Advertisements

Kisaran besaran SPP untuk SMA dan SMK di Jawa Timur tahun 2017

Inilah daftar Kisaran besaran SPP untuk SMA dan SMK di Jawa Timur tahun 2017. Hal ini menyusul pelimpahan kewenangan SMA/SMK ke tingkat provinsi sebagaimana amanat UU . Tahun sebelumnya ketika masih dikelola oleh Kabupaten/Kota terdapat beberapa yang gratis alias tidak berbayar namun pada tahun 2017 akan diterapkan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tersebut. Berapa besarannya SPP untuk SMA dan SMK di Jawa Timur?

kisaran-biaya-spp-sma-dan-smk-di-jawa-timur-tahun-2017

Penarikan SPP dilakukan melalui kajian yang berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 66 tahun 2010 pasal 58 H ayat 2. Tentang kewenangan dan kemampuan masing-masing menanggung biaya investasi, operasional, beasiswa atau biaya pendidikan bagi satuan pendidikan dalam pendidikan formal.

“Penerapan adanya SPP bagi siswa SMA/SMK ini akan diperkuat dengan surat edaran (SE) Gubernur Jatim. Sekarang masih proses, sebentar lagi SE akan selesai,” kata Kepala Dindik Jatim, Saiful Rachman, Jumat (30/12/2016) sebagaimana diberitakan oleh beritajatim.com. Selanjutnya untuk menentukan besaran SPP, akan dilakukan pembehasan khusus dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Penarikan biaya SPP ini untuk membantu biaya operasional sekolah yang termaktub dalam rencana kerja sekolah (RKS). Dalam merumuskan RKS pPihak sekolah yakni kepala sekolah dan guru harus duduk bersama dengan komite sekolah atau orang tua.

Informasi yang dihimpun dari surya.co.id (3/1), menyebutkan besaran SPP di masing-masing daerah di Jawa Timur akan berbeda. Namun, bocorannya iuran bulanan itu paling tinggi tetap di Kota Surabaya. Besaran SPP per tahun setiap siswa adalah Rp 3 juta per tahun. Artinya, setiap bulan siswa harus membayar Rp 250.000.

Selain merumuskan besaran SPP yang akan berlaku di Surabaya, kota, dan daerah lain juga diputuskan. Bocorannya paling rendah SPP ada di Kabupaten Sumenep. Besaran SPP selama 12 bulan di Kabupaten ini adalah Rp 500.000 per tahun. Informasinya bahwa SPP tidak berlaku bagi keluarga miskin.

Namun lebih pastinya kita menunggu surat edaran dari Gubernur Jawa Timur mengenai besaran SPP di masing-masing wilayah. Besar kecilnya tentu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing daerah dalam menjalankan roda pendidikannya. Semoga biaya pendidikan tidak mahal sehingga hak dasar ini bisa dinikmati setiap warga negara tanpa terkecuali.

baca juga:

[disply-posts tag=jawa-timur]

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 4 January 2017, in justinpoh and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: