Advertisements

Dilema penempatan kondom dekat kasir toko ritel…

Dilema penempatan kondom dekat kasir toko ritel…Bagi beberapa orang khusunya orang tua yang mempunya anak-anak yang ikutan belanja agak risih bila melihat alat kontrasepsi berupa kondom di dekat pintu utama atau dekat kasir. Keberadaan kondom didekat kasir dan kemudahan mengakses membuat beberapa orang prihatin dan miris. Namun ternyata penempatan kondom didekat kasir itu juga bagian dari pengawasan agar tidak sembarang usia dapat membelinya. Monggo disimak lurr kontrra dilema akan hal ini…

Salah seorang warganet di Malang menyampaikan kegundahan akan keberadaan kondom dekat kasir toko ritel ini pada laman facebooknya pada tanggal 9 Maret 2018. Monggo disimak mantemans…

Anita Rachmad
Dear alfarmart yang saya sayangi….. tempat beli pang pang kesukaanku…

Saya mohon, rak dagangan kondom dan bekal kenikmatan dunia lain ini dipindah ke tempat lain. Nganu…. maksudnya di rak pajangan lain selain di meja kasir. Yang agak menjauh dari pandangan anak-anak yang skrg sudah melek gugling.

Saat itu di meja kasir anak saya kelas 3 SD (skrg mau lulus dan baru sempat nyetatus 😢😕) nunjuk rak kondom ini di meja kasir dan pastilah tanya “kondom itu apa buk?” Saya jawab alat kontrasepsi. “Apa itu?” Tanyanya lagi. Untuk mengatur jarak kelahiran antara kakak dan adik.

Tak berhenti “bagaimana caranya” katanya lagi. Dipakai oleh suami istri yang sudah menikah. “Maksudku trus kondom itu diapain? Diminum ? Atau dimakan?” Modyarrr akuuu. Rasanya saya pengen ngajak tengkar mas kasir tapi dia …. hanya kasir…..

Lalu saya alihkan intan dg es krim dung dung dan tim tam 😴😬. Berhasil. Tapi…. sampai hari ini saya masih deg degan dan mikir…. apakah dia pernah gugling ttg kondom dan cara…. cara… duh gustiii paringono kuwat pitnesss….. 😱😲 meski skrg intan udah tahu karena saya jelaskan pelan-pelan, tapi…. bagaimana dengan anak anak lain dan orang tuanya blm siap jawaban T_T

Lalu saat saya sendirian ke alfamart ngomong ke kasir, mbok rak kondom ini dipindah tho mas…. agar anak anak tidak tahu/tanya lebih dini kalo liat. Kam bingung jawabnya. Dia jawab katanya itu sudah standar aturan display barang alfamart di jagat indonesia. Mbaiklah….. saya mingkem.

Padahal di indomaret juga punya dagangan yg sama, tapi naruhnya lebih sopan di rak dan tersamar dengan produk lain. Dan pastilah utk orang dewasa yg waras butuh kondom tahu dimana mencari atau tanya ke pegawai.

Oh alfamart… pelis saya mohon….. pindahlah rak mungil isi kondom… tissu… tube durex pelicin (saya sampe apal) pindah dari meja kasir. Kalo saya butuh, saya akan cari dan tanya dimana naruhnya 😩😩

siapa tahu ada yang mau, nge share, boleh 😀 😀 (gak pede) :

Beberapa warganet merasa mempunyai pengalaman yang sama dengan penuturan anita diatas. “Pernah ane beli.. Di blakang ada mbak” sama anak ato adeknya ga tau … Si anak ngrengek minta tu kondom…kirain permen kali ye… Si mbaknya senyum” tak liatin. 😂 ” ujar Andry Blc di forum Motuba. Erieq Dhanar Nugroho juga pernah mengalami hal ini. “Aku mengalami kejadian yg bikin aku mati kata. Sewaktu ngajak anakku Zora yg umurnya 5 tahun, dia ambil bungkusan di depan kasir ini sambil tanya: “Pah.. iki apa Pah? Buat apa?”.Dan rasanya MAK JEDERRRR!!Aku jawab: “Karet niku mas..”. Zora: “Buat apa e Pah?”. Aku bingung, pringas-pringis. Mas-mas pelayannya yg dari tadi memperhatikan kami juga pringas-pringis geli plus kebingungan. Aku lihat masnya sambil ngasih ekspresi bertanya, masnya cuma mringis sambil geleng kepala..” terangnya 

Namun beberapa warganet lain menduga penempatan kondom dekat kasir agar mudah terkait pengawasan. ” Justru malah bagus mbah ditaruh dikasir, jadi yg memang belum seharusnya menggunakan jadi malu utk beli, kan otomatis dilihat orang lain. Gitu loh mbah kenapa ditaruh didepan ” ujar Satryavis Adelonge Permana. Hal ini juga diamini oleh warganet Akbarr Maulana, “Betul sih, pernah Mbah waktu belanja di minimarket, waktu ngantri bayar di kasir, tau” ada cewek masih pakaian sekolah beli kondom, langsung tak liatin eh tau” langsung pergi gajadi beli ” tuturnya

“Alasannya orang lngsung ambil dan bayar tanpa nanya letak nya kadang malu, Pernah d bhas sih bgini saat bljar marketing ” ujar Kim Nana

Salah seorang warganet bernama Dhika yang mengaku bekerja di Indomaret mencoba memberikan pemahaman terkait posisi dan letak alat kontrasepsi yang berada diarea dekat kasir tersebut.

Dhika
Saya kerja di Indomaret, kenapa benda seperti kondom rokok dll dipajang dekat kasir?
1. Barang tsb mudah hilang
2. Barang tsb tidak cocok untuk semua umur, jadi takut nya ada anak kecil ngambil
3. Dalam listing label barang memang harusnya di simpan disitu, kita gak boleh rubah tempat barang seenak nya

Karyawan Indomaret yang pake seragam biru atau karyawan alfa yang pakai baju merah hanya menjalani saja apa yang diperintahkan, jika ada saran dan masukan bisa melalui kami, supervisor dan manager..

****

Dilema ini akan selalu ada tinggal kita sebagai orang tua memberikan penjelasan secara bertahap kepada anak kita sesuai dengan usianya.  Meskipun bisa jadi juga tantangan tersendiri memberikan edukasi terhadap alat kontrasepsi khusus laki ini.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 12 March 2018, in justinpoh and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Betul itu, malah di apotek ada jualan sex toy yang dijual di etalase. Sampai anak saya tanya itu obat apa? 🤒🤒🤒

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: