Advertisements

Berprestasi Dengan Menghafal Al-Quran

Berprestasi Dengan Menghafal Al-Quran. Merinding saat dibacakan  oleh master of ceremony para siswa berprestasi di salah satu SD ternama di kota pudak. Ya, Sekolah Dasar Islam Terpadu  Al Ibrah ini berhasil mengantarkan para anak didiknya menjadi penghafal Al-Qur’an. Tak hanya satu atau dua anak didik. Namun lebih dari sepuluh siswa di jenjang kelas 6 ini yang berhasil menghafal Al-Qur’an.

Siswa-siswi ini tak hanya berprestasi secara akademik saja, namun prestasi yang membanggakan orangtuanya yakni mereka adalah pejuang-pejuang Al-Qur’an. Pejuang Al-Qur’an yang mempunyai cita-cita besar. Cita-cita mulia. Yaitu penghafal Qur’an yang akan memakaikan mahkota untuk kedua orangtuanya kelak di akhirat. Bangga dan haru menelisik hati saat mereka dipanggil satu per satu oleh MC untuk menaiki panggung. Pengumuman siswa berprestasi ini di sampaikan saat wisuda angkatan ke-8 SDIT Al Ibrah. Ada dua siswi kelas 6 yang berhasil menghafal 30 juz.  Keduanya bernama panggilan sama Rifda. Ada juga yang berhasil menghafal 15 juz, 10 juz, 8 juz, 5 juz, dst.

Siswa berprestasi menghafal Al-Qur’an ini tidak hanya dari jenjang kelas 6 yang di wisuda. Mulai dari jenjang kelas 1 hingga kelas 5 pun juga banyak meraih prestasi sebagai penghafal Al-Qur’an. Memang sekolah ini memiliki program takhasus (khusus) kelas menghafal Al-Qur’an. Al-Qur’an memang sumber ilmu yang tak pernah habis untuk dipelajari. Maha karya Sang Pencipta Semesta ini adalah obat mujarab bagi siapa saja yang ingin dekat dan berinteraksi dengannya. Ya Al-Qur’an adalah way of life. Beberapa penelitian menyebutkan para penghafal Al-Qur’an daya ingatnya luar biasa. Dengan menghafal Qur’an otak cemerlang. Sinap-sinap otak tersambung. Terkoneksi. Daya pikir sehat serta menyerap ilmu dengan baik. Tak heran kebanyakan siswa berprestasi mereka adalah anak-anak penghafal Al-Qur’an. Sehari-hari interaksi mereka disibukkan dengan Al-Qur’an.

Bahagia para orangtua yang memiliki putra-putri penghafal Al-Qur’an. Bahagia di dunia juga  bahagia di akhirat. Harusnya orangtua pun juga berlomba dengan putra-putrinya untuk bersama menghafal Al-Qur’an. Karena kebahagiaan yang sesungguhnya adalah selalu dekat dengan Al-Qur’an. Al-Qur’an akan menolong kita kelak di yaumul akhir.

Salah satu indikasi keimanan adalah bahagia saat dekat dengan Al-Qur’an. Kebahagiaan saat dengan Al-Qur’an ini juga dinyatakan Allah di surat Al Anfal: 2-4

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal.” (Q.S 8:2)

Mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia.(Q.S. 8:4)

Berprestasi bidang akademik itu sudah biasa. Namun berprestasi dihadapan Allah Sang Maha Mulia adalah kebahagiaan hakiki. Mari kita belomba-lomba menghafal Al-Qur’an agar berprestasi tak hanya di dunia namun juga berbahagia di akhirat. Hafalkan meskipun tak hafal-hafal. Terus berusaha. Interaksilah dengan Al-Qur’an agar punya alat permanen untuk bahagia.(nra)

#SekolahBintang

#HafalQur’an

#terusmenulis

#satuharisatutulisan

#Day1

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 1 July 2019, in anakkita, inspiring, Tanpa kategori and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: