Advertisements

Percaya gak percaya, Uang seratus ribu dan lima puluh ribu hilang di celengan. Di embat tuyul?

Percaya gak percaya, Uang seratus ribu dan lima puluh ribu hilang di celengan. Di embat tuyul?  Punya celengan di rumah itu memang kebiasaan yang patut dipertahankan. Inginnya berhemat sehingga suatu saat bisa surprise dari isi celengan. Namun ternyata uang yang dicelengi selama ini ada yang ngembat tanpa merusak bentuk celengan. Benarkah ulah usil tuyul peliharaan orang?…hehehe. Aduh dekk….

Bagi beberapa orang menabung uang dengan celengan dirumah lebih nyaman dan gak ribeti. Jenis celengan ini beragam ada yang berasal dari tanah liat, kardus, botol, plastik, umplung bahkan selonjor bambu. Bentuknya pun beragam mulai dari hewan, kotak, bulat atau yang lainnya. Anehnya ketika uang tertentu hilang, bentuk dari celengan tersebut tidak berubah alias seperti sedia kala.

Warganet Kaka Asticha membagikan pengalamannya saat membongkar celengan dirumahnya dimana uang dengan nominal Rp.100.000 dan Rp.50.000 menguap entah kemana. “Astaghfirloh. Percaya ga percaya. Semalem lihat yg share uang d celengan nominal 100 dan 50 hilang gitu aja posisi celengan masih utuh, baca juga d komenan banyak juga yg ngalamin kejadian serupa. Hari ini pengen buktiin bener apa engga. Daan inallillahii, ternyataa benerr kejadian sama saya sndrii, bongkar clngan karna penasaran, eh iyah nominal 100 dan 50 nya gda sama sekalii 😮 pdhal ingeett bgt brp kali masukin uang gocap n cepe , ih sambil merinding ini ” ujarnya sambil menambahkan 2 foto baru. Unggahan pada hari kamis, 4 Januari 2018 di Facebook tersebut telah ditanggapi ribuan warganet di tanah air.

Pengalaman warganet yang merasa kehilangan uang yang mungkin diembat oleh tuyul diatas.

Aan Komaruzaman
Kejadian nya sama Ama sepupu saya… Nabungin dr abis lebaran idul Fitri 2016 Ampe Mao ketemu puasa 2017 klo di itung2 dicampur Ama duit anak nya ada sekitar 5jutaan dicelengan jenis kaleng… Tp itu kaleng sedikit juga gak ada bekas congkelan benda tumpul masih mulus layak nya beli celengan baru… Kejadian uang nya ilang dicelengan pas banget suami nya lagi butuh buat bayar pajak motor… Nah disitu dah ketahuan nya pas di bongkar celengan nya cuma ada sisa duit 300ribu#sisa yg didalam celengan cuma 50an 20an gocengan cebanan… Ampe skrg saya kaga ngarti yg nyolong siapa itu duit…

Bilqis Assiyfa Rosada
Sy gak percaya sih masih ada tuyul22 gt.. Tapi saya sering ngalamin uang sy ilang d dompet.. Yg ilng sllu nominal 100rban.. Krna keseringan hilng smpe2 sy catet brapa jumlah uang d dlm dompet itu.. Tp ttp aja hilng 100rban.. Padahl naruh.a d lemarii yg gak pernah d buka.. Konci.a sllu sy bwa kmna22..

Bunga Midwife
Sy jg prnh ngalamin ‘ mksud hati mnabung krn mau byar hutang’ passs dibuka kok uang 50 n 100 nya hlng’ yg trtinggal cman receh’ 2000″ 5000″20000 dan 10000 , n bkan cmn z yg ngalamin tmen kos ku jg ngalamink mkax Trauma mau nabung di celengan

Susy Andreas
Pernah ngalamin .. ratusan rb yang ilang.. ya Allah siapa yang ngambil cobak? Skrg wes jarang nabung dirumah mending ikut arisan / tabung di bank

Arini Yusintha
Sama dl prh kjdian d rmh mertua pas anak saya buka celengan uang 50 sm 100anx ilang smp slh faham sm ade ifar krn dy mm g trll suka sm saya d kira dy malinkx terxt bkn

Monna Raysha
Ini teejadi pada anakku yg 10 rb ke bawah gk di ambil yg 50/100 ilang pdhl putriku kl masukin di catat di diare harianya

Iik Liana Bunda Ewi
Kejadian sm sperti sya styp bulan sya clengin 200rbu.sthun sdah pensaran pngen bongkar krna ada yg blng jgn clengin uang dclengan tanah. Eh bner uangku yg shrusnya ada kli 3jta lenyap smw yg sisa cmn 2000an kertas jlek 2,200an rupiah2 sma 100an rupiah2.

Adibah Alzahira
Sy jg pernh ngalamin uang nya 100rb an smua hrs nya bs total 12jt tp hilang sekitar 6jt nya setiap hri rajin masukin tau2 gk ada separuh serem jg y jd kapok dh nyelengin yg gede skrng klo naruh receh aj hehe utuh smpai di buka nya

Ananda Putra Ramadhani
Aku pernah nabung dlm celengan pada hal celengan dalam nya udah saya masukin kertas bertuliskan asma allah dan tulisan alquran tapi tetep aja uang kertas dalam celengan pada hilang padahal seingat aku ada nominal 20 rb ada 50 rb kira” hampir 800 rbu uang kertasnya tp setelah saya buka tinggal uang koin 72 ribu sama uang 7 ribu yg saya masukin sore nya…

Tips biar uang tidak diambil tuyul meskipun bisa jadi bukan sebuah jaminan uang akan aman. Namun setidaknya mantemans sudah berusaha ‘membentengi’ uang celengan agar terhindar dari pencurian.

Ummu Aisyah
Cobain baca ta’awudz dan al fatehah terus tiupin di uangnya sebelum dimasukan hitungan ganjil, kalo ngga ya 3 kali. Aku juga beberapa kali ngalamin nyimpen di tas, dompet atau lemari begitu, , , terus sekarang aku kalo nyimpen diitung, ditulis di kertas dikaretin sama kertasnya, biar jelas nominalnya, bacain ta’awudz dan alfatehah, tiupin, , , alhamdulillah kl begini aman kalo saya.

Hamidah Nuraini Zuarsyah
Itu udah kisah lama bund sering kejadian..
Celengannya yg dari tanah ya bund??
Entah mitos atau fitnah, tapi rata2 yg celengan tanah emg uangnya yg nominal besar selalu raib..
Saya waktu masih sekolah punya temen yg rumahnya di daerah penghasil celengan tanah, ‘katanya’ dia kalo nabung ga pernah di celengan gitu, suka di celengan plastik biasa atau bikin sendiri, katanya rata2 banyak pengrajin curang yg pake ilmu hitam celengannya di kasih semacam kayak ilmu2 hitam gitu, uang nominal besar bakalan kesedot dan pindah ke tempat si pengrajin itu..
Entah ya aku gamau fitnah cuma semenjak denger itu gapernah mau nabung di celengan tanah, selalu bikin sendiri pake ember bekas cet, kaleng biskuit atau benda lainnya .. Eh iya itu pernah di alami ibu mertuaku, pake celengan tanah bentuknya ayam emg masih ada nominal 50 dan 100 tapi jadi tinggal 2 lembar, pdhal menurut beliau tiap hari karna bapa mertua gajiannya tiap hari nabungnya selalu besar..

Fatiah Nur
Saya percaya saja…krn sy pernah mengalaminya…
Uang dagangan yg stiap hr dihitung baik baik…hampir stiap hr berkurang kdg 50-100 bahkan shari smp 200 jg pernah..dan itu berjalan lama…
Sy pertahankan…tp ahirnya warung sy bangkrut krn uang modal berkurang trus…giliran mau buat modal belanja lg slalu kuran alhasil warung sy pun tutup total
Dan sbnrnya…kl masalah tuyul..rata rata sbg warga th siapa pemilik tuyul krn bnyk desas desus sana sini…tp krn tuyul hal ghoib (tdk trlihat) kita tdk bs membuktikan..wl th siapa pemiliknya

Sy bnr bnr trauma kl megang uang bnyk drmh…skrg kl pny uang brpa pun slalu sy hitung..
sekiranya pny uang bnyk lbh baik masukan bank…kita simpan seperlunya sj
Krn kl di bank..tuyul gak mgkin bs ngambil…

Dan…biasanya yg sy th…stiap desa pst ada aja org yg pny tuyul…
Kl desa kita gak da tuyul…ya tetangga desa…

Jd hati hati…lbh aman nyimpan uang di bank..jgn drumah kl uang dgn jumlah besar

Maria Susanti
Maap maap nihh yaa..maap maap banget…itu celengannya jenis apa yaa?celengan ayam apa celengan plastik?
Soalnya dulu pernah denger…kalo kita nyelengin pake celengan ayam yang dati tanah liat..katanya..celengannya itu udah dibaca2in sama yg bikin…jadi pas kita naro duit yg gede2..duitnya diambil ama yg bikin…tapi gak tau bener apa gak…
Soalnya dulu ada tetangga pake celengan ayam…pas di pecahin..tinggal duit recehnya aja..

Uswah Cibiku
Celengny kasih kertas tulisn ayat kursi sm rambut masukn kedlm…abis masukin duit jngn lupa bungkus celengn dngn plastik karetin

Sementara ada warganet lain yang tidak percaya dengan kejadian diatas. “Saya jg prnh sudah lm menabung tpi g penuh2 tuh celengan setelah saya selidiki usut punya usut wktu mlm hri saya intip tuh celengan ternyata eh ternyata duit pd kluar krna di congkeli adik saya sama lidi………oh jd ini penyebabyna hadeeeehhhh ” canda Bayu ZheriZawa VooVhee.

Well, semua kembali kepada pengalaman personal masing-masing mengenai kejadian ini. Semoga menjadi pengingat agar jangan lupa untuk berbagi rejeki dengan sesama meskipun dalam keadaan susah atau senang. Yang kecurian belum berarti Anda pelit dan begitupun sebaliknya karena semua musibah kita tidak tahu kapan terjadinya.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

 

 

 

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 7 January 2018, in Mistis and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Ada tips kecil mas mbak soal nabung di celengan dr nenek dulu.. moga bisa membantu ngurangi resah gelisah rekan sekalian.. kata nenek saya klo nabung di celengan masukin juga potongan sapu lidi yg udah dipatahin kecil2 sesuai ukuran lubang celengan yg kecil.. tuyul plg takut ama sapu lidi katanya.. seblum dimsukkan potongan lidi tadi dibacakan didepan mulut doa singkat sperti ” aku berlindung kepada Allah dr semua gangguan setan Allahhuakbar ” udah trus masukin deh.. tujuanx agar kita gak musyrik percaya sapu lidi tp hanya kepada Allah.. lidi hanyalah media semata aja… smoga bisa mbantu kurangi gelisah mas mbak skalian..

    Like

  2. Kurang sodaqoh itu، karena harta dan segalanya adalah bukan milik kita.
    Hati hati, karena bisa menjadi syirik, seperti memasukkan kertas bertuliskan nama Allah kedalam celengan.
    Allah maha memiliki, dan dia juga akan mengambil kembali

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: