Tips Menguatkan Motivasi Hafalan Al-Qur’an

Tips Menguatkan Motivasi Hafalan Al-Qur’an. Jumat barokah. Pagi ini ada tips untuk menguatkan kembali motivasi hafalan Al-Qur’an kita. yuk dat barokah. Pagi ini ada tips untuk menguatkan kembali motivasi hafalan Al-Qur’an kita. yuk disimak kawan warganet.

Ketika Engkau Lemah Menghafal

1. Saat futur/lemah semangat, nikmati hafalan mu. Caranya pelankan tempo bacaan murojaah/ziyadahmu, cari maknanya/tafsirnya. Lihat kehidupanmu dengan ayat tersebut.

2. jangan hentikan hafalanmu, namun gantikan dengan zikir yang menguatkan hati dan rasamu. Apa sebaiknya zikirnya? Tentu istighfar, kenapa? Karena penyebab terbesar lemahnya ibadah apapun sebabnya baik fisik maupun psikis, penyebab utamanya karena aja hijab hatinya. Bersihkan ia, sehingga sampai terasa lembut hatimu ditandai ikhlasnya engkau dengan kehidupan mu termasuk hidup dan layunya hafalanmu.

3. Manfaatkan komunitas hafalan. Targetkan dan istiqomahkan untuk setor/saling setor, untuk teskan hafalan. Engkau pasti punya orang tua, punya suami/istri, punya anak, punya murid bahkan punya teman. Belumkah kita paham mana sahabat quran kita?

4. Jika engkau beralasan sibuk, justru banyak orang bisa hafalan ketika sibuk. Karena ketika engkau senggang, banyak yang lalai dengan nikmat yang satu ini.

5. Berhenti lalu mulai lagi kemudian berhenti lalu mulai lagi adalah biasa. Alangkah senangnya saat terakhir hidupmu, engkau tidak sedang istirahat namun saat bersama quranmu.

6. Guru dan sahabat quranmu adalah wasilah keselamatanmu, jaga mereka, doakan mereka.

7. Tidak ada yang memaksamu hafal quran, sebagaimana tidak ada yang memaksamu menaiki tangga kemuliaan di surgaNya kelak. Jika hati mu diharamkan dijilat api neraka. Mungkinkah engkau masuk jannahNya hanya dengan hatimu?.

8. Engkau punya warisan langsung terhubung dengan kekasihmu (jika engkau benar mencintainya). Tidak kah engkau bahagia, engkau membaca apa yg sering dibaca kekasihmu. Bukankah seseorang hanya akan dikumpulkan dengan yang dicintainya.

9. Ayolah kita pulang kampung ke surga, karena asal buyut kita dari sana, kuncinya pun sudah diberi (yakni kalimat tauhid), bahkan soal soal dari penjagaNya pun sudah dibocorkan, haruskah kita mampir di tempat lain?.
Saya beritahu, engkau punya 10 tiket gratis lagi untuk keluargamu. Namun harus diingat masa aktifnya nanti setelah engkau terpilih.

*WAGPermataCintaQur’an

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 12 June 2020, in Tanpa kategori and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: