Skip to main content

Tunaikan Hak Anak (1)

Tunaikan Hak Anak (1)

Tunaikan Hak Anak (1). Hak anak banyak sekali, dan Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalaam dan para sahabat pun memberi contoh bagaimana bersikap dalam menghadapi anak-anak dan apa yang harus ditunaikan hak-haknya.

Contohnya adalah Rasulullaah shalallaahu “alaihi wassalam pernah meminta izin kepada anak kecil yang ada di sebelah kanannya untuk mengalah dari hak minum guna memberikannya terlebih dahulu kepada orang dewasa yang ada di sebelah kiri Rasulullaah. Namun, anak tersebut ternyata tidak ingin orang lain mendahuluinya meminum air sisa Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalam itu. Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalaam pun kemudian memberikan minuman itu kepada si anak. Dan si anak pun merasa nyaman dalam menikmati haknya.

Kisahnya secara lengkap sebagai berikut :

Sahl bin Sa’ad As-Sa’idi meriwayatkan bahwa Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalam diberi minuman. Kemudian beliau meminumnya, sementara di sebelah kanan beliau ada seorang anak laki-laki dan di sebelah kiri beliau orang-orang yang sudah tua. Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalaam bertanya kepada anak itu, “Apakah kamu mengizinkan aku untuk memberi mereka (yang tua-tua) terlebih dahulu?” Si anak menjawab, “Tidak, demi Allaah, aku tidak akan memberikan hakku darimu kepada siapa pun.”

Dari kisah diatas, kita mendapatkan beberapa hikmah, diantaranya adalah :

  1. Setiap ada hak anak, kita bertanya terlebih dahulu kepada si anak, dan menunggu jawabannya.
  2. Mengajak anak untuk berdiskusi
  3. Memberikan anak mengemukakan pendapatnya
  4. Menghargai apa pun keputusan sang anak
  5. Membuat anak nyaman
  6. Membuat anak merasa di hargai
  7. Membuat anak memiliki rasa percaya diri

Begitu banyak hikmah dari sebuah kisah Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalaam dengan seorang anak.

Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalaam adalah sebaik-baik contoh teladan hidup yang kita dapat mengikuti bagaimana kita bertingkah laku.

 

Mari ayah bunda, kita sama-sama belajar menghargai dan menunaikan hak anak-anak kita seperti yang dicontohkan Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalaam.

-Nura Maya S-

#MuhammadSAWTeladanku

#SirahNabawiyah

#TeladanUmat #TeladanRasul

#SpiritNabawiyahCommunity

#HakAnak #ContohTeladan

#Belajar

Tinggalkan Balasan