Skip to main content

Syawal dan Silaturrahim

KHSblog.net- Syawal dan Silaturrahim. Syawal dan silaturrahim dua hal yang tak bisa dipisahkan. Bulan ini merupakan puncak umat muslim memperbaiki dan memperbanyak silaturrahim.

Baru kemarin rasanya Ramadhan, tak terasa pertengahan Syawal sudah menyapa.

Bagaimana keadaan ruhiyah dan semangat kita? Biar tetap on fire perlu kita memantik dengan mengetahui keutamaannya.

Salah satu keutamaan serta amalan yang bisa dilakukan di bulan Syawal ini yaitu Bulan Silaturrahim

Silaturrahim merupakan salah satu perbuatan yang disukai Allah. Seperti yang tertera dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 1.

يأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya:

“Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-Mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari-Nya menciptakan pasangannya ; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Q.S. An-Nisa’ : 1)

Bersilaturahim bukan hanya ke sanak saudara semata, namun juga tetangga dan kerabat lainnya. Insyaa Allah silaturahim juga bisa memperpanjang umur dan rezeki sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ:

“Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR. Al-Bazzar, Hakim).

Yuk terus pupuk persahabatan, persaudaraan dengan silaturrahim.

Baca juga:

[Display post tag = Syawal]

Tinggalkan Balasan