Advertisements

Jangan sering makan nasi goreng….ini bahayanya

Nasi goreng, siapapun pasti pernah merasakan kuliner kerakyatan ini dengan beragam varian. Mulai dari orang dikampung hingga restoran mewah menyediakan makanan yang berasal dari nasi yang digoreng ini. Dan kita tahu bahwa nasi goreng itu terdapat banyak versi dan varian serta penyebutan yang berbeda masing-masing daerah. Misal ada nasi goreng jawa, nasi goreng seafood, nasi goreng jancuk, nasi goreng sepesial dan lain sebagaianya. Namun ternyata sering-sering makan nasi goreng tidak baik bagi tubuh. Apa pasal? mari simak penjelasan berikut

menu sarapan di sala view hotel 2015

1. Nasi Goreng Mengandung Akrilamid
HATI-HATI BAGI YANG SERING MAKAN NASI GORENG
Akrilamid merupakan senyawa penyusun poliakrilamid yang sering digunakan dalam pembuatan plastik, kertas, atau tekstil. Namun, senyawa ini juga dapat muncul pada makanan. Lembaga Administrasi Pangan Nasional Swedia (NFA) pada tahun 2002 menyatakan bahwa akrilamid terkandung pada makanan berkarbohidrat yang dimasak pada suhu tinggi (lebih dari 120°C) seperti digoreng, dipanggang, atau dibakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam 1 kg sampel nasi goreng mengandung akrilamid hingga 60 µg sedangkan nasi kukus tidak mengandung akrilamid secara berarti. Tentu saja jumlahnya lebih rendah dari kandungan pada keripik pisang yang mencapai 770 µg/kg dan keripik kentang yang mencapai 1700 µg/kg.

Akrilamid jika terkonsumsi dalam jumlah yang banyak akan berbahaya dan berpotensi menyebabkan kanker. Sebuah studi oleh WHO pada tahun 2002 menyatakan bahwa akrilamid terbukti menyebabkan tumor pada beberapa organ hewan percobaan seperti otak, jantung, kulit, dan ginjal.

Berbahaya atau tidaknya akrilamid bagi tubuh kita sangat ditentukan oleh jumlah yang dikonsumsi tiap harinya. Mengingat sering dan mudahnya menemui dan mengkonsumsi makanan gorengan di Indonesia, sangat sulit untuk menghindari terkonsumsinya akrilamid melalui makanan gorengan. Namun, untuk mengurangi resiko munculnya akrilamid pada makanan, sebaiknya jangan memasak makanan dengan suhu terlalu tinggi dan terlalu lama. Konsumsi makanan secara seimbang dan beragam serta perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selektif dalam memilih jajanan juga sebaiknya mulai diterapkan demi kesehatan kita.apa itu nasi goreng

2. Nasi Goreng + Mentimun itu Berbahaya

Sering kali nasi goreng ditambahkan mentimun. Memang rasanya menjadi lebih enak, namun ternyata Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Kandungan minyak yg sudah dipakai untuk memasak mengandung racun yang apabila digabung dengan kandungan air atau getah pada ketimun dapat menyebabkan radang pada tenggorokan dan akhirnya akan mengakibatkan kanker kelenjar tiroid. Hal itu cenderung disebabkan karna penggunaan minyak goreng secara berulang.

3.Nasi Goreng yang Telah Dimasak Jangan Disimpan Lebih Lama

Setelah nasi goreng dimasak, alangkah baiknya jika langsung dimakan tanpa harus mendiamkannya beberapa jam terlebih dahulu.Karena, terrnyata kandungan Akrilamid yang hampir dimiliki oleh semua gorengan sangat berbahaya jika didiamkan dan bereaksi pada kandungan nasi kita.

Ketika zat-zat kimia dalam nasi goreng tadi bereaksi saat nasi goreng sudah didiamkan berjam-jam, maka jika dikonsumsi lagi dan jika dilakukan secara berulang terus-menerus akan menyebabkan munculnya penyakit kanker terutama kanker hati. Oleh karena itu, bagi orang tua yang mau memberi bekal sebaiknya jangan nasi goreng, ataupun makanan gorengan lainya.

Berdasarkan ketiga alasan di atas, maka sebaiknya anda mulai mengurangi konsumsi nasi goreng dan makanan yang digoreng lain. Tips Kesehatan memasak makanan untuk anda bisa menggunakan adalah dengan metode kukus, disangrai, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak yang digunakan.

Nah memang segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik bagi kesehatan maka lebih baik yang sedang-sedang saja #vettyvera.

Demikian mantemans semoga menjadi perhatian bersama

sumber:  kaskus.co.id

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 6 April 2016, in biarsehat and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 21 Comments.

  1. semua yang berlebihan memang nggak baik.. lagipula, sesering apa orang makan nasi goreng.. bisa malah kalah sering dengan mi instan.. 😀

    Like

  2. Lha enak sih..yg penting diimbangi olahraga

    Like

  3. Bahaya makan nasi goreng itu bikin nagih om, sekali nagih kantong pasti kempis

    Ngoahahha

    http://jildhuz.com/2016/04/06/kebohongan-mengenai-bebas-waktu-dalam-mlm/

    Like

  4. semua yg berlebihan tuh …bahaya!!
    apalagi klo beli nasgor nya tiap hr bikin kanker..kantong kering…!! duit tekor…
    wkwkwkkkkkkkjj……

    Like

  5. Tenang aja wong gorengnya pake minyak baru apalagi klo pake minyak zaitun juooss mah. Lha bumbu2nya macem bawang putih / merah itu jg bagus buat jantung paru2 hati usus dll. Tenang aja gan rempah2 alami indonesia mah berkasiat buat tubuh org endonesia. Bedalah dg bumbu sachet yg banyak kandungan zat BERBAHAYA…!!!!
    Habis makan nasi goreng minum jus sirsak alami wes jian berbagai jenis KANKER & TUMOR BERBAHAYA YA YA YA mampu diberantas dg tokcer….!!!!
    Masih kurang makan manggis juoss juga kasiatnya….!!!!
    Masih buanyak luageee yg lainya rempah2 & buah2an asli Endonesia yg berkasiat tentunya…!!!!
    WHO & ilmuwan buarat mah buossok klakuane…!!!
    Gak percaya coba banyak2 baca di Indocropcircles.wordpress.com
    Bilang aja org endonesia jgn makan nasi goreng biar makanan org barat pd laku. Penggiringan opini.
    Orang endonesia harus minum susu…???
    Preettt…..!!!!
    Kaum yahudi ktp & kaum penyembah iblis & dajjal aka keturunan fir’aun akan bangkrut mlarat kere. Coz, produk susunya gak ada yg beli….!!!!!
    Air susu manusia ya cocok dan bagus untuk manusia…!!!!
    Klo anak gak mau susu ibunya ya ibunya yg gak mau nyusui alesan susu / payudara bakal mlorot….!!!!
    Preettttt….!!!!
    Ini mah ibu egois….!!!!
    Kaum hawa bodi kurus susu kecil gak keluar air susunya / buahenol susu gede dak keluar air susunya…???
    Alesan….
    Preettt mah…!!!
    Allah SWT sudah memberikannya satu paket….!!!!
    Keluar gak keluar klo si ibu sudah tersugesti mau menyusui jg bakal keluar dg sendirinya….!!!!!
    Air susu hewan ya bagus untuk anak hewan pula.
    Jangan percaya WHO & sejenisnya & ilmuwan barat yg dibekengi mamarika, isroil, tante elli, mereka dikendalikan oleh freemason, illuminati dll_nya aka keturunan fir’aun gan es degan…!!!!!

    Like

  6. wah, padahal saya ngertinya nya mentimun atau lalapannya itu buat nge counter attack kandungan zat karsinogenik terutama pada makanan yg roasted atau grilled.
    ya asal ga 7 malam dalam seminggu atau 7 pagi dalam seminggu pasti nasgor kayanya masih aman yah

    Like

  7. Semua makanan aman asal makanan halal dan berdoa sebelum makan nasgor salah satu makanan favofit gw dan selama ini alhamdulillah gw sehat” aja … intinya berdoa sebelum makan. sakit dan gak nya itu jg tergantung kuasa Allah SWT manusia hanya bisa memperkirakan. memang segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik makanya ada hadist yang berbunyi makanlah jika kamu lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

    Like

  1. Pingback: Weladalah….Beli mie goreng di Mall ternyata ada kecoanya…. | khsblog :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: