Skip to main content

Tips Membaca Sehari Satu Buku, Nomer Tiga Butuh Tekad Kuat

KHSblog.net- Tips Membaca Sehari Satu Buku, Nomer Tiga Butuh Tekad Kuat. Ada gerakan membaca Al-Qur’an atau tilawah bersama komunitas dan munculah gerakan satu hari satu juz, One Day One Juz (ODOJ). Ada pula gerakan membacakan buku siroh Nabi (sejarah para Nabi) sebelum tidur dilabeli dengan Bed Time Siroh (BTS). Ada pula One Day One Ayat untuk mentadaburi isi Al-Qur’an. Semua gerakan yang dilakukan  komunitas itu untuk memotivasi agar bisa terus menguatkan konsistensi kebaikan. Setiap hari bisa dilakukan tanpa bolong atau terlewat sehari saja. Nah bagaimana dengan gerakan Membaca Sehari Satu Buku?

Bagaimana caranya agar bisa memulai membaca sehari satu buku? Apa saja yang harus dikuatkan agar bisa berkelanjutan membaca sehari satu buku? Bisakah membaca satu hari satu buku?

Berikut ini ada tips bagaimana membaca satu hari satu buku yang dituliskan oleh kak Rafif Amir dari karya buku terbarunya “Jatuh Cinta Pada Buku”.

Untuk memulai membaca sehari satu buku kita harus memulainya dengan sebuah alasan yaitu: mengapa kita harus membaca? Mengapa pula satu hari satu buku?

Setiap orang pasti bisa melakukan kebaikan membaca sehari satu buku. Meskipun waktu luang yang dimiliki oleh setiap orang itu berbeda.

Maka kita harus menemukan alasan kuat mengapa kita harus membaca. Bahwa dengan membaca akan menaikkan derajat kemanusiaan kita. Sebab akal, membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Apabila jasmani membutuhkan makanan sehat dan olahraga yang cukup, maka salah satu nutrisi bagi akal agar terus bekerja maksimal adalah membaca.

Mengapa satu buku setiap hari? Untuk yang ini, bukan paksaan. Anda boleh membaca berapa kalipun dalam seminggu. Faktanya kebanyakan kita jika makan nasi saja dijatah 3 kali sehari. Mengapa tidak membuat aturan serupa untuk asupan bagi akal kita? Dan membaca satu buku tiap hari adalah yang ideal. Nah, kak Rafif Amir yang juga pernah menjabat sebagai ketua FLP Jawa Timur tahun 2015-2017 dan 2017-2019 (Forum Lingkar Pena) ini membagikan tips membaca sehari satu buku. Yuk simak ya.

  1. Mulailah dari Buku-Buku Ringan

Jangan membayangkan bahwa satu buku setiap hari, berarti Anda harus membaca buku-buku berat seperti filsafat, pemikiran atau buku-buku sastra dunia. Jika Anda belum terbiasa, maka mulailah dari membaca buku-buku humor atau komik atau novel grafis.

  1. Mulailah dari Buku-Buku Tipis

Jangan pula membayangkan bahwa satu buku setiap hari, berarti Anda harus membaca buku ensiklopedi. Bisa mulai dari buku-buku tipis. Ada banyak buku tipis dan buku saku yang tebalnya mungkin hanya sekitar 50 sampai 60 halaman.

  1. Bulatkan Tekad

Kuatkan kembali tekad untuk bisa membaca sehari satu buku. Karena tekad inilah yan paling berpengaruh dalam proses Anda mencapai target ini.

  1. Bawalah Buku Kemana pun Pergi

Lankah selanjutnya adalah bawalah buku yang ingin dituntaskan hari itu kemana saja Anda pergi. Anda mungkin berpikir tak ada waktu luang dari pagi hingga malam. Jika Anda tidak membawa buku itu ke kantor, mungkin benar, tak akan pernah ada waktu-waktu luang itu. Sebab Anad berangkat selepas subuh dan kembali ke rimah sudah dalam keadaaan mengantuk.

  1. Bacalah Setiap Bab Atau Setiap 10 Halaman

Cara ini agar Anda tak merasa terbebani. Jadi ketika Anda memiliki waktu luang, bacalah 10 halaman terlebih dahulu. Jika Anda merasa kurang, karena waktu yang tersedia masih banyak, maka tambahkan lagi 10 halaman. Demikian seterusnya.

  1. Manfaatkan Setiap Waktu yang Ada

Anda tak harus memiliki waktu khusus untuk membca. Tapi gunakan waktu-waktu jeda dalam pekerjaan Anda, waktu-waktu menunggu, atau bahkan bisa menyelinginya dalam waktu-waktu produktif (jika memungkinkan).

Katakanlah kecepatan membaca Anda 300 KPM (kata per menit). Dalam satu menit, Anda membaca 1 halaman. Sementara waktu jeda yang sering Anda miliki 5 menit. Berarti 5 halaman. Dalam satu hari, Anda memiliki waktu jeda misala sebanyak sepuluh kali. Berarti sudh 50 halaman.

Untuk melakukan cara ini, Anda harus rela sedikit berkorban. Berkorban untuk tidak terlalu banyak mengotak-atik gawai Anda. Ganti dengan aktivitas membaca. Ini akan lebih produktif.

Banyak kita jumpai orang yang bengong sambil menunggu pekerjaan di kantor, membuka bolak-balik aplikasi Whatsapp, terkadang juga ngobrol dengan rekan-rekan kerja yang isinya gosip dan hal-hal tak penting. Bagus sekali jika Anda bisa menggantinya dengan membaca buku.

  1. Gunakan Teknik Skimming

Kecepatan membaca rata-rata Anda sekitar 300 KPM jika membaca dengan cara biasa. Tetapi kecepatan Anda bisa bertambah menjadi dua kali lipat jika menggunakan teknik skimming. Teknik Skimming artinya teknik membaca dengan cara melompat. Anda tidak harus membaca secara linier, dari kiri ke kanan, terus ke bawah kiri hingga kanan lagi. Anda tinggalkan mengggunakan lima jari dan sisir satu halaman secara cepat sampai Anda menemukan ide pokok atau pokok bahasan di dalamnya. Perlambat atau berhenti jika menemukan sesuatu yang penting.

Untuk lebih jelas tentang teknik skimming ini, Anda bisa membacanya dalam buku-buku teori speed reading. Kita perlu mempelajarinya.

 

Demikian tips membaca sehari satu buku dari tulisan kak Rafif Amir. Karena dari membaca buku membuka cakrawala ilmu baru. Semoga bermanfaat.

baca juga :

Tinggalkan Balasan