Advertisements

Ragam Destinasi Wisata Cianjur di Jawa Barat

Ragam Destinasi Wisata Cianjur di Jawa Barat di bawah ini, bisa menjadi alternatif tujuan Anda untuk liburan bersama teman, keluarga, atau orang terdekat lainnya jika merasa sudah bosan dengan wisata di Bandung. Berbagai destinasi ini dapat Anda kunjungi apabila Anda sedang berada di kawasan Cianjur atau sekitarnya.

Cianjur merupakan salah satu kabupaten yang berada di tataran Sunda Jawa Barat. Kabupaten ini terkenal dengan destinasi wisatanya yang bermacam-macam. Udaranya yang sejuk dan bersih membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih jika musim liburan telah tiba.

Selain terkenal dengan kawasan pegunungan yang asri, Cianjur juga memiliki kawasan pantai yang tak kalah indah. sehingga tak heran jika banyak ditemukan tempat wisata di kabupaten ini. Berbagai destinasi wisata dapat Anda kunjungi di kawasan Cianjur. Seperti misalnya gunung, air terjun, pantai, wisata sejarah dan budaya, serta yang lainnya.

sumber : @32Cheko

Tempat wisata di Cianjur merupakan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi dan tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya tempat wisata di kawasan ini memiliki potensi keindahan yang luar biasa.

Dua tempat wisata yang cukup terkenal dan selalu ramai dikunjungi adalah Taman Nasional Gunung Gede serta Kebun Raya Cibodas. Kedua tempat wisata ini memamng menyimpan keindahan alam yang memukau. Namun tak hanya itu, masih banyak tempat lain yang tak kalah menarik dan juga wajib dikunjungi bagi para wisatawan.

Tempat Wisata di Cianjur

Saat berada di suatu daerah, tentu Anda tak akan melewatkan momen untuk berkunjung ke tempat wisata. Apalagi daerah tersebut merupakan kawasan yang banyak memiliki tempat wisata. Termasuk salah satunya adalah daerah Cianjur Jawa barat.

Terdapat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi saat Anda berada di kawasan Cianjur Jawa Barat. Baik itu wisata alam, wisata sejarah, ataupun budaya. Semua destinasi wisata tersebut memiliki ciri khas keindahan masing-masing. Adapun beberapa tempat wisata di Cianjur yang dapat Anda jadikan tujuan wisata antara lain sebagai berikut:

sumber : @sutarmadi91

  1. Pantai Jayanti Cianjur

Merupakan salah satu pantai yang dapat Anda kunjungi saat Anda berada di Cianjur Jawa Barat. Meskipun bukan merupakan kawasan wisata favorit, namun pantai Jayanti ini cocok Anda kunjungi sebagai tempat berlibur dan bersantai bersama teman ataupun keluarga.

Lokasinya terletak di kecamatan Cidaun dan berdekatan dengan Cagar Alam Bojang Larang. Pantai ini juga dekat dengan Pelabuhan Nelayan. Suasana pantai yang masih asri dan ombaknya yang menawan membuat Anda betah berlama-lama di pantai yang satu ini.

sumber : @cawgloves

  1. Taman Nasional Gunung Gede

Bagi Anda para pecinta alam yang menyukai kawasan pegunungan, Taman Nasional Gunung Gede ini dapat menjadi salah satu alternatif tujuan wisata Anda. Taman Nasional Gunung gede merupakan salah satu wisata favorit yang terdapat di Cianjur.

Suasana pegunungan yang asri, serta ekosistem yang beranekaragam menjadikan Taman Nasional Gunung Gede wajib dikunjungi bagi para wisatawan. Keanekaragaman ekosistem yang beragam diantaranya ialah montana, sub-montana, rawa, danau, savana, dan sub-alpin. Dalam masing-masing ekosistem tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda.

Seperti misalnya sub-montana dengan berbagai pohon-pohon yang tinggi dan besar, sub-alphin dengan dataran yang ditumbuhi rerumputan, bunga edelweis, cantigi, dan violet. Tak hanya itu, Taman Nasional Gunung Gede juga dihuni oleh beranekaragam satwa, bahkan juga beberapa satwa yang hampir punah.

Dengan beranekaragaman ekosistem tersebut, tentu membuat Anda semakin betah karena Anda dapat menikmati berbagai keindahan alam dalam satu tempat wisata. Namun meskipun demikian, Anda sebagai witawan juga harus tetap menjaga ekosistem supaya tetap aman dan terjaga. Bukan malah merusaknya.

sumber : @ekinorlan

  1. Wisata Curug Citambur

Tempat wisata di Cianjur yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Curug Citambur. Curug ini merupakan salah satu curug yang terkenal di Cianjur, karena memiliki ketinggian hingga 100 meter. Disini, Anda bisa menikmati keindahan curug serta kesegaran air yang mengalir alami dari sumbernya.

Untuk bisa sampai ke curug ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 km, melewati kebun teh yang tentunya dapat memanjakan mata Anda. Sehingga perjalanan Anda tak akan terasa, karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kebun teh serta suasana alam yang sejuk dan menyenangkan.

sumber : @kang_yashen

  1. Air Terjun Cibeureum

Merupakan salah satu air terjun yang juga wajib dikunjungi saat Anda berada di Cianjur. Air terjun yang satu ini terletak di Cibodas. Air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Meskipun tak setinggi air terjun Citambur, namun air terjun Cibeureu memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dengan curug Citambur.

Untuk sampai ke air terjun Cibeureum, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 2,8 km dari pusat Cibodas. Sesampainya di air terjun, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam dan kesegaran air yang alami. Disekitaran air terjun, juga terdapat lumut merah endemik Jawa Barat.

sumber : @897GlobalRadio

  1. Wisata Telaga Biru

Wisata Telaga Biru ini sebenarnya terletak di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Gede. Anda kan menemukan Telaga Biru ini setelah melakukan perjalanan sekitar 2 jam dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede.

Dinamakan Telaga Biru karena telaga ini akan berwarna biru di musim hujan. Warna biru tersebut muncul karena terpaan sinar matahari pada ganggang biru yang menutupi telaga. Pada telaga ini, Anda juga akan melihat ikan-ikan yang selalu mendekat apabila terdapat pendaki singgah di tepi telaga.

Tip Berwisata Ke Cianjur Jawa Barat

Setelah mengetahui beberapa tempat wisata di Cianjur, selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana tips melakukan perjalanan wisata ke Cianjur. Hal ini dilakukan supaya Anda mendapatkan perjalanan yang menyenangkan dan sesuai rencana. Adapun beberapa tips tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Apabila Anda berada di Jakarta, maka untuk menempuh perjalanan sampai ke Cianjur tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun sebelum melakukan perjalanan pariwisata ke Cianjur, sebaiknya Anda mempersiapkan segala kebutuhan terkait tempat wisata yang akan dikunjungi, transportasi, biaya, penginapan, serta keperluan lainnya.
  2. Untuk biaya, Anda bisa ukur sesuai dengan jangka waktu kunjungan Anda ke Cianjur. Lama atau tidaknya Anda di Cianjur, tentu akan mempengaruhi budget yang harus Anda siapkan. Selain itu, Anda harus mempersiapkan biaya tambahan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tak terduga
  3. Lakukan list tempat wisata mana saja yang akan Anda kunjungi, mengingat tempat wisata yang terdapat di Cianjur sangatlah banyak. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan logistik yang Anda perlukan saat berwisata.

sumber : @cianjur_jago

Selain beberapa hal di atas, Anda juga bisa ikut memerhatikan kelestarian alam yang Anda kunjungi sat berwisata. Jangan sampai perjalanan Anda menyebabkan kerusakan ekosistem dan kelestarian alam. Demikian ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Cianjur yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Cianjur.

Maturnuwun

baca juga:

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 16 February 2018, in Ragam Wisata and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: