Skip to main content

5 Langkah Menuju Sukses Karir atau Bisnis

KHSblog.net- Lima Langkah Menuju Sukses Karir atau Bisnis.

Apa yang diperlukan seseorang untuk meniti jalan suksesnya sendiri?
Baik menjadi seorang profesional maupun pebisnis?

Berikut ini ada tips bagaimana Anda menuju sukses karir atau bisnis yang bersumber dari coach Riza Zacharias. Yuk simak sampai habis.

Tips 5 Langkah Menuju Sukses Karir atau Bisnis:

1. Yakin, kita bisa! Ingat saja, Allah Maha Adil.

Sukses adalah hak setiap orang. Nggak ada hubungannya dengan jenis kelamin, harta bawaan (warisan), keturunan, pendidikan, dll. Bahkan tidak juga umur mulai. Jenis pilihan karir yang tidak mensyaratkan apapun untuk sukses, salah satunya adalah Bisnis. Maka, sikap yakin ini menjadikan kita tidak takut bermimpi besar dan mentarget cita dan raihan yang tinggi. Tapi, bukan jadi hak klaim bahwa untuk sukses harus bisnis. Banyak yang juga malah nyungsep sampai hancur, oleh sebab bisnis dengan tidak proper.

2. Bangun reputasi agar dipercaya.

Apa yang dibangun awal oleh Nabi saw adalah reputasi.
– Untuk yang mau mulai di awal karir, misal bekerja, ikuti contoh Nabi Musa. Beliau ‘alaihissalam, nggak itungan, mau mulai dari posisi apapun. Buktikan saja dengan kualitas, maka rezeki takkan salah sasaran. Ingat sekali lagi, Allah takkan salah memberikan hak hambaNya.
– Jika sudah memiliki reputasi, boleh ikuti cara Nabi Yusuf, dalam mempersyaratkan posisi amanah, sebab memang kapabel dan teruji.

3. Jadilah pribadi pembelajar yang cerdas.

Takkan berat pengetahuan/ilmu dibawa. Kejarlah dari guru/mentor/coach yang juga praktisi (terbukti melakukan/mencontohkan dan berhasil). Seringkali mereka justru tak suka lambungkan asa, dan bicara realistis. Tapi saran saya, jika sudah “nemu” dan yakin, jangan gonta-ganti. Selesaikan dan praktekkan sampai tuntas baru silakan belajar lagi ke yang lain. Ingat, inSyaAllah naik kelasnya kita, akan seiring dengan naiknya kapasitas baik mentalitas maupun pengetahuan (pengalaman).
Rahasia besar jika kita menemukan guru yang benar adalah, efisiensi waktu belajar kita bisa setara puluhan tahun tanpa menjalaninya dahulu sendiri, sebab kita masukkan pengalaman orang lain dalam track hidup kita.

4. Tetap humble, selalu merasa diri sendiri penuh kelemahan dan kekurangan.

Sehingga kita selalu tergantung padaNYA, minta perlindunganNYA, minta petunjuk dan bimbinganNYA. Sikap ini membuat terbukanya peluang orang-orang pintar dan hebat, akan ikut masuk membantu menghebatkan apa yang kita lakukan. Sebab, orang yang “merasa mampu lakukan segalanya sendiri”, jangan-jangan malah dibiarkan olehNYA.

5. Mulai dari yang ada di diri kita.

Jangan sulitkan diri dengan ‘mengharuskan’ apa yang idealnya atau seharusnya menjadi syarat mulai. Ingat yang pertama, yakin saja Allah pasti sediakan jalan lain untuk setiap orang. Pembedanya: siapa yang MULAI, sejak sekarang!

Biar saja orang lain seperti “beruntung” dengan semua kebaikan rezekinya. Ikutlah bahagia dengan keberuntungan orang lain. Jangan sebaliknya malah nyinyir atau sedih atau malah suudzon..
Kemampuan ini, akan antarkan kita menjadi pribadi yang mudah bersyukur, dan bahagia selalu..

Wallahu a’lam.

Baca juga:

[Display post tag = bisnis]

 

Tinggalkan Balasan