Advertisements

Mbah Gotho, lelaki umur 145 tahun asal Sragen, Jawa Tengah ini diduga manusia tertua di dunia

Mbah Gotho begitu akrab dipanggil oleh warga di Dusun Segeran, Desa Cemeng, Sambungmacan, Sragen. Pria yang dalam KTP nya disebutkan kelahiran 31 Desember 1870 oleh Dispenduk Capil setempat ini mendadak mendunia. Koran internasional seperti The Telegraph, The Independent dan juga Daily Mirror turut memberitakan Mbah Gotho yang diduga sebagai manusia tertua di dunia.Mbah Gotho manusia tertua dari indonesia kabupaten sragen tahun 2016Mbah Gotho  bernama asli kecilnya Saparman namun ketika dewasa dan menikah berganti nama menjadi Sodimejo. “Saya lahir di hari Kamis Wage, Bulan Sapar. Karena itu saya diberi nama Saparman. Tahun lahir saya tidak ingat pasti. Yang saya ingat ketika peresmian Pabrik Gula Gondang, saat itu saya sudah ikut datang menonton. Saat itu saya mendengar cerita bahwa Belanda kurang berkenan dengan posisi pabrik yang baru dibangun itu. Saat itu saya sudah besar dan bisa membantu bapak membajak di sawah. Anak desa sudah diajari membajak sawah itu ketika sudah umur 10 tahun ke atas,” tuturnya sebagaimana diberitakan oleh detik.com (31/8).

Sulit memang untuk memverifikasi kevalidan info ini karena data otentik hanyalah sebuah KK dan KTP saja. Namun ada tetenger bahwa beliau mengetahui prosesi peresmian Pablik Gula Gondang. Pabrik Gula Gondang Sragen sendiri dibangun pada tahun 1880. Pabrik ini tidak beroperasi lama sehingga warga setempat menjulukinya Pabrik Sida Wurung atau pabrik yang gagal.

Kesaksian Pak Kades

“Sejak masih sangat kecil, saya sudah mendapati Mbah Gotho sebagai kakek tua yang seluruh rambutnya beruban namun tetap tegak berotot. Orangnya tinggi dengan perawakan gemuk. Kalau berjalan agak terbungkuk, tergopoh-gopoh namun langkahnya tegas, cepat dan bertenaga. Suaranya juga lantang. Mungkin karena itulah dia dipanggil sebagai Mbah Gotho, karena jalannya yang cepat dan kelihatan tergesa-gesa itu,” ujar Sriyanto (54 tahun), Kepala Desa Cemeng, kepada detikcom, Selasa (30/8).

“Tapi saya sendiri yakin bahwa usia beliau sudah jauh melewati hitungan seabad. Salah seorang warga desa kami, almarhum Mbah Dipo, yang wafat sekitar 5 tahun lalu dalam usia 112 tahun, juga menguatkan hal itu. Semasa hidupnya Mbah Dipo pernah mengatakan tidak seumuran dengan Mbah Gotho. Ketika Mbah Dipo masih sangat kanak-kanak, saat itu Mbah Gotho sudah seorang pemuda dewasa yang telah menikah,” lanjut Sriyanto.Mbah Gotho manusia tertua umur 145 tahun dari indonesia kabupaten sragen tahun 2016

Kenapa disebut Mbah Gotho

Kata Gotho tidak dikenal sebagai kata baku dalam bahasa Jawa. Namun kata itu sering dipakai di kalangan pedesaan untuk menggambarkan seseorang yang selalu bersemangat dan cenderung menggunakan otot ketika berjalan atau bertindak.

Dalam keseharian Mbah Gotho masih terlihat segar bugar. Dia pun melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, tanpa minta bantuan orang lain. Bahkan, dia masih bisa bisa menyapu halaman rumahnya dan masih bisa mencabuti rumput halaman rumah. Mbah Gotho yang hidup bersama cucunya, Suryanto, menekuni profesi mencari ikan di Sungai Bengawan Solo

Meskipun pendengarannya sudah memulai memudar namun ingatannya masih jernih. di usianya yang renta itu ingatan masih jernih dan penuturannya masih lancar dan runtut.

Mbah Gotho sudah pernah menikah empat kali, semua istrinya sudah meninggal. Dia telah hidup lebih lama dari 10 saudaranya dan empat istrinya. Istri yang terakhir kali menemaninya telah meninggal pada 1988. Dia berbagi pengalaman, rahasia panjang umurnya karena selalu bersabar. Tapi, Gotho yang sudah menyiapkan kematiannya sejak 1993 mengaku berharap bisa segera meninggal. Dan sampai sekarang masih terlihat segar bugar…

Dengan usia 145 tahun maka kemungkinan besar Mbah Gotho merupakan manusia tertua di dunia asal Indonesia. Rekor usian tertua di dunia dipegang oleh wanita Prancis Jeanne Calment, yang hidup sampai usia 122 tahun.

Sehat Mbah Gotho…Mugi Barokah…..Amiin

Baca juga :

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 2 September 2016, in biarsehat and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: