Skip to main content

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya Gelar Halal Bihalal dan Peringatan Hari Kartini, Simak Pesan Wali Kota Cak Eri

Khsblog.net- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya Gelar Halal Bihalal dan Peringatan Hari Kartini, Simak Pesan Wali Kota Cak Eri. Suasana Syawal masih mewarnai di banyak instansi dan lembaga, termasuk Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang menggelar Halal Bihalal dan peringatan Hari Kartini pada Ahad,  28 April 2024 bertempat di Gedung Sanggar Mangun Budhaya SMP Negeri 12 Surabaya jalan Ngagel Kebonsari 1 Surabaya.

Sehari sebelum acara diselenggarakan segenap pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya melakukan kegiatan gladi bersih untuk memastikan seluruh persiapan teknis dan rangkaian acara agar berjalan dengan lancar pada hari pelaksanaan.

Acara Halal Bihalal dan Peringatan Hari Kartini yang diinisiasi oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya dihadiri 700 orang ini mengusung tema: Kartini Menginspirasi Generasi Berprestasi, Menjadi Insan yang Berbudi Luhur.

Mengawali acara dibuka dengan tampilan tarian Greget Sawunggaling khas kota Pahlawan yang dipersembahkan dari siswa-siswi SMP Negeri 12 Surabaya dengan formasi enam orang.

Bertepatan juga di bulan April yang diperingati sebagai hari Kartini, acara Halal Bihalal juga diisi dengan menyanyikan secara bersama lagu Ibu Kita Kartini yang dipandu dirigen oleh ibu Marina yaitu guru dari SMP Negeri 57 Surabaya serta diiringi musik organ oleh Bapak Tavip guru musik dari SD Negeri Kedungdoro 5 Surabaya.

Sembari dengan sikap posisi berdiri  hadirin menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini penuh khidmat.

Acara dilanjutkan dengan tampilan samroh dengan 12 personil. Samroh yang bernama Miftakhul Jannah asuhan Dharma Wanita Persatuan Dispendik Kota Surabaya membawakan lagu berjudul Ro’qota’ini, Sholawat Tibbil Qulub, Alamate Anak, dan dilanjutkan dengan lagu berjudul Magadir. Tim Samroh ini diketuai oleh ibu Sutrisno dari pengurus Bidang Sosial Budaya Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

 

Nampak hadir pada kesempatan ini di kursi tamu undangan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Surabaya ibu Agnes Warsiati yang bersebelahan dengan ibu Rahma Irma Suryani Yusuf Masruh selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Usai pra acara tampilan tarian dan samroh, gema Kalam Ilahi mengisi acara berikutnya. Surat Ali Imran ayat 133-136  yang dibacakan oleh Nafis Rafi Achmadi dan sari tilawah M. Ilham Ainur Rohman siswa dari SMP Negeri 29 Surabaya menambah khusyuk acara Halal Bihalal kali ini.

Di tengah-tengah hadirin juga hadir Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, S.T, M.T beserta Rini Indriyani, S. Farm selaku Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Surabaya. Tampak pula hadir dari Sekretaris Daerah (SEKDA) Kota Surabaya bapak Dr. Ikhsan dan ibu Dr. Shinta Setia Ikhsan yang berjalan beriringan memasuki Gedung Sanggar Mangun Budhaya SMP Negeri 12 Surabaya dengan disambut iringan lagu dari tim samroh Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Dengan mengenakan batik sarimbit motif khas Surabaya Cak Eri berserta Ning Rini panggilan akrab keduanya menyapa seluruh hadirin.

Pada sesi bersama Wali Kota Surabaya berserta jajarannya, acara diambil alih oleh protokoler dari Pemerintah Kota Surabaya.

Sesi berikutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Dharma Wanita Persatuan (DWP) masih dipandu dirigen ibu Marina seluruh undangan berdiri sikap sempurna.

Beranjak acara berikutnya yaitu doa yang dipimpin oleh ustad Badar, S.Pd dari SD Negeri Simomulyo Surabaya.

Eri Cahyadi menyampaikan dalam sambutannya diawali dengan doa-doa terbaik untuk kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Bapak Dr Ikhsan (SEKDA) agar senantiasa sehat wal afiat. Kepada para hadirin semoga semua doa-doanya diijabah dan diampuni dosa-dosanya di bulan Syawal.

Pada kesempatan kali ini, Wali Kota Eri Cahyadi mengucapkan, “Segenap jajaran kami menyampaikan Minal Aidzin Wal Fa Idzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.”

“Semoga dengan semangat Ramadhan dan Syawal maka bisa mengantarkan pendidikan di Surabaya bisa lebih baik lagi,” pesan Cak Eri

Selain itu Wali Kota Eri juga menyampaikan arahan untuk seluruh hadirin, “Hormati orang tua, siapa orang tua itu? Pertama orang tua kita, lalu mertua, dan ketiga adalah guru kita. Saat mengucapkan maka lisannya harus dijaga untuk anak didiknya. Karena berkat doa para guru yang mustajabah anak-anak sukses, sholih dan akhlaknya baik.”

“Di hari Kartini ini, dengan tema Kartini Menginspirasi Generasi Berprestasi Menjadi Insan yang Berbudi  Pekerti Luhur, maka sesuai dengan apa yang sudah ditulis oleh Kartini. Kartini dalam bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang. Setiap ‘gelap’ (permasalahan) pasti akan bisa diselesaikan. Geng motor misalnya. Seorang guru dengan cintanya maka akan terbitlah terang. Semangat guru, cintanya guru akan memberikan barokah.” ungkap Wali Kota Eri

“Setiap sujud dan doa yang dipanjatkan, doakan anak-anak kita dijauhkan dari mara bahaya. Dijauhkan dari perilaku negatif. Ada geng motor, ada yang ‘ngelem’, dll. Maka jangan lupa berdoa. Karena doanya guru mustajabah. Maka jangan rasan-rasan dari lisan kita,” sambung Eri

“Seorang wanita adalah paling kuat di dunia ini, karena itu wanita support-nya luar biasa kepada suaminya. Sempatkan sholat duha bagi para guru dan istri guru. Doakan anak-anak memiliki akidah dan akhlak yang kuat, serta jangan lupa lakukan pembiasaan cium tangan kepada guru ” tutur Eri Cahyadi di akhir arahan dan sambutannya pada Halal Bihalal dan Peringatan Hari Kartini pagi ini.

Tak disangka usai sambutan dari Wali Kota, pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyiapkan acara kejutan yaitu memberikan hadiah spesial kepada ibu Rini Indriyani Eri Cahyadi di Peringatan Hari Kartini juga hadiah berupa tampilan puisi dari SD Negeri Dr Soetomo.

Acara inti yang dinantikan para undangan yaitu halal bihalal bersama Wali Kota Surabaya dan jajarannya. Eri Cahayadi, S.T, M.T dan Rini Indriyani, S. Farm, Dr. Ikhsan berserta Dr. Shinta Setia Ikhsan, Yusuf Masruh dan Irma Rahma Suryani Yusuf Masruh naik ke panggung untuk bersalam-salaman dengan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya secara bergantian dengan diiringi lagu bertema lebaran serta musik tradisional kreasi Patrol dari SD Negeri Kaliasin 1 Surabaya.

Tak lupa acara foto bersama Wali Kota menjadi momentum yang istmewa bagi seluruh undangan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Dibantu jepretan kamera dari para wartawan serta foto selfie dari gawai ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan, sesi ini justru paling seru dan paling lama durasinya.

Sekitar pukul 10.30 WIB Wali Kota dan jajarannya berpamitan meninggalkan lokasi Halal Bihalal.

Menjelang akhir acara, dipandu oleh Ibu Sukmo dari Bidang Pendidikan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengumumkan doorpize bagi undangan yang hadir. Hadirin diarahkan untuk mengecek kursi duduk di bagian bawah apakah terdapat tempelan tulisan doorprize untuk selanjutnya ditukarkan souvenir cantik dari panitia.

Acara pengumuman dan pembagian doorpize ini menjadi pamungkas perhelatan Halal Bihalal dan Peringatan Hari Kartini Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya.***

Tinggalkan Balasan