Advertisements

Antara Onde-Onde dan Kue Dadar, ada yang salah?

Antara Onde-Onde dan Kue Dadar, ada yang salah?. Bagi beberapa orang mungkin pernah mendengar camilan khas tradisional ini yakni Onde-Onde dan Kue Dadar Gulung. Bagi mantemans di Surabaya dan sekitarnya yang sering nongkrong di warung kopi tentu tidak asing dengan dua camilan ini. Seringkali keduanya berdampingan mesra dalam penyajiaannya. Adakah yang salah dengan Onde-Onde dan Kue Dadar Gulung?

Mengutip wikipedia, Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia.Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau.

Sementara Dadar Gulung dibuar dari kulit dadar tipis yang terbuat dari tepung diisi dengan parutan kelapa dan gula jawa cair yang kemudian digulung. Warna hijau pada adonan kulit didapat dari pewarna alami (daun suji/pandan) atau pewarna buatan (essens pandan).

KHS tidak tahu sejarah dari onde-onde maupun kue dadar gulung tersebut. Setahu KHS mereka tersaji dijajanan warung-warung kopi menemani ngobrol. Setahu KHS pula mereka memiliki fansboy alias penggemar masing-masing sehingga kadangkala seringkali cepat habis.

Bagi penyuka onde-onde tentu mereka akan mengunggulkan dan mengagungkan cita rasanya. Hal serupa juga dilakukan oleh para penggemar kue dadar gulung. Memang perdebatan diantara keduanya tidak muncul ke permukaan dan memang tidak perlu muncul kepermukaan. Apakah penggemar onde-onde dan kue dadar salah dengan pilihannya masing2 ?.

Menurut KHS sih yang salah adalah habis makan onde-onde dan kue dadar tapi sengaja gak bayar?  xixixixixi. Yuuk selamatkan kue jajanan nusantara gans…hati-hati provokasi dan agitasi untuk memecah belah keguyuban warung kopi kita…hehehe.

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 5 April 2018, in asalnulis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Nggak ada yang salah.. Klo menurut ku yg salah yg nulis postingan ini😜😜😜😜

    Sama yg koment juga wkwkwkwwk

    Apalagi aku, jadi ikut nerasa bersalah. Suka banget makan, tapi baru tau nama makananya. Kue dadar gulung. Sekitar dua minggu ini hampir setiap agi, aku makan kue dadar gulung tapi baru tau namanya sekarang. Untung aja ada gambarnya. Klo nggak ada malah aku ngak bakal tau. 😂😂😂😂😂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: