Advertisements

1 April, waspada info dan berita April Mop

1 April, waspada info dan berita April Mop mantemans. Apa itu April Mop atau April Fools Day tersebut? Secara sederhana April Mop itu setiap orang bisa membuat berita bohong, tipu-tipu atau lelucon kosong tanpa merasa bersalah atas tindakannya tersebut. Maksudnya sih buat bercanda dan lucu-lucuan tapi mengandung unsur kebohongan. Nah April Mop ini biasanya diperingati setiap tanggal 1 April masbrow dan mbaksis. Berikut beberapa sejarah keberadaaan April Mop ini mantemans.

Mengutip tulisan Raudiya Nurfadilah Hayati @raudiyanhayati di student.cnnindonesia.com berikut asal-usul April Mops atau April Fools Day tersebut. Dikutip dari beberapa sumber ada asal-usul dari Perancis dan Spanyol:

Di Perancis, April Mop sudah dikenal sejak tahun 1582. Ketika itu rakyat Perancis melakukan perayaan tahun baru pada awal April atau akhir bulan Maret. Namun hal ini diubah oleh Pope Gregory XIII yang semula dalam 1 tahun hanya 10 bulan menjadi 12 bulan seperti kalender Masehi saat ini.

Tetapi karena ketidaktahuan dan ketidakpercayaan, rakyat Perancis tetap merayakan 1 April sebagai tahun baru. Perilaku tersebut ditertawakan oleh sejumlah masyarakat. Orang-orang itulah yang disebut sebagai “April Fools” atau orang-orang yang tertipu pada bulan April.

Di Spanyol, merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes, yang artinya hari anak tak bersalah. Sampai pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar pada 28 Desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawaan atau dianggap sebagai lelucon.

Menurut Joseph Boskin, profesor dari Boston University, April Mop berawal dari para pelawak kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad 3-4 sesudah Masehi.

Para pelawak ini mengajukan petisi kepada raja untuk mengizinkan mereka untuk menjadi raja walaupun hanya sehari. Raja menyetujui petisi tersebut dan mengangkat Jeter yaitu salah satu pelawaknya untuk menjadi raja dalam sehari pada 1 April.  Kemudian 1 April diperingati sebagai hari kemustahilan. Sejak itulah 1 April dikenal dengan April Mop.

Mengutip Wikipedia.org, Rutinitas lelucon April Mop sering membuat orang-orang yang memperingatinya sering meragukan liputan berita yang terbit pada tanggal 1 April.

  1. Tsunami April Mop di Hilo, Hawaii. Ada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.
  2. Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.
  3. AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970.[3]
  4. Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.[4]
  5. Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.
  6. Pada 1 April 1993, juara NASCAR Seri Piala Winston, Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.
  7. Deathrock legenda Rozz Williams wafat karena bunuh diri pada tanggal 1 April 1998.
  8. Pada tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.
  9. Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.
  10. Leslie Cheung, penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada tahun 2003 karena depresi berat.
  11. Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

Well, bila ada berita heboh atau berita apapun pada tanggal 1 April ini harap dicerna, waspada dan klarifikasi agar tidak terjebak pada April Mop atau Apri Fools Day…hehehe

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 1 April 2017, in caricara and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: