Skip to main content
ra lilur meninggal dunia pada tanggal 10 April 2018

Kisah ketika Ra Lilur dan Gus Dur bertemu

Kisah ketika Ra Lilur dan Gus Dur bertemu. Ra Lilur waliyullah asal Bangkalan, Madura ini tak henti-hentinya terdapat kisah kharomah yang mengirinya. Waliyullah jaddab yang wafat tahun 2018 silam ini meninggalkan beragam kisah dan kenangan akan kharomahnya. Nah salah satunya adalah Kisah ketika Ra Lilur dan Gus Dur bertemu. Monggo disimak brosis…ra lilur meninggal dunia pada tanggal 10 April 2018

Kisah ketika Ra Lilur dan Gus Dur bertemu

Pada awal tahun 2002, setelah lengser dari tahta kepresidenan, Gus Dur pergi ke Bangkalan untuk sowan kepada Ra Lilur. Uniknya ketika duduk bersama, keduanya memakai bahasa daerahnya masing-masing. Ra Lilur memakai bahasa Madura khas sedangkan Gusdur memakai bahasa Jawa. Meski begitu beliau berdua terlihat saling memahami dan “nyambung” satu sama lain. Kala itu Gusdur curhat pada Ra Lilur bahwa ia baru saja dikhianati oleh kawan politiknya. Ra Lilur menjawab :

” Iyeh be’eng jiyah lok engak dek Mbah Kholil.. Lok toman nyelase dek Mbah Kholil.. ”

(Iya.. Itu karena anda lupa ke Mbah Kholil, tidak pernah berziarah ke Mbah Kholil)

Di akhir pertemuan Ra Lilur memberi uang, minyak tawon dan sebuah wiridan untuk GusDur.

Sekitar tahun 2008, Gusdur sowan lagi kepada Ra Lilur, kala itu beliau ditemani pak Ahmadi -cagub Jatim waktu itu-. Pada pertemuan itu Ra Lilur malah berdoa dengan bahasa yang tidak bisa dipahami oleh tamu-tamunya. Ketika ditanyakan kepada Yenny Wahid, mbak Yenny menjawab :

” kata bapak itu adalah bahasa Ibrani.. “.

* Karomah dan Keajaiban Ra Lilur

Ini mungkin adalah sisi yang paling menonjol dari Ra Lilur. Beliau adalah sosok yang unik, misterius dan sulit ditebak. Banyak keajaiban yang pernah diriwayatkan tentang beliau, mulai dari Mobil yang beliau tumpangi bisa berjalan hanya dengan diisi dua botol sprite, kebiasaan beliau tidur dan bertapa di tengah lautan, kefasihan beliau dalam berbahasa Mandarin, hingga kemampuan beliau memberi suatu isyarat tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Pada tahun 1995, menjelang kelahiran Muhammad Ismail Al-Ascholy (En). Ra Lilur tiba-tiba saja mengirim surat berbahasa arab kepada abah En Kh. Mas Ali Ridho yang intinya meminta beliau untuk menulis terjemah Alfiah. Ketika baru seperempat jalan menjalankan tugas dari Ra Lilur, Mas Ali Ridho berangkat Umroh. beliau lantas menanyakan kepada seorang ulama di Mekkah tentang “arti” perintah Ra Lilur itu. Ulama itu menjawab bahwa itu adalah pertanda bahwa Mas Ali Ridho akan mempunyai putra setelah 8 tahun tidak mempunyai keturunan. Benar saja, tak lama setelah itu Ny.Muthmainnah hamil. Akan tetapi berita gembira ini disimpan rapat-rapat oleh keluarga. Waktu itu Hanya Kh. Abdullah Schal, Ny. Sumtin, dan ummi Mas Ali Ridho yang tahu. Meski begitu, pada bulan ke 4 kehamilan Ny. Mut, Ra Lilur tiba-tiba mengirim air kemasan ke Demangan melalui H. Husni dengan pesan :

” berikan air ini ke kak La (Kh. Abdullah Schal). Minumkanlah kepada putrinya yang hamil itu, minumkan juga pada si bayi jika ia sudah lahir “.

Tentunya Kh. Mas Ali Ridho kaget dan bertanya-tanya bagaimana bisa Ra Lilur tahu berita yang sangat dirahasiakan itu ?

Menurut saya, perintah Ra Lilur kepada Kh. Ali Ridho itu bukan hanya isyarat beliau akan mendapatkan seorang putra. Lebih dari itu Ra Lilur sudah memberikan “kode” bahwa kelak putranya itu akan menjadi seorang penulis hebat. Sekarang terbukti sudah, Sang Putra Muhammad Ismail Al-Ascholy berhasil menjadi seorang penulis produktif yang mempunyai karangan puluhan nadhom dan kitab berbahasa Arab pada usia yang masih sangat muda.

ra lilur asal bangkalan meninggal dunia pada tanggal 10 April 2018* Kepergian Sang Waliyyullah..

” Sebelum beliau wafat apakah beliau pernah mengeluh sakit ? ” tanya saya kepada Hj. Mus, khodim yang menyaksikan detik-detik meninggalnya Ra Lilur..

” tidak.. Pada malam itu bahkan beliau masih sempat bercanda bersama kami.. Beliau meminta kami untuk membaca sholawat. Minimal 100 x ”

Di malam itu Ra Lilur memang tiba-tiba berkata kepada Hj.mus dan keluarganya yang ada di Musholla :

” ayo turun semua.. Sekarang malam terakhir.. Sebagai manusia perbanyaklah membaca sholawat..”

Beliau lalu tidur-tiduran disamping musholla sambil memandang khodimnya dengan senyuman yang begitu indah. Sang khodim tentu heran melihat “gelagat” aneh Ra Lilur itu.

Beliau lalu mengganti pakaiannya , padahal beliau sangat jarang mengganti pakaian di malam hari. Beliau kemudian berkata kepada sang khodim :

” saya mau tidur ya.. Saya jangan ditinggal.. Jangan kemana-mana..”

” Tumben panjenengan minta saya untuk tetap disini yai ? Biasanya njenengan kan meminta saya untuk keluar ketika mau tidur ? ” tanya khodimnya.

Ra Lilur diam tak menjawab. beliau lalu rebahan, menselonjorkan kedua kakinya, bersedekap, menarik nafas dua kali lalu menghembuskannya. Hembusan nafas yang ternyata adalah yang terakhir dari Sang Waliyyullah.

Malam itu, sekitar pukul 22:00, Selasa 24 Rajab 1439 H. tidak ada yang menyangka bahwa Ra Lilur wafat. Beliau akhirnya benar-benar “tidur” dan meninggalkan dunia untuk selama-selamanya. setelah sepanjang hidupnya beliau telah berjuang untuk menjauhi dan meninggalkan gemerlap dunia dengan hati, prilaku dan fikirannya.

Sebuah akhir yang tidak “mengejutkan” untuk sosok seperti beliau. Akhir yang Begitu indah tanpa rasa sakit seakan beliau memang benar-benar berpamitan untuk tidur dan beristirahat sejenak.

Setahun setelah kepergianmu.. Mudah-mudahan kami masih bisa meniti jejak-jejak luhur yang kau tinggalkan untuk kami disini..kami Hanya berharap, dengan cinta yang setetes ini, pendosa seperti kami kelak masih bisa dipertemukan dan dikumpulkan bersama golongan-mu para kekasih Allah disana.

Sekali lagi, Allah Yarhamak Ya Siidi.. Wa Yuqoddis Sirrak..

Sumber : WAG

Tinggalkan Balasan