Skip to main content

Tips Puasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui

KHSblog.net-Tips Puasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui.

“Kuatkan niat, tekad dan keyakinan, ketika niat sudah kuat, insyaAllah Allah akan tolong dan mudahkan”, ujar Rinrin Rira influencer siroh Nabi dan sahabat.

Berikut ini tips bagi ibu hamil dan ibu menyusui saat Ramadhan. Sebagai catatan, kondisi kesehatan setiap ibu hamil dan ibu menyusui tidaklah sama, jadi bisa dilakukan bagi yang sudah mempersiapkan secara niat, cek kesehatan serta konsultasi kepada dokter kandungan.

Penulis sendiri juga pernah menjalani kondisi hamil saat bulan Ramadhan dan berpuasa pada waktu itu, tentunya dalam Islam diberikan pilihan untuk mengambil rukhsah (keringanan) bagi ibu hamil serta ibu menyusui.

Bisa disimak tips yang sudah dicoba oleh Rinrin Rira selama berpuasa Ramadhan dalam kondisi hamil, hamil dan menyusui, plus menyusui bayi ketika ASI ekslusif :

1. Memindahkan waktu makan dan minum, tetap minum minimal 8 gelas setiap hari.
3 gelas waktu berbuka, 2 gelas sebelum tidur, 3 gelas ketika bangun hingga menjelang adzan subuh (jumlahnya bisa divariasikan per waktu bisa 2-3-3 gelas, 2-2-4 gelas)

2. Bangun tidur dengan setengah gelas madu+propolis yang dicampur air hangat, minum air nabeez (rendaman air dan kurma dalam jumlah ganjil), plus konsumsi kurma, buah-buahan sebelum qiyamullail (tomat, pisang, pepaya, jeruk, jambu, semangka dll) plus yogurt jika ada.

3. Sahur perbanyak konsumsi sayuran dan sumber protein (sayur bayam jagung, kangkung, daun pepaya, daun katuk, sawi, sop, kacang-kacangan, biji-bijian dll), konsumsi protein (telur rebus, telur puyuh, tahu, tempe, ayam, sesendok minyak zaitun, ikan mas, mujaer, daging, jamur, dll)

4. Secukupnya konsumsi karbohidrat (nasi, kentang, talas, ubi, bihun, mie, roti spaghetti, dll)

5. Batasi konsumsi gorengan dan gula-gula an.

6. Kejar target aktivitas harian, target baca Al-Qur’an, sholat wajib dan sholat sunnah, kerja dll (kesibukan membuat waktu terasa berjalan cepat), tapi inget harus rehat juga secukupnya.

7. Buka shaum dengan yang sehat dan manis.

8. Berbuka secukupnya akan membuat kondisi tubuh tak kekenyangan. Berlebihan juga nanti jadi begah, perut nggak enak, mata berat cepat mengantuk, bikin nggak kuat tarawih.

9. Hindari berbuka dengan goreng-gorengan.

10. Olah raga tipis-tipis jangan lupa.

Demikian tips sederhana, buat para ibu menyusui dan ibu hamil .

Kalau fisik kita sedang kurang sehat atau baby kurang sehat dan rewel jangan dipaksakan berpuasa. Karena kondisi setiap orang berbeda-beda. Tetap perhatikan kondisi kesehatan kita ya karena memang ada rukhsahnya (keringanan buat kita), yang terpenting bumil dan busui sejagat raya harus happy, supaya janin, dan baby juga ikutan happy, dan ASI mengalir deras.

Tetap semangat yah bunda-bunda cantik nan sholihah, semoga Allah memudahkan, merahmati dan meridhoi kita semua.

Baca juga:

[ display-posts tag = puasa]

 

Tinggalkan Balasan