Skip to main content

8 Tips Hindari Korsleting Listrik dan Kebakaran di Rumah

8 Tips Hindari Korsleting Listrik dan Kebakaran di Rumah. Terlebas bahwa kebakaran merupakan musibah namun setidaknya ada cara-cara meminimalisir agar bencana tersebut tidak terjadi. Hal-hal sepele dan lalai inilah yang kadan menyebabkan kebakaran atau konsleting listrik di rumah kita. Monggo disimak mantemans…

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan ada sejumlah cara untuk mencegah kebakaran. Setidaknya ada 8 Tips Hindari Korsleting Listrik dan Kebakaran di Rumah berikut ini.

8 Tips Hindari Korsleting Listrik dan Kebakaran di Rumah

  1. Hindari penggunaan peralatan dengan beban kapasitas listrik yang berlebih.
  2. Hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi yang apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas.
  3. Pada saat listrik padam, jangan letakkan lilin dekat dengan bahan yang mudah terbakar, seperti kasur, kayu, dan kain.
  4. Hindari peralatan dan bahan yang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak.
  5. Periksa secara berkala instalasi listrik di rumah. Apabila ada kabel rapuh, sambungan atau stop kontak yang aus atau tidak rapat, segera ganti dengan yang baru.
  6. Periksa kondisi tungku masak, baik kompor minyak maupun gas, slang, tabung dan lain-lain. Kemudian segera ganti jika ada yang bocor.
  7. Tempatkan bahan-bahan yang mudah terbakar pada tempat khusus, bercampur dengan dengan bahan yang dapat menimbulkan reaksi kebakaran.
  8. Siapkan alat pemadam kebakaran, air, pasir, karung goni yang dibasahi di lingkungan sekitar

Menurut Sutopo, kebakaran merupakan bencana yang lebih sering disebabkan kelalaian manusia. Data pada 2002-2011 menunjukkan sekitar 63% kebakaran permukiman di Indonesia disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik, 10% oleh api dari lampu minyak dan lilin, 5% dari rokok, 1% dari kompor, dan lainnya.

sumber : detik.com

Maturnuwun

baca juga :

==- —***\Contact KHS Go Blog/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : https://twitter.com/setia1heri
Instagram : https://instagram.com/setia1heri
Youtube : https://www.youtube.com/user/setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0
*”ngono yo ngono ning ojo ngono…”*

4 thoughts to “8 Tips Hindari Korsleting Listrik dan Kebakaran di Rumah”

Tinggalkan Balasan