Memaafkan Masa Lalu

Memaafkan Masa Lalu. Memaafkan bisa menjadi hal yang tidak mudah bagi orang yang pernah mengalami kedzoliman tingkat dunia. Korban pelecehan seksual, KDRT, ditelantarkan orangtuanya, ditipu ratusan juta rupiah oleh sohib sendiri. Berat. Pastinya berat banget. Tapi memilih untuk bersikukuh untuk tidak memaafkan masa lalu, akan menjadikan hidup lebih berat. Ibaratnya itu seperti kamu pengen lari kenceng tapi kamu bawa tas ransel yang berat banget. Nggak enak banget. Kamu butuh meletakkan ranselmu itu. Ransel berat itu adalah masa lalumu. Masa lalumu yang tidak termaafkan.

Kawan, saya yakin kita semua pengen bahagia. Dengan kita terus berusaha untuk bisa memaafkan dan terus memaafkan meski tidak mudah. Dan berharap terus bahwa Allah akan meringankan langkah-langkah kita.

Melapangkan dada kita perlahan dan pasti. Itu akan membuat kita  bergairah menghadapi hidup. Maafkanlah. “Nggak bisa, itu mustahil, kamu nggak tau rasanya”, maafkanlah. “Susah, aku sudah coba, jangan paksa aku, aku nggak bisa”. Maafkanlah. Tak mengapa  ketika suatu saat itu kamu masih emosi melihatnya. Mengingat wajahnya,  bahkan aroma parfumnya, tempat kejadiannya, itu masih membuatmu ingin muntah, sesak, dada rasa terhimpit. Tak mengapa. Tarik nafas yang panjang. Lalu coba ikhlaskan. Maafkan. Cobalah terus untuk memaafkan. Begitu rasa itu tiba maafkanlah. Maafkan lagi. Percayalah suatu saat engkau akan sampai pada suatu titik dadamu begitu lapang, larimu begitu ringan menggapai apa yang engkau impikan. Maka demi kebahagianmu, demi cita-citamu, demi sejuta impian yang ingin kau capai maafkanlah.

(ditulis kembali dari video dokter Dyah Sania)

#memaafkanmasalalu

#karenaAllah

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 3 November 2019, in inspiring and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: