Advertisements

Tanamkan Rasa Syukur Sejak Dini kepada Anak

Tanamkan Rasa Syukur Sejak Dini kepada Anak. Bersyukur adalah nilai dasar yang sangat penting bagi pertumbuhan mental anak, terutama untuk membentuk karakter unggul. Oleh karenanya orangtua sebaiknya menanamkan rasa syukur sejak belia kepada anak-anaknya. Jika seseorang mensyukuri hidupnya, maka sekurangnya ada empat hal yang terjadi pada dirinya.

mencari keberkahan hidup

Berikut efek positif bersyukur:

  1. Syukur membuat hidup terasa sangat berharga. Karena setiap detik nafas kita penuh dengan nikmat.
  2. Sikap syukur mendorong anak untuk senantiasa semangat.
  3. Syukur yang sudah menjadi karakter akan membentuk sikap optimis dalam berjuang dan menatap masa depan.Orang yang bersyukur mampu melihat sekaligus merasakan limpahan nikmat di saat yang paling sulit sekalipun. Sementara orang lain sulit melihat masa depan bahkan di saat mereka memperoleh banyak kemudahan dan kenikmatan.
  4. Rasa syukur yang kuat menjadikan anak menerima dirinya sendiri secara positif. Hal ini penting bagi proses pembentukan konsep diri yang baik.

Yuk para orangtua mulai saat ini, dari diri sendiri kita tanamkan nilai-nilai dasar yakni bersyukur kepada Allah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji, agar anak-anak kita menjadi orang yang memiliki kepribadian kuat. Serta perlunya orangtua menanamkan prinsip hidup, orientasi  hidup dan visi besar, tentunya seluruhnya bermuara hanya kepada Allah Ta’alla

 

(di ringkas dari buku: Segenggam Iman untuk Anak Kita, M. Faudzil Adhim

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 2 March 2019, in anakkita, inspiring and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: