Skip to main content

Tips Supaya Bisa Mengepung Rumah dengan Buku Bergizi

KHSblog.net. Tips Supaya Bisa Mengepung Rumah dengan Buku Bergizi. Ayah dan Bunda pembaca setia blog ini, jika sudah berniat dan bertekad mengalihkan anak dari gadget ke buku, segera ikat tekad kuatnya dengan sedikit memaksakan diri menyediakan buku – buku di rumah.

InsyaAllah, buku akan menjadi alternatif pengalihan yang efektif dan solutif dari ketergantungan pada gadget. Syaratnya, bukunya harus yang menarik dan bergizi lho yaa.. Biar anak semangat, dan gak bosan.

Persoalan yang banyak terjadi saat ini, orang tua yang sudah paham bahaya gadget pada anak, narikin gadget dari anaknya, tapi itu ngga berlangsung lama. Anak pun balik lagi ke gadget. Kenapa? Karena gak ada alternatifnya.

Lalu, gimana caranya supaya anak di rumah “terkepung” dengan buku, dan meminimalkan interaksi mereka dengan gadget atau TV?

Beberapa tips dari kak Yuli Kusumadewi dibawah ini, mungkin bisa dicoba :

1. Mindset.

Ayah/Bunda, mindset itu harus dibangun jika kita memiliki cita-cita. Mindset yang harus kita punya adalah, Bismillah Allah mampukan. Allah Maha Kaya. Tak ada yang tak mungkin bagi Allah.

2. Do’a, minta sama Allah SWT.

Langkah selanjutnya adalah, curhat minta sama Allah. Bahwa kita sedang berikhtiar menjauhkan anak-anak kita dari segala bahaya buruk gadget. Bahwa kita sedang berikhtiar ingin menanamkan nilai-nilai Iman Islam kepada anak. Minta agar Allah berkenan membukakan jalan, salah satunya dengan memiliki buku – buku penunjang yang baik.

3. Jangan cuma sebatas niat. Melangkahlah!

Ada yang mengatakan, niat itu adalah langkah pertama mewujudkan apa yang kita ingin raih. Jangan pernah berpikir untuk berhenti di langkah yang pertama. Lanjutkanlah langkah kita ke langkah kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.

Jika kita sudah berniat ingin mengepung rumah dengan buku, maka langkah berikutnya adalah, berikhtiar mengumpulkan buku. Buatlah list TO DO. Buku apa saja yang dibutuhkan, bagaimana strategi membelinya, dan seterusnya.

4. Menyisihkan dana untuk buku.

Jika buku sudah menjadi prioritas, maka pengeluaran akan bisa diatur sedemikian rupa. Mana yang penting, mana yang enggak udah jelas peruntukannya. Jangan sampe deh, punya cita-cita pingin beli buku, padahal bisa nyisihin 5-10ribu per hari, tapi hal itu gak pernah dilakukan. Anehnya, tiap hari ngabisin duit 5-20ribu cuman buat jajan bakso, jajan siomay sambil nongkrong di sekolah anak mah bisa šŸ˜…šŸ¤­. Cik atulaaahh…

5. Berburu buku di waktu yang tepat.

Bagi keluarga yang memiliki cita-cita mengepung rumah dengan buku, saat yang paling ditunggu adalah saat pameran buku diadakan dengan diskon besar, atau saat ada promoĀ² buku dengan diskon cetar. Nah, kesempatan ini gak boleh dilewatkan. Karena, cukup menghemat pengeluaran lho.

Tinggalkan Balasan