Advertisements

Magic Word

Magic Word. Beberapa kata ini sederhana dan seharusnya bisa terbiasa kita sampaikan kepada lawan bicara. Ya magic word adalah kata yang sudah sering kita dengar, namun terlupa untuk ditunaikan. Ditunaikan kepada lawan bicara sesuai situasi dan kondisinya. Maaf, terimakasih, tolong dan permisi itu magic word. Kata ajaib, singkat bermakna. Membuat lawan bicara kita akan merasa diajeni (baca:dihargai).

Kata ajaib ini tak semua orang sadar untuk bisa menunaikannya di saat harusnya disampaikan kepada anggota keluarga, sahabat, rekan kerja, serta audiens di forum pertemuan. “Terimakasih nak, sudah membantu ayah mencuci mobil”. Ungkapan kata terimakasih dari seorang ayah untuk ananda saat dia sudah berinisiatif membantu ayahnya. Apresiasi untuk anak seperti ucapan terimakasih adalah bentuk penghargaan yang akan menumbuhkan rasa percaya diri anak. Ini baru pada anak lho. Bagaimana ucapan ajaib ini saat kita biasakan kepada istri, suami, sahabat, serta rekan kerja? Tentu si istri/suami semakin sayang karena apa yang sudah dilakukannya diapresiasi. Kawan semakin erat hubungan pertemanan. Rekan kerja semakin simpatik pada pribadi diri.

Nah, satu kata ajaib terimakasih sudah bisa membuat bonding baik dengan lawan bicara. Lalu kata maaf juga tak kalah ajaibnya membuat orang lain yang berinteraksi dengan kita semakin baik hubungannya. Menyampaikan kata maaf di saat kita melakukan kesalahan adalah konsep diri bahwa tak ada salahnya saat kita melakukan khilaf bersegera meminta maaf terlebih dahulu, mengikis   keegoismean diri. Maaf pun tak harus menunggu momen lebaran idul fitri. Bersegera mengucap maaf adalah bagian dari keimanan, berani mengakui kesalahannya.

Saat pekerjaan begitu banyak, terlihat tak bisa diselesaikan sendiri maka bolehlah kita meminta bantuan orang lain. Tentunya jangan lupa menyampaikan kata: “tolong”. Sungguh keren Islam mengatur interaksi manusia. Menghargai sesama dengan ucapan mulia. Seseorang tercermin baik dari akhlak santunnya, bagaimana tutur katanya. Lisan yang selalu dijaga. Yuk kawan memulai akhlak berbicara dari hal sederhana yaitu terbiasa menyampaikan magic word. Mulai sekarang dan mulai dari diri sendiri.

#magicword

#akhlakmulia

#berucapbaik

 

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 4 November 2019, in inspiring and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: