, Rasulullah bersabda, “Siapa yang ingin dimurahkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya silaturrahim (menyambung hubungan) saudaranya.” (Muttafaqun alaihi).

Baca juga:

 

 

 

Tinggalkan Balasan