Skip to main content

Perbaiki Komunikasi Anda Faktor Penyebab Diantaranya Salah Mengajukan Pertanyaan

KHSblog.net- Perbaiki Komunikasi Anda,  Faktor Penyebab Diantaranya Salah Mengajukan Pertanyaan. Komunikasi menjadi bagian penting dalam interaksi kehidupan sehari-hari. Melalui komunikasi yang baik dan sehat menjadi kunci hubungan relasi berjalan baik pula.

Islam pun juga mengajarkan adab berkomunikasi yang baik sesuai tuntunan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Memperbaiki komunikasi menjadi penting agar tak salah paham bahkan menjadikan hubungan dengan orang lain memburuk. Salah satunya karena faktor kita salah mengajukan pertanyaan.

Nah, mari kita menyimak dan belajar dari tulisan Satria Hadi Lubis berikut ini.

SALAH MENGAJUKAN PERTANYAAN

By. Satria hadi lubis

KADANGKALA hubungan kita buruk dengan orang lain bukan disebabkan salah menjawab, tapi karena salah bertanya. Sebaliknya, pertanyaan yang tepat justru akan menambah kedekatan hubungan kita dengan orang lain.

Contohnya, ketika bertemu dengan teman lama, lalu kita bertanya, “Anak sudah berapa?”, “Sudah nikah atau belum?”, “Sekarang kerja apa?”. Pertanyaan semacam itu bisa menyinggung perasaan dan merenggangkan hubungan. Sebab belum tentu teman kita punya anak walau sudah lama menikah. Teman kita belum tentu sudah menikah walau telah lama menjomblo dan ingin sekali menikah. Mungkin teman kita sekarang sedang menganggur, walau sudah berusaha cari kerja kemana-mana.

Dalam pernikahan juga begitu. Seringkali pertengkaran rumah tangga, bahkan perceraian, diawali oleh pertanyaan-pertanyaan yang menyinggung perasaan pasangan. Dan ironisnya, pertanyaan itu terus menerus diulang pada kesempatan yang berbeda seakan tak ada kapoknya.

Contohnya, ketika suami pulang lebih lambat dari biasanya, istri bertanya, ” Dari mana kamu?”. Atau ketika isteri meminta uang belanja, suami bertanya, “Uang belanja kemaren buat apa?”. Pertanyaan semacam itu bisa menyinggung perasaan pasangan karena seakan ia tidak dipercaya. Apalagi jika diiringi dengan nada kesal atau bahasa tubuh yang curiga.

Benarlah Rasulullah saw yang mengatakan “Jika tidak bisa berbicara yang baik, lebih baik diam”. Lebih baik diam sambil tetap tersenyum dan tak curiga jika pasangan melakukan sesuatu yang menurut kita kurang berkenan. Daripada asal ngablak ngomong atau bertanya yang membuat pasangan tersinggung.

Khusus untuk para istri harus lebih mampu mengerem pertanyaan-pertanyaan yang menyinggung perasaan suami. Sebab fitrahnya isteri itu lebih mudah curiga dan lebih cerewet bertanya daripada suami.

Pertanyaan istri yang salah dan berulang-ulang dilakukan akan menumpuk perasaan tersinggung suami sampai akhirnya ia melakukan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dengan memukul isterinya. KDRT suami biasanya diawali oleh KDRT psikis oleh istri dengan cara menyinggung perasaan suami karena melempar pertanyaan yang salah berulang-ulang. Secara logika tidak mungkin suami tiba-tiba memukul istri jika tidak karena kekesalan yang menumpuk akibat istri selalu berbicara atau bertanya yang menyakitkan hati.

Begitu pun suami, jangan mudah tersinggung dengan pertanyaan atau omongan istri yang kadang kurang menghargai suami. Seharusnya suami harus yakin bahwa pertanyaan atau omongan istri yang menyakitkan itu datang dari niat baik istri untuk mempertahankan mahligai rumah tangga agar selamat sampai ke tujuan (akhirat).

Kesimpulannya, mari kita sebagai suami atau istri lebih pandai melemparkan pertanyaan kepada pasangan, sehingga pasangan tidak tersinggung dengan pertanyaan kita. Sebab ketersinggungan yang menumpuk akan mengakibatkan pasangan merasa tidak nyaman berdekatan dengan kita dan memicu pertengkaran yang sebenarnya tak perlu terjadi.

Lain kali jika suami atau isteri pulang lebih lambat dari biasanya, pasangan bukannya bertanya, “Darimana kamu?”, tapi bertanya, “Sayang…kamu mau apa?” ☺️

Baca juga:

[display post tag = komunikasi]

Tinggalkan Balasan