Skip to main content

Dua Belas Aktivitas yang Wajib Dilakukan Setiap Hari, Nomer Satu Receh Banget

KHSblog.net- Dua Belas Aktivitas yang Wajib Dilakukan Setiap Hari, Nomer Satu Receh Banget. Ada dua belas aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari dari belajar mengikuti kelas berbenah sadis. Kelas ini sudah hampir 4 tahun berlalu. Selama 25 hari. Mulai 14 Agustus sampai dengan 7 September 2020. Alhamdulillah masih konsisten menjaga dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Rika Subana sebagai founder kelas ini mengajak peserta mengubah mindset bahwa berbenah itu mudah dan menyenangkan.

Karena sebenarnya ketika kita tahu dan paham ilmunya maka berbenah tak sesulit yang dibayangkan. Justru pasca ikut kelas ini mindset beralih kian bahagia. Bahagia menikmati dan melihat rumah bersih, nyaman dan rapi.

Rika Subana dalam Kelas Berbenah Sadis ini mengajarkan membentuk kebiasaan berbenah yaitu ada pekerjaan domestik yang wajib setiap hari dilakukan para peserta. Pekerjaan-pekerjaan yang akan menjadi kebiasaan baru yang positif dalam berbenah rumah. Nah berikut ini dua belas aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari. Simak sampai selesai ya.

  1. Merapikan Tempat Tidur

Jika bisa memulai hari dengan merapikan tempat tidur, peluang untuk bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya akan semakin besar. Merapikan tempat tidur ini termasuk pekerjaan domestik yang receh. Sebenarnya gampang dikerjakan namun banyak orang yang menyepelekannya.

Jika kita bisa menaklukkan sebuah pekerjaan kecil, kita akan bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar. Berapa lama waktu untuk merapikan kasur? Target waktunya tiga menit saja. Kok bentar banget? Tenang. Lakukan saja dulu. Saat di awal-awal masih belum mencapai target waktunya, selalu ada waktu untuk memperbaikinya.

  1. Mencuci Perlengkapan Makan, Perlengkapan Masak, Perlengkapan Membuat Kue

Ini merupakan pekerjaan rutin yang sebaiknya tidak pernah ditunda. Minimal kita melakukannya dua kali sehari. Pagi dan malam. Lebih baik lagi jika mencuci perlengkapan makan, perlengkapan masak, dan perlengkapan membuat kue setiap ada barang yang kotor.

Berdasarkan pengalaman, sekali menunda, semakin malas untuk memulainya. Ujung-ujungnya, semakin menumpuklah peralatan kotor itu dan semakin lama waktu yang diperlukan untuk mencucinya.

  1. Membersihkan Bak Cuci Piring

Setelah mencuci perlengkapan makan, perlengkapan masak, dan perlengkapan membuat kue, biasakan untuk langsung membersihkan bak cuci piring atau wastafel dapur saat itu juga. Sekali lagi, jangan tergoda untuk menundanya. Ini pekerjaan yang bisa dilakukan dengan cepat. Pastikan bak cuci piring bersih dari sisa-sisa makanan, tumpahan minyak, atau lainnya. Jika sulit dibersihkan, gunakan sabun cuci piring ditambah baking soda. Lalu gunakan sponge lembut untuk membersihkannya. Kemudian bilas hingga benar-benar bersih. Waktu yang diperlukan  cukup 1 menit saja.

  1. Mencuci Baju

Pekerjaan domestik yang satu ini sangat melelahkan jika jumlah baju banyak. Jadi, jangan biarkan baju-baju ini beranak pinak, apalagi sampai punya cucu atau cicit. Lakukan setiap hari, maka pekerjaan mencuci menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Kita bisa mencuci manual dengan tangan atau bantuan mesin cuci.

Target waktunya adalah 30-45 menit. Ini tergantung seberapa banyak jumlah baju yang dicuci, merek mesin cuci dan fitur mencuci.

  1. Menjemur Baju

Pekerjaan ini harus segera dilakukan setelah proses mencuci selesai. Pastikan setiap baju tergantung dengan baik. Jemur bagian dalam supaya baju tidak cepat kusam warnanya. Pastikan tidak ada lipatan atau gulungan karena ini akan menjadikan baju kering lebih lama. Target waktunya untuk menjemur baju adalah lima menit saja.

  1. Mengangkat Jemuran

Setelah semua baju kering, segera angkat/ambil dari jemuran. Jangan asal mengambil. Begitu kita mengambilnya, lipat sekadarnya. Yang penting tumpukannya lumayan rapi. Tidak asal-asalan. Ini adalah proses penting jika kita termasuk tim antisetrika. Target waktunya adalah tiga menit.

Bersambung ya…

 

 

Tinggalkan Balasan