Skip to main content

8 Keberkahan dan Keistimewaan Ibadah Subuh

KHSblog.net- 8 Keberkahan dan Keistimewaan Ibadah Subuh. Waktu subuh itu memiliki banyak rahasia dan keberkahan. Ada banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang bisa kita dapatkan dari melaksanakan ibadah-ibadah di waktu subuh.

8 Keberkahan dan Keistimewaan Ibadah Subuh

Nah, apa saja 8 keberkahan dan keistimewaan yang akan kita peroleh dari ibadah-ibadah subuh tersebut, yuk simak ulasannya yang bersumber dari buku:  Amalan Ringan Paling Menakjubkan karya Syekh Ali Jaber.

Pertama, orang yang shalat subuh berjamaah di masjid akan mendapatkan cahaya di hari Kiamat.
Melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid itu merupakan tanda iman. Melaksanakan shalat subuh berjamaah adalah cahaya pada hari Kiamat. Sesuai hadits berikut ini,

Dari Buraidah Al-Aslami, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam, beliau bersabda, “Berilah kabar bagi orang yang berjalan ke masjid dalam keadaan gelap bahwasanya kelak ia aka mendapatkan cahaya sempurna pada hari Kiamat.” (Hadist riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Allah akan memberikan cahaya yang sempurna kepada orang yang suka datang berjamaah ke masjid di saat gelap.

Kedua, orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid akan terjaga dalam jaminan dan lindungan Allah sampai malam hari.

Orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah dia tidak pernah memikirkan masalah. Ia terjamin dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari Jundab bin Abdullah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang shalat subuh berjamaah, ia akan berada dalam jaminan Allah.” (Hadist riwayat Muslim)

Ketiga, orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah akan mendapatkan pahala shalat malam dari isya sampai subuh.

Siapa diantara kita yang bisa mengerjakan shalat malam dari isya sampai subuh?

Tentu tidak ada!

Kita paling bisa melaksanakan shalat malam selama satu jam atau setengah jam, kurang lebih sebanyak 2 rakaat atau sampai 8 rakaat ditambah shalat sunnah witir. Tapi dengan hadirnya kita melaksanakan shalat subuh berjamaah, walaupun kita tidak mengerjakan shalat malam sepanjang malam, kita tidur dari isya sampai subuh, lalu menghadiri shalat subuh berjamaah, kata Rasulullah, kita seperti shalat sepanjang malam.

Dari Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda, “Siapa yang shalat Isya berjamaah, seolah-olah ia telah shalat malam selama separuh malam. Dan siapa yang shalat subuh berjamaah, seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (Hadits riwayat Muslim)

Bersyukur dan beruntung bagi siapa saja yang istiqamah mengerjakan shalat subuh berjamaah di masjid.

Keempat, orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah akan mendapatkan balasan Surga dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat subuh dan shalat ashar), maka ia akan masuk surga.” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)

Kelima, mengerjakan dua rakaat shalat fajar (shalat sunnah qabliyah subuh) lebih baik dari dunia beserta isinya.

Shalat sunnah qabliyah subuh adalah salah satu ibadah yang amat dijaga Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Banyak orang yang melalaikan sholat sunnah qabliyah subuh ini, padahal pahalanya sangat luar biasa.

Dua rakaat fajar yang dimaksud adalah setelah adzan dan sebelum shalat, lebih baik daripada dunia beserta isinya.

Coba perhatikan para jamaah saat adzan dikumandangkan oleh muadzin, banyak yang sibuk dengan HP-nya, atau sibuk berbicara dengan temannya, atau diam tidak mengikuti muadzin. Padahal ada sebuah hadits yang menjamin kita mendapatkan ampunan dosa, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan At-Tirmidzi, khususnya ketika muadzin berkata, ” Asyhadu allaa ilaaha illallah, asyhadu anna Muhammadar Rasulullah,

Maka kita menjawab, “Wa ana asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahuu laa syariikalah, wa Anna Muhammad ‘abduhu wa Rasuuluh, Radhiitu billaahi Rabba wabi Muhammadin Rasuula, wabil Islaami diina.”

Dan ketika selesai adzan, jangan lupa kita langsung membaca,

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Bacaan latin:
Allahumma rabba haadzihid da’watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa’adtahu innaka la tukhliful mi’ad.

Amalan ringan di atas dinamakan rahasia subuh karena memang banyak tersembunyi dari banyak orang, padahal pahalanya sangat luar biasa. Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan nikmat yang luar biasa, siapapun boleh tahu apa yang telah disembunyikan oleh Allah.

Amalan seperti inilah yang sedikit-sedikit, memiliki rahasia, tetapi memiliki keutamaan yang luar biasa.

Selain doa sesudah adzan, lantas kita bisa membaca ayat kursi setiap selesai shalat.

Dari Abu Umamah, ia berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membaca ayat Kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga selain kematian. (Hadits An-Nasa’i dalam As-Sunan Al-Kubra)

Keenam, siapa yang bersedekah di waktu subuh, akan mendapatkan doa dari malaikat.

Sedekah subuh, mengapa termasuk amalan istimewa dan luar biasa keutamaannya? Karena setiap subuh, sebagaimana yang dijelaskan dal riwayat Imam Al Bukhari dan Muslim, ada 2 malaikat yang turun dan berdoa.

Malaikat pertama berdoa, “Ya Allah, berikanlah ganti dan keberkahan bagi orang yang berinfak.”

Kemudian malaikat kedua berdoa, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang pelit.”

Yuk, kita miliki tabungan yang dinamakan tabungan subuh. Khusus buat subuh. Berapapun isinya tidak masalah, yang penting menjaganya secara rutin, suami punya, istri punya, anak punya, cucu punya, masing-masing kita punya satu, biasakan mereka mengisi tabungannya setelah shalat subuh.

Bukan hanya doa dari malaikat, tapi juga akan mendapatkan doa dari Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Syekh Ali Jabir menceritakan seseorang yang Allah Maha Tahu bagaimana besarnya utang orang tersebut. Lantas Syekh Ali Jabir memberikan amalan sedekah subuh itu agar istiqomah menjaganya. Dan Subhanallah, akhirnya Allah banyak memberikan kemudahan hingga akhirnya utangnya lunas.

Sedekah subuh sangatlah luar biasa jika dikerjakan dengan rutin. Walaupun sedikit-sedikit yang penting istiqamah. Karena Allah cinta dengan amalan seorang hamba yang istiqamah, terus-menerus, walaupun sedikit. Di saat itulah kita akan mendapatkan doa dari malaikat.

Allahumma a’ti munfiqon kholafan”

Ya Allah, berikanlah ganti dan keberkahan bagi orang-orang yang berinfak

Inilah yang harusnya selalu kita hadirkan, bukan hanya menjadi sebuah kebiasaan, tetapi kita juga menghayati keluarbiasaannya.

Maka di situ akan terasa adanya perubahan, tidak sampai satu atau dua minggu, Anda akan banyak merasakan perubahan yang luar biasa. Baik dari rezeki, dari segi ketenangan, dari segi pikiran, bahkan dari segi ibadah.

Ketujuh, bahwa para malaikat menyaksikan shalat subuh kita.

QS. Al-Isra ayat 78:

اِنَّ قُرۡاٰنَ الۡـفَجۡرِ كَانَ مَشۡهُوۡدًا

Sungguh, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Kalau biasanya di kantor ada yang kerja shift (pergantian jadwal kerja). Ada yang shift siang dan ada yang shift malam, ternyata malaikat juga memiliki jadwal shift seperti ini. Sebagaimana hadits berikut ini,

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Para malaikat malam dan malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat shalat Fajar (subuh) dan shalat ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah bertanya kepada mereka, dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya), ‘Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? ‘Para malaikat menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat.” (hadits riwayat Al Bukhari dan Muslim)

Jadi malaikat yang bertugas malam, dengan malaikat yang bertugas pagi, mereka bertemu di shalat subuh. Malaikat yang bertugas malam selesai bertugas, akan digantikan oleh malaikat yang bertugas pagi.

Maka malaikat itu hadir semua pada saat shalat subuh. Malaikat pagi baru turun ikut shalat subuh, malaikat malam setelah ikut shalat subuh baru naik dengan membawa laporan. Dan dianjurkan agar imam memanjangkan bacaannya saat shalat subuh.

Oleh karenanya kita merasa ruhani kita, batin kita lebih nikmat dan sejuk ketika kita mengerjakan shalat subuh berjamaah.

Kedelapan, seseorang yang melaksanakan ibadah di waktu subuh, akan mendapatkan rezeki dan keberkahan dari Allah.

Dari Shakhr Al-Ghamidi, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Allahumma baarik li ummati fii bukuurihaa (Ya Allah, berkahilah umatku di pagi hari mereka).” (Hadits riwayat Abu Dawud).

Barakah tidak akan didapatkan oleh orang yang malas. Imam Ibnul Qayyim berkata, “Tidur di waktu subuh akan menghalangi datangnya rezeki. Karena waktu itu adalah waktu turunnya rezeki, adanya pembagian rezeki, dan turunnya keberkahan.

Demikianlah rahasia subuh, keistimewaan ibadah di waktu subuh. Semoga Allah memberikan keistiqomahan kepada kita untuk menjalankannya.

baca juga :

Tinggalkan Balasan