Agar Rasulullah Hidup Dalam Jiwa Anak

Agar Rasulullah Hidup Dalam Jiwa Anak. Anak-anak masih ngomong kurang sopan, masih sering kulakan kata-kata “kebun binatang”. Anak tak lagi menghiraukan nasehat ayah bundanya. Tak perlu baper. Mari kembali berbebah menjadi orangtua. Mengoreksi kembali hubungan kedekatan kita pada Sang Maha Dekat. Rasulullah sebagai teladan utama akhlak mulia sudahkan kita kenalkan pada anak-anak. Nah, ini ada tulisan keren dari seorang ayah hebat. Yuk disimak ya..

AGAR RASULULLAH HIDUP DALAM JIWA ANAK
Oleh : Irwan Rinaldi

Jika selama ini orang tua sudah merasa sering mengenalkan Rasulullah kepada anak-anak, maka tidak ada lain ucapan kita adalah rasa syukur kepada Allah. Bahkan mungkin anda tidak hanya sekedar mengenalkan tapi juga mencoba melakukan apa-apa yang dilakukan Nabi selama bersama anak-anak kita.

Tapi, bagi sebagian kita yang lain yang selama ini merasa abai mengenalkan Nabi Muhammad kepada anak-anaknya, tentu tidak ada kata terlambat. Persoalannya adalah darimana kita harus mulai? Berikut ini ada beberapa langkah yang segera kita kerjakan.

• Benahi paradigma mengasuh dan mendidik anak-anak . Terutama membenahi siapa idola yang seharusnya kita kenalkan, biasakan dan yakinkan pada anak.

• Pelajari Sirah Nabi Muhammad. Perbanyaklah mengenal Nabi dengan membaca, mendengar, berdiskusi, mencoba, melakukan apa-apa yang Nabi perintahkan. Sediakan betul waktu khusus dalam satu hari (mungkin itu hanya 10 menit atau 15 menit) untuk menambah perbendaharaan pengetahuan tentang Nabi Muhammad.

Lalu apakah yang harus kita kerjakan agar Rasulullah dekat dan ‘hidup’ dalam keseharian anak-anak kita? Jawabannya hanya satu saja: dekatkan dan ‘hidupkan’ Nabi Muhammad dalam keseharian anak-anak kita.

❤ Bangun pagi bersama Rasul
Rasulullah selalu bangun jauh sebelum waktu subuh datang. Biasakanlah jam biologis anak-anak kita seperti jam biologis Rasulullah (secara bertahap, sesuai kemampuan dan usianya).

❤ Biasakanlah bercerita tentang Rasul dan sahabatnya sebelum tidur
Perbanyaklah mengetahui sejarah Nabi dan sahabat. Pilihlah cerita yang disukai anak-anak, lalu ceritakanlah kepada anak-anak. Mereka akan semakin tertarik dengan cerita kalau semua cerita tersebut mempunyai hubungan dengan kehidupan sehari-hari.

❤ Tidur seperti Rasul
Ajaklah anak mengikuti cara-cara Rasul tidur. Baik cara dan apa saja yang dilakukan Rasul menjelang tidur. Meski tidak segampang yang kita bayangkan, tapi yakinlah pelan-pelan anak-anak akan melakukannya.

❤ Makan seperti Rasul
Kenalkan tipe makanan (halal dan baik) yang dimakan Rasul. Kenalkan juga cara Rasul makan.

❤ Beribadah dan hidup seperti Rasul
Meski ini sulit, tapi setahap demi setahap Ayah wajib mengenalkan cara Rasul beribadah dan cara Rasul menjalani kehidupan sehari-hari.

❤ Bermain seperti Rasul
Rasul menyenangi sesuatu yang fun dan permainan. Lakukan dan kenalkan kepada anak seperti apa Rasul bermain.

Semoga Allah mudahkan semua usaha keras kita dalam mengenalkan, membiasakan dan meyakinkan bahwa tidak ada idola lain selain Rasulullah. Aamiin.

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 15 February 2020, in inspiring, keluargaharmonis and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: