Advertisements

Serunya Merakit Robot Sederhana Bernama Rina

Serunya Merakit Robot Sederhana Bernama Rina. Hari Minggu pagi Sakti pergi ke acara yang bernama playdate robotik yang diselenggarakan oleh rumbel IP (Rumah Belajar Ibu Profesional) Surabaya. Kami berangkat jam delapan lebih lima menit, sebelum acara kami mampir dulu membeli baterai, sesampainya di lokasi acara kami menunaikan sholat duha kemudian menuju ke lantai dua al ummah. Acara yang dihadiri lebih dari 40 anak-anak dari jenjang AUD hingga kelas empat SD ini menghadirkan narasumber dari Kokaro (Komunitas Kampung Robot) Sidoarjo.

Adapun Rundown Acara Playdate Robotik:

đź“ŚMinggu, 28 April 2019

Ruang serbaguna TK Al ummah Lt 2 TKIT Al Ummah Jl Tanjungwira VI GKB Gresik

⏰📌08.00 sd 10.30 on time value.

08.00 sd 08.30 ice breaking dan pembukaan

Mc : Bunda Hairia

Pembukaan oleh ketua rumbel Bunda Anik Dwi

08.30 sd 10.30 Mulai workshop robotik

  1. Pengenalan robotik
  2. Demo jenis-jenis robot
  3. Merakit robot

10.45 Penutupan dan acara selesai

Bagi peserta yang berusia di bawah tujuh tahun anak-anak didampingi oleh orangtuanya. Seru dan antusiasme anak-anak begitu nampak saat narasumber memutarkan beberapa video pendek robot sederhana. Mulai dari robot yang bisa bergerak menari, robot pengikut garis  dengan sinyal mencari jalan keluar sendiri, lalu robot tikus. Robot ini apabila bagian alisnya terkena objek akan belok dengan sendirinya. Adapula robot  dengan design untuk sepak bola.  Sedangkan robot yang dibuat pada pagi ini adalah robot Rina. Mengapa dinamakan Rina? Karena Rina merupakan akronim dari Robot Penari Sederhana.

Sebelum memulai merakit robot. Narasumber membagikan kit robot yang dikemas dalam box plastik transparan. Narasumber menjelaskan komponen-komponen yang sudah dipegang oleh masing-masing peserta. Ada komponen yang bernama breadboard, yaitu bentuknya seperti papan blok lego yang berlubang-lubang kecil. Fungsinya sebagai penampang untuk meletakkan komponen-komponen penghubung robot. Ada juga komponen yang bernama transistor. Semua komponen robot tersebut bisa dengan mudah didapatkan dengan membeli di toko-toko elektronik.

Berikutnya anak-anak sudah mulai diajak untuk merakit robot bertahap. Baterai sebagai pelengkap agar robot bisa diaktifkan juga diperlukan. Robot Rina ini akan bisa bergerak menari apabila terkena cahaya. Nah kawan, ini keseruan ananda Sakti di hari Minggu. Tak hanya mengenal robot dan tau cara merakitnya, di playdate robotic bersama Rumbel IP Surabaya kami juga dapat bonus silaturrahim mendapat kawan baru dan menambah paseduluran. Kegiatan posiitif bermakna seperti ini mampu melatih motorik halus anak melalui merakit komponen robot, juga melatih anak untuk bersabar dengan satu per satu merakit bagian-bagian robot hingga robot bisa diaktifkan. Pendampingan orangtua juga menambah nilai positif bagi anak untuk memberikan apresiasi atas hasil karyanya sendiri. Bagi para orangtua, update dan isi kegiatan bermakna untuk anak-anak kita. Jangan sampai mereka menghabiskan hari libur mereka tanpa makna.

Kamu hari Minggu pasti juga mengisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan penuh makna tentunya. Sampai bertemu di waktu dan kondisi yang lebih baik lagi. Salam generasi tangguh. (nra)

#liburanbermakna

#mingguseru

#playdaterobotic

#rumahbelajar

#ibuprofesional

 

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 28 April 2019, in anakkita, Catatan Sakti, inspiring, Tanpa kategori and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: