Skip to main content

Macan Tutul Jawa terekam kamera di Bromo Tengger Semeru tahun 2018

Macan Tutul Jawa terekam kamera di Bromo Tengger Semeru tahun 2018. Macan Tutul Jawa alias (leopard – Panthera pedrus melas) terjepret kamera trap tersembunyi di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Informasi yang KHS dapatkan hewan yang sangat langka ini terjepret akhir januari 2018. Monggo disimak brosis..

Mengutip cuwitan warganet oks @okkyirmanita di twitter mengenai kabar gembiara ini. “One cute macan tutul spotted at Bromo Tengger  Semeru National Park  Macan tutul Jawa (leopard – Panthera pedrus melas) is on the red list of endagered species.” ujarnya pada tanggal 9 Pebruari 2018

 

Sekedar diketahui kucing besar ini diyakini masih ada di kawasan hutan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Selama ini pemasangan kamera trap sebagian besar gagal, pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) masih menyakini bahwa macan tutul di kawasan itu masih ada. Hal ini ditunjukkan dengan adanya jejak macan tutul yang didapatkannya.

“Monitoring yang ada di jalur pendakian belum berhasil. Tapi jejak-jejak kita dapatkan terutama di (Blok) Jambangan,” jelas Kepala Resort Ranupani pada TNBTS, Agung Siswoyo di kantor TNBTS, Kota Malang pada Rabu (20/12/2017) sebagaimana diberitakan kompas.com

Selain itu, pada tahun 2012, di Blok Coban Trisula pernah di dapati macan tutul yang masih remaja. Ia masuk ke perkampungan dan masuk perangkap warga. “Tertangkap disitu, masih remaja,” katanya.

Diduga, macan tutul yang masih remaja itu baru berpisah dari induknya dan mencari wilayah jelajah (home range) sendiri. Sebab, macan tutul kerap mencari makan di home range-nya sendiri. “Macan tutul ini cenderung mencari daerah yang menjadi home range sendiri,” ujarnya.

Tanggapan warganet mengenai penemuan Macan Tutul Jawa ini.

Tito pangesti  @ikopangestii :  “Seneng bangettt ngeliat mereka masih adaaaa 😍😍😍😍 #SaveMacantutuljawa ”

DigoehaD  @digodedim : “Semoga manusia sadar betapa penting nya rantai makanan dlm ekosistim fauna yg di indonesia. “Stop berburu hewan yg di lindungi”

Newsreader  @newsreaderme : ” Cute klo di foto, tapi klo ketemu langsung pas lagi hiking 😱😱 ”

gatot mudiarto  @todel_liot : Alhamdulillah ketemu

Bagi penyuka hewan langka tentu penemuan visual ini menjadi pelepas dahaga sehingga tidak hanya sebatas legenda dan dongeng semata. Oia gaes, antara macan tutul jawa dengan harimau jawa berbeda yah.

Maturnuwun

sumber : kompas

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Tinggalkan Balasan