Skip to main content

Finishing Terbaik untuk Ramadhan

KHSblog. Finishing Terbaik untuk Ramadhan. Sebentar lagi Ramadhan akan pergi meninggalkan kita, big sale pahala di bulan mulia tak lagi kita jumpai di sebelas bulan yang lain. Amalan di bulan penuh barokah ini juga sangat ditentukan di akhirnya. Maka pastikan diri menuju penutup bulan berlipat pahala ini dengan amal kreatif yang ternyata membuahkan finishing touch yang membuat Ramadhan lebih bermakna.

Nah, berikut ini tulisan inspiratif dari @edgarhamas tentang amalan yang kecil tapi menentukan. Yuk simak sampai habis.

Yang Kecil Tapi Menentukan 

@edgarhamas

Nasihat Abu Darda ini begitu menyala bagi siapapun yang ingin menciptakan finishing terbaik untuk Ramadhannya.

Beliau menasihati, “jangan remehkan kecilnya perbuatan buruk; tetap jauhi ia. Jangan pula kau remehkan kecilnya perbuatan baik hingga lalai mengamalkannya.”

Di waktu-waktu yang tinggal sebentar ini, sangat mungkin amal kecil kitalah yang justru jadi finishing touch yang membuat Ramadhan ini bermakna.

Ia tak melulu tentang amal melelahkan dan memberatkan. Seringkali ia hanya tentang mencari sisi kreatif dari amal kecil tapi dahsyat.

Seperti keputusanmu untuk membeli sendal jepit dan kau taruh di mushala yang banyak orang pekerja kantoran di sana. Mereka butuh itu untuk wudhu dan ke kamar mandi.

Atau diam-diam melaundry mukena masjid yang telah lama tak dicuci sehingga “wanginya” semerbak.

Jika sempat pula, kita bisa mengajak teman-teman untuk iuran membeli sembako sederhana yang kemudian diantarkan ke guru-guru ngaji yang ikhlas mendidik generasi.

Semakin rahasia amal itu, semakin baik. Hanya Allah dan kita yang tahu, dan itu yang membuatnya makin berkilau.

Zubair bin Awwam, sahabat besar yang digelari sebagai Hawari Rasulillah itu pernah menasihati , “siapapun di antara kalian yang mampu memiliki amal shalih yang rahasia, maka lakukanlah.”

Agar keikhlasan terjaga, dan kelak kita menemuinya lagi dalam keadaan penuh tanpa kikis.

Baca juga:

[display post tag = ramadhan]

Tinggalkan Balasan