Skip to main content

Sepuluh Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak

KHSblog.net- Sepuluh Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak. Berbagai cara dilakukan orang tua agar anak-anaknya bisa tumbuh menjadi orang yang memiliki akhlak mulia, cerdas, serta dapat berguna bagi orang lain. Oleh sebab itu sudah sewajibnya anak untuk berbakti dan menyayangi orang tua. Begitu pula orang tua sudah semestinya untuk selalu menjaga dan menyayangi buah hati mereka.

Anak adalah anugerah sekaligus titipan dari Allah SWT yang diberikan kepada orang tua. Sehingga orang tua memberikan kasih sayang, mendidik, dan selalu mendoakannya. Pola asuh yang kurang tepat dari orang tua dalam mendidik anak-anak akan berpengaruh pada masa mendatang. Mempengaruhi mental serta budi pekerti anak.  Oleh karenanya orang tua perlu mengetahui pola asuh anak secara Islami sesuai ajaran Rasulullah SAW. Nah, berikut ini ada tulisan dari Penulis Buku Seri Wonderful Family Cahyadi Takariawan  terkait hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak, yuk simak sampai habis ya.

SEPULUH KESALAHAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK

Oleh: Cahyadi Takariawan

Syaikh Jasim Muhammad Al-Muthawwi menulis makalah berjudul ‘Isyruna Khatha-an Tarbawiyan Nartakibuha Ma’a Abna-ina.

Isinya tentang duapuluh poin kesalahan yang umum dilakukan orang tua dalam mendidik anak-anak mereka. Tapi saya hanya mensyarah sepuluh poin saja.

Menurut Syaikh Jasim Muhammad Al-Muthawwi, kesalahan yang banyak dilakukan orang tua tanpa mereka sadari adalah sebagai berikut:

1. Marah

Kesalahan pertama adalah al-ghadhab atau marah. Banyak orang tua meluapkan kemarahan kepada anak untuk hal-hal sepele yang sebenarnya tidak memerlukan luapan kemarahan tersebut.

2. Suka Mengumbar Aib Anak

Kesalahan kedua adalah al-Istihar atau suka mengumbar aib anak. Banyak orang tua yang secara sadar atau tidak sadar telah mengumbar aib anak di depan orang lain.

3. Tajassus Terhadap Anak

Kesalahan ketiga adalah at-tajassus atau suka memata-matai anak. Banyak orang tua yang selalu curiga dan memata-matai setiap aktivitas anak dengan berbagai macam cara.

4. Memukul Karena Emosi

Kesalahan keempat adalah adh-dharbu atau suka memukul anak. Masih banyak orang tua yang melakukan tindakan kekerasan fisik kepada anak, dengan alasan sedang mendidik mereka.

5. Intervensi Berlebihan

Kesalahan kelima adalah al-mubalaghah fi at-tadakhul atau berlebihan dalam mengintervensi setiap urusan anak. Masih banyak orang tua yang mencampuri atau mengintervensi setiap urusan anak, sehingga anak merasa tidak nyaman.

6. Memanjakan Anak

Kesalahan keenam adalah al-mubalaghah bil ihtimam atau berlebihan dalam memperhatikan dan memanjakan anak. Adalah wajar jika orang tua ingin anaknya bahagia. Namun, memberikan mereka semua yang mereka minta dapat menyebabkan masalah serius dalam jangka panjang.

7. Banyak Mengkritik Anak

Kesalahan ketujuh adalah katsratul intiqad atau berlebihan dalam mengkritik anak. Masih banyak orang tua yang berlebihan dalam mengkritik tindakan, sikap bahkan kepribadian anaknya.

8. Tidak Mendoakan Anak

Kesalahan kedelapan adalah tarku ad-du’a atau lalai dalam mendoakan anak. Masih banyak orang tua yang lemah, lalai bahkan tidak mendoakan anaknya.

9. Tidak Menerapkan Aturan

Kesalahan kesembilan adalah La lil Qanun yaitu anti terhadap aturan. Masih banyak orang tua yang tidak memiliki dan tidak menerapkan aturan dalam mendidik anak.

10. Overprotektif Terhadap Anak

Kesalahan kesepuluh adalah Al-Mubalaghah fi Al-Himayah yaitu berlebihan dalam melindungi atau memproteksi anak. Masih banyak orang tua yang khawatir secara berlebihan terhadap kondisi anak, sehingga memproteksi anak secara berlebihan pula.

Semoga Allah mudahkan kita untuk mampu mendidik dan mengasuh anak-anak kita, sehingga mereka menjadi qurratu a’yun karena selalu mentaati Allah Ta’ala.

Aamiin.

Baca juga:

[display post tag = anak]

Tinggalkan Balasan