Skip to main content

6 Tips Agar Anak Suka Membaca, Nomer Terakhir Butuh Apresiasi Orang Tua

KHSblog.net- 6 Tips Agar Anak Suka Membaca, Nomer Terakhir Butuh Apresiasi Orang Tua. Buku adalah sumber ilmu. Membaca buku membuka cakrawala lintas ruang dan waktu. Membuat agar anak suka membaca membutuhkan proses, bukan hanya sehari atau dua hari. Nah berikut tips biar anak keranjingan baca buku brosis.

6 Tips Agar Anak Suka Membaca, Nomer Terakhir Butuh Apresiasi Orang Tua

Mengawal anak agar suka membaca diperlukan komitmen yang kuat dari rumah yakni dukungan orang tuanya.

Anak menjadi suka membaca buku dimulai dari pembiasaan yang dibentuk dengan diawali anak dekat bersama buku. Di sekitar anak di kepung dengan buku.

Gadget yang kini menjadi permainan yang banyak kita jumpai dipegang oleh anak-anak sepanjang hari, akan dengan mudah tidak dijamah lagi saat anak sudah mencintai membaca buku. Ya kecanduan membaca, bukan kecanduan gadget. Gadget hanya digunakan saat memerlukan saja sesuai fungsinya.

Nah, berikut ini Anda bisa menerapkan tips agar anak suka membaca. Yuk kita simak.

1. Biarkan anak baca beberapa cerita setiap hari

Semakin banyak anak terpapar literatur, maka kebiasaan membaca akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Anak akan menemukan informasi baru, konsep baru, dan kesadaran fonemik dalam setiap cerita.

2. Kelilingi anak dengan bahan bacaan.

6 Tips Agar Anak Suka Membaca, Nomer Terakhir Butuh Apresiasi Orang Tua

Anak-anak yang mendapatkan akses penuh terhadap sumber bacaan di rumah, lebih berkesempatan untuk memiliki kebiasaan gemar membaca. Dorong anak Anda untuk terus membaca buku dengan menyediakan beragam buku dan majalah menarik yang sesuai dengan tingkat usianya.

3. Dorong anak untuk membaca apapun, tak hanya buku

Jadikan membaca sebagai bagian penting dari kehidupan anak-anak. Biarkan mereka membaca menu di restoran, nama-nama film di bioksop, poster-poster di pinggir jalan, tulisan di bungkus makanan ringan, dan bacaan-bacaan sederhana lainnya.

Anda bisa pastikan anak melihat sesuatu untuk dibaca di waktu luang mereka.

4. Biarkan anak memilih jenis bacaan yang mau mereka baca

Membaca untuk menyenangkan diri sendiri adalah salah satu cara terbaik bagi seorang anak untuk bisa berprestasi di sekolah, Anda bisa membiarkan anak-anak Anda memilih untuk membaca apapun yang mereka mau, apakah itu komik, buku pop up, buku bergambar. Meski demikian, Anda tetap harus melakukan pengawasan.

5. Bantu anak memilih buku sesuai usia

Meski anak dibebaskan untuk membaca apapun, Anda tetap harus memastikan bahwa mereka membaca bacaan yang sesuai dengan usia. Anda bisa membantu mereka memilih buku sendiri yang topik-topiknya dapat menarik minat mereka untuk membaca.

Anda bisa membawa anak ke perpustakaan yang memiliki banyak akses buku.

6 Tips Agar Anak Suka Membaca, Nomer Terakhir Butuh Apresiasi Orang Tua

6. Beri respons positif kepada anak

Respons atau umpan balik dari orangtua memiliki pengaruh kuat pada anak. Anda perlu mengapresiasi seberapa keras anak berusaha menjadi pembaca yang baik. Jangan lupa beri pujian tulus untuk menghargai mereka.

Demikian tips agar anak suka membaca. Terus dampingi anak-anak Anda di rumah dengan membaca.

Maturnuwun

baca juga :

Tinggalkan Balasan