Advertisements

Pertanyaan soal jumlah sendok di pelajaran matematika anak SD ini bikin mumet ahli bahasa saja….. hahahaha.

Pertanyaan soal jumlah sendok di pelajaran matematika anak SD ini bikin mumet ahli bahasa saja….. hahahaha.

Soal sendok, ini tentang pertanyaan ulangan matematika yang sepertinya ditujukan untuk anak SD. Ini bukan perihal makan sendok dan makan pakai sendok lho yah… seperti yang bertebaran di linimasa sosial media hehehehe. Ini murni pertanyaan dari guru untuk muridnya yang membingungkan para ahli bahasa. Loh kenapa? karena ada 2 versi jawaban baik dari murid maupun gurunya terkait jumlah sendok… hehehehe. Yuuk disimak….soal-sendok-di-pelajaran-matematika-anak-sd-dan-jawaban-nya

Foto viral tersebut berisikan pertanyaan ujian matematika yakni sebuah pertanyaan tentang jumlah sendok (baca di foto ya…). Si murid menjawab jumlah semua sendok yang dimiliki ibu yakni 6+14 =20 sedangkan koreksi jawaban dari gurunya menyebutkan 14-6 =8. Berhubung matematika adalah ilmu pasti maka tentu hanya 1 jawaban yang benar. Terus yang benar jawaban guru atau murid nya? ….. hehehehe.

“Menurut kalian mengapa jawaban si anak salah?? Hahahahaha ” ujar Eris Riswandi dilaman facebooknya (10/11) sambil melampirkan foto tersebut. Berikut tanggapan netizens mengenai soal sendok yang bikin ngakak terbahak-bahak ini :

Agustina Ajjah :

muridya bner.ptyaanya kn brp sndok ibu..brti kn mengartikan jumlah smua sndok.kcuali brp jumlah sendok ibu yg tdk trpkai.ato brp jumlah sendok ibu stelah terpakai 6sndok bru 14-6=8 ni mah pertanyaanya yg melieuurrr kn..grunya jg jd lieuurrr.wkkekkkk

Muhammad Haden Aulia Husein :

Yah kita akan datangkan saksi Ahli baik dari pihak murid maupun gurunya.
Sy niatnya ingin datang tapi karena terjebak macet di kelas sebelah maka sy tidak bisa hadir ketika soal ini diberikan.
Tapi kita akan coba gelar perkara secara terbuka.
Saya harap tidak ada lagi yg demonstrasi gara-gara sendok ini.
Karena saya bisa menggerakkan penjaga sekolah, bibi yg jaga kantin dan pesuruh lainnya demi menjaga keutuhan kelas.

Shoshanah Serly :

Ya elaa apaan lagi beginian..

Kalau saya jadi muridnya saya tidak akan menjawab soal matematika ini karena saya akan lebih peduli dengan menu makanan apa yang disajikan oleh ibu saya sepulang saya sekolah karena soal matematikanya bikin kepala pusing dan perut jadi lapar 😂

Tapi kalau saya jadi guru matematikanya dan punya murid seperti ini maka saya tidak akan memperdulikan apakah hasilnya 20 / 8/ 14 atau 0

Pertama saya akan mengakui kesalahan saya dalam menata bahasa soal matematika yang ambigu 🤔😅

Kedua saya akan menghargai jawaban semua murid saya dengan daya tangkap dan daya pikir masing-masing murid karena saya yakin dalam satu kelas jawaban akan berbeda-beda termasuk kalau saya punya murid yang abstrak otaknya seperti saya 😂

Ketiga saya akan sangat berterimakasih kepada semua murid saya karena telah memiliki pengertian yang hebat terhadap soal matematika sederhana tapi luar biasa rumit ini 😖😪

Jadi jawaban yang benar adalah guru matematika harus belajar bahasa Indonesia

LenLen Cat :

Anaknya makan pakai sendok, gurunya makan sendok (jd sisa 8, yg 12 udah ditelen)

Zaihan Angga Wirawan :

jawabannya 20, klo pertanyaan berapa sendok yang belum dipake dan kata ‘masih’ dihilangkan atau diganti dengan kata ‘hanya’ baru jawabannya menjadi 8

Ryan Erlangga :

yg benar jawaban anak 20. kecuali pertanyaannya jadi bgni : sendok yang digunakan untuk makan ada 6. ibu mempunyai 14 sendok. berapakah sisa jumlah sendok ibu yang belum dipakai.. (klo pertanyaan diubah kayak ini baru bisa dibilang 8) jadi jawaban guru itu salah. karena pertayaannya berbeda)

Aprodhite Tan :

Jelas sekali jwban muridnya yang benar. Kata “jumlah” dalam kamus besar bahasa Indonesia mempunyai makna “banyaknya (tentang bilangan atau sesuatu yang dikumpulkan menjadi satu)”. Nah jelas donk mau sendoknya kotor atau bersih tetap itu sendok dan dikumpulkan menjadi 1 yang artinya ditambah. Mungkin gurunya cuma silap dalam mengoreksi.

Phiong Budianto :

Saya tidak mau komentar tentang gurunya tetapi kenapa orang indonesia banyak yang punya pemahaman sama kayak gurunya bisa dilihat dari komentar dimari,apa dulu sekolah nilai bahasa indonesianya jelek tetapi tetap diluluskan atau nalar & logika yang rendah karena konsumsi boraks?

Sini saya jabarkan

Sendok yang digunakan makan ada 6.
Ibu masih mempunyai 14 sendok yang belum dipakai.
Jadi berapa jumlah sendok ibu?Ayo!

Sendok yang digunakan makan ada 6,okay terus si ibu masih ada 14 sendok,kata masih ini merujuk tidak termasuknya 6 sendok yang dipakai tadi nah pertanyaannya berapa jumlah sendok ibu?jelas 6+14=20 dong sudah pasti

Melihat jawaban guru 14-6=8 maka pertanyaan adaptasi yang tepat jikalau jawaban 8 adalah sebagai berikut :

Sendok yang digunakan makan ada 6.
Ibu hanya mempunyai 14 sendok yang bisa dipakai.
Berapa sisa jumlah sendok ibu yang bisa dipakai?Ayo!
Nah itu baru jawabannya 8!

Yang punya jawaban kayak si guru apa ga malu sama adik kecil itu? 

***

Well, soal matematika tentang sendok ini memang perlu melibatkan ahli bahasa untuk menelaah dan meneliti kandungan makna dengan seksama sehingga didapatkan jawaban yang pas dan mengena….. he-he-he.

Gimana mantemans? :mrgreen:

Baca juga :

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 13 November 2016, in humor and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 18 Comments.

  1. Wah perlu di datangkan ahli bahasa nih

    Like

  2. Wkwkwkwk..klo ditanya berapa jumlah ya ditambahin om, bukan dikurang, bener si bocah..

    http://sebarkan.org/2016/11/13/%e2%80%8bheboh-mata-uang-palu-arit-begini-komentar-bi

    Like

  3. MALU gue klo jadi guru bgini

    NI Guru SDnya lulus SD gak sih…atau pakai ijazah Palsu…mesti di usut

    sendok yang yg DIGUNAKAN ada 6 lalu MASIH ada 14sendok YNG BELUM TERPAKAI
    jadi jumlah sendoknya (YANG DIGUNAKAN +YANG BELUM TERPAKAI)
    = 6+14
    = 20

    Like

  4. janagn sekloah disitu..gurunya T*L*L

    Like

  5. nggak perlu ahli bahasa, karena tidak ada kata2 yg ambigu, yg bener murid.
    mungkin gurunya sedang lelah.

    Like

  6. loo kata ha*** ri**** ada sama nggak ada kata pakainya nggak ngepek pakk… jadinya yang benar yaa gurunya laa..;p

    Like

  7. Kata “MASIH” itu yg membuat si murid menang telak atas gurunya.
    Guru “Pintar” matematika.
    Murid “PANDAI” Bahasa Indonesia

    Like

  8. Yg jdi pertanyaan itu orang ko bisa jdi guru…? Apa karna dia sentimen ama si murid ..?🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

    Like

  9. Maaf om….
    Tpi dlm kasus ini… Saya baru pertama kali lihat pertanyaan di dlm pendidikan sekolah ada kata “ayo?”
    Keliatan kaya kurang pas bnget .. kaya lagi main tebak2an …

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: