Advertisements

Ada apa dengan angka 13 ?

Ada apa dengan angka 13 ?. Coba lihat disekitar kita biasanya habis angka 12 langsung lompat ke 14. Ataupun kalau ada angka 13 maka secara urutan akan diganti dengan 12.a . Coba perhatikan di pesawat atau gedung bertingkat hampir sebagian besar tidak ada angka 13. Memang sih ada mitos, rumor dan kepercayaan tentang angka 13. Ada apa dengan angka 13 ? 

Ada apa dengan angka 13 ?Hal serupa juga dialami KHS ketika beberapa waktu lalu berobat di Puskesmas dekat rumah. Berhubung sakitnya janjian dengan ibu negara maka KHS mengambil 2 nomor antrian sebagaimana pesan yang tertempel dikaca. Ternyata ada 2 nomor yang KHS ambil yakni 12 dan 14. Kemanakah angka 13 ? Awalnya KHS positif thinking dengan mengira mungkin sudah ada yang ambil nomor antrian tersebut. Namun semua sirna ketika petugas memanggil urutan 12 dan 14 secara berurutan. Ada apa dengan angka 13 ?

Angka 13 muridnya dipercaya sebagai angka keramat, sial, menyeramkan, ketakutan dan keburukan. Entah siapa yang memulai rumor ini namun beberapa film horor di Indonesia menggunakan judul tersebut seperti Lantai 13 dan Bangsal 13. Parahnya tanggal 13 selalu dihindari untuk tanggal pernikahan di Indonesia. Semua karena ketakutan akan mitos angka 13 diatas.

Mengutip laman lifestyle.kompas.com (15/4/2018), Dilihat dari sisi ilmiah, ketakutan pada angka 13 ini dikenal dengan sebutan triskaidekaphobia. Walaupun fobia semacam ini jarang terjadi, sekitar 9 sampai 10 persen orang Amerika telah menderita fobia ini. Mereka yang mengalami triskaidekaphobia ini biasanya merasa tak nyaman dengan angka 13.

Dilansir dari laman reader diggest, ketakutan mengenai angka 13 ini berasal dari salah satu isi alkitab yang menyebutkan bahwa ada 13 orang yang ikut serta dalam perjamuan terakhir. Dan orang ketiga belas yang hadir dalam perjamuan terakhir adalah Yudas Iskariot, yang menghianati Yesus.

Sedangkan dalam mitologi nordik, meja nomor 13 terbukti tidak beruntung. Menurut salah satu mitos tersebut, 12 dewa utama sedang makan bersama dengan damai sampai dewa perusak yang bernama Loki muncul. Dewa Loki –yang dikenal sebagai penjahat dalam film Thor dan Avengers — membawa kekacauan dan kematian.

Menurut pakar matematika dan ilmuwan, tidak ada masalah sebenarnya dengan angka 13. Namun karena angka 13 dekat dengan angka 12, itulah yang membuatnya terlihat buruk.

Dilansir dalam laman history, pakar matematika dan ilmuwan beranggapan bahwa nomor 12 adalah angka “sempurna” dalam peradaban kuno.

Bangsa Sumeria kuno mengembangkan sistem angka berdasarkan penggunaan angka 12 yang masih dipakai mengukur waktu hingga saat ini, misalnya dalam kalender terdapat 12 bulan dan pengukuran jam juga sampai pada angka 12. Oleh karena itu, banyak orang yang berpikir bahwa 13 adalah angka buruk karena terlewat dari angka sempurna.

Dan kita tahu bersama mitos mengenai angka keramat no 13 itu masih bertahan dan dipelihara hingga abad 21 ini.

Brosis ada pengalaman dengan angka 13 dapat dibagikan dimari.

Maturnuwun

Baca juga :
[display-post tag = misteri]

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 24 April 2018, in Mistis and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. do’a orang banyak akan dikabulkan. jadi hindari atau jangan sebarkan jika mengalami sesuatu yg diyakini orang banyak merupakan hal buruk.
    misal hindari menbrak kucing dan jangan cerita kesiapapun, dan jika ada saksi mata yg melihat pastikan tidak memicu saksi untuk mendoakan hal buruk dg cara bertanggung jawab.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: