Skip to main content

Bahagia Olahraga Berikut 8 Manfaat Berenang untuk Perempuan, Cek Nomer Dua

KHSblog.net- Bahagia Olahraga Berikut 8 Manfaat Berenang untuk Perempuan, Cek Nomer Dua. “Mu’min yang kuat lebih aku cintai daripada mu’min yang lemah.” (H.R. Muslim). Alhamdulillah, bersyukur bagi Anda yang masih bisa menjadwalkan asupan jasmani agar bugar. Menyeimbangkan aktivitas sehari-hari dengan tetap menjaga kondisi jasmani agar senantiasa segar. Lelah dan penat pudar. Terobati dengan olahraga renang sesuai jadwal kopdar.

Salah satu karakter pribadi muslim adalah kuat jasmani. Tak mudah berlelah diri. Saat panggilan kebaikan datang siap untuk menekuni. Pandai memenuhi hak jasmani. Memberikan hak fisik untuk dijaga dengan menunaikan olahraga yang diingini. Masihkah beralasan tak ada waktu untuk kewajiban yang satu ini? Sholat, puasa butuh asupan fisik yang mumpuni. Ibadah optimal saat hak jasmani dipenuhi.

Berenang adalah salah satu anjuran Rasulullah. Karena olah raga ini multi faedah. Motorik kasar terasah. Menurunkan tekanan darah. Juga mengendalikan kadar gula darah. Meredakan stres serta resah.

Nah, berikut ini beragam manfaat berenang untuk perempuan, diambil dari beberapa sumber tulisan dan penelitian. Yuk simak sampai habis ya.

  1. Mengurangi resiko kanker payudara (Cancer Reseacrh Center Seattle AS)

Manfaat berenang untuk perempuan akan berdampak positif pada payudara. Seseorang yang memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga harus hati-hati. Karena penyakit ganas tersebut ternyata bisa menyerang perempuan dengan riwayat kanker di keluarganya.

Resiko kanker payudara ini bisa dikurangi dengan rajin berenang. Sebuah pusat penelitian kanker di Seattle, Amerika melakukan studi di tahun 2003. Hasilnya, perempuan yang rajin melakukan renang, bisa menurunkan resiko kanker payudara sebanyak 20%. Jadi, untuk para perempuan, sebaiknya melakukan renang sebanyak 5 kali dalam seminggu untuk menghindari penyakit kanker ini.

  1. Aman bagi ibu hamil dan bisa memperkuat rahim

Ternyata, renang tidak hanya memberikan manfaat bagi perempuan muda, tapi juga ibu hamil. Masa kehamilan adalah masa yang rentan bagi perempuan karena adanya perubahan dalam tubuh. Tak sedikit juga ibu hamil yang mengalami pembengkakan karena kurangnya pergerakan tubuh.

Untuk mencegah pembengkakan pada tubuh, khususnya kaki, maka ibu hamil disarankan untuk berenang. Ketika berenang, otot kaki dan otot tubuh lainnya bergerak dalam air sehingga menjadi lebih lentur.

Berenang juga bisa meningkatkan kekuatan otot pada panggul dan rahim. Ketika otot pada panggul sudah kuat, maka persalinan pun bisa dilakukan dengan lancar. Jadi, ibu hamil harus rajin melakukan olahraga ini demi persalinan yang lancar.

  1. Melancarkan sirkulasi darah dan baik untuk anti aging

Sebuah riset menunjukkan bahwa wanita  yang rutin berenang selama 12 minggu bisa mendapatkan oksigen 10% lebih banyak. Tidak hanya konsumsi oksigen yang naik, tapi juga kekuatan jantung. Setiap detakan jantung bisa menghasilkan 18% darah lebih banyak. Kekuatan jantung yang bisa memompa darah lebih banyak ini adalah hasil dari olahraga berenang.

  1. Booster energi setelah sibuk dengan urusan domestik rumah/pekerjaan

Kesibukan beraktivitas domestik setiap hari menyebabkan lelah fisik, lelah hati dan lelah pikiran. Menyelesaikan target pekerjaan setiap hari ini tentunya dialami setiap orang. Terutama perempuan yang kesibukannya sering di rumah. Maka diperlukan booster energi untuk memperbaharuinya. Renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh sehingga membuat Anda lebih rileks.

Selain itu, saat aktif berolahraga, otak juga akan melepaskan bahan kimia tertentu, seperti endorfin, dopamin, dan serotonin, yang bisa menurunkan kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

  1. Mengurangi resiko osteoporosis

Osteoporosis lebih banyak menyerang perempuan dibandingkan kaum pria. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan di Amerika. Rentannya tulang perempuan terkena osteoporosis dikarenakan kurangnya kalsium dan kurang berolahraga.

Bucknell University Athletic Department di Amerika Serikat menyarankan perempuan agar melakukan olahraga renang untuk mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan berenang bisa menguatkan sendi dan otot tubuh. Jika sendi dan otot tubuh sudah kuat, maka osteoporosis pada tulang bisa diminimalisir.

Nah, jadi tidak perlu khawatir lagi ya ladies, karena manfaat berenang untuk perempuan sangatlah banyak termasuk mencegah kelainan tulang.

  1. Sarana me-time dan baik untuk kesehatan mental

Manfaat berenang untuk wanita, selain memberikan manfaat dari segi fisik, renang juga bisa merilekskan pikiran dan tubuh. Ketika tubuh masuk ke dalam air, maka perasaan akan menjadi lebih tenang. Beberapa penelitian mengeluarkan klaim bahwa berenang adalah cara untuk menjernihkan perasaan dan pikiran.

Dengan rutin berenang, seseorang juga akan memiliki pikiran yang positif serta percaya diri yang tinggi. Sangat bermanfaat jika kita ingin menghilangkan stress dan penat. Atau ketika lelah setelah beraktivitas seharian, maka renang bisa menjadi alternatif yang sempurna. Me-time olaharaga berenang yang tak hanya sehat namun juga saling melepas cerita dengan sahabat.

  1. Membantu mengatasi Gangguan Tidur

Orang yang sering mengalami gangguan tidur insomnia, dapat merasakan manfaat renang bagi tubuh jika melakukannya secara rutin. Berenang dikatakan bisa meningkatkan kualitas tidur mereka.

  1. Melatih seluruh tubuh

Ketika berenang, kita akan menggunakan hampir seluruh otot utama tubuh. Mulai dari lengan, kaki, hingga perut.

Berenang membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Saat bersentuhan dengan air hati menjadi senang. Jangan sendirian berenang. Ajak keluarga, kawan agar mereka ikut sehat dan riang. Yuk berenang. ***

Tinggalkan Balasan