Skip to main content

Semangat Menjemput Ibadah Qurban, Yuk Luruskan Niat

KHSblog.net- Semangat Menjemput Ibadah Qurban, Yuk Luruskan Niat. Sebentar lagi umat muslim akan berjumpa dengan bulan Dzulhijjah. Artinya sebentar lagi pula akan merayakan hari Raya Idhul Adha yang di dalamnya juga ada ibadah qurban.

Qurban (dalam bahasa Arab الأضحية,التضحية) secara harfiah memiliki arti hewan sembelihan. Ibadah qurban (kurban) adalah ibadah menyembelih hewan ternak yang merupakan salah satu bagian dari syiar Islam yang disyariatkan dalam Al Quran.

Ibadah kurban dalam islam dilaksanakan sesuai pada waktu yang sudah ditentukan seperti pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tarsyrik (11,12, dan 13 Dzulhijjah) dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dari ‘Umar bin Al Khottob, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ ، وَإِنَّمَا لاِمْرِئٍ مَا نَوَى ، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا ، فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, mkaa hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.”
(HR. Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907).

Ibadah qurban adalah wujud penghambaan kita kepada Allah ﷻ. Maka niat berqurban haruslah illallah, hanya untuk Allah ﷻ! Bukan untuk yang lainnya.

Maka berhati-hatilah kita dalam menjaga niat. Jangan sampai niat kita dibelokkan oleh syaithan. Jangan sampai kebersihan niat ibadah kita dikotori oleh hal-hal yang tidak semestinya menyertai. Jangan sampai ibadah qurban kita illa content YouTube, illa fulus, illa subscribers, atau illa yang lainnya selain illallah.

Syaithan sangat serius dalam menggoda kita. Seringkali bujukan mereka sangat halus, namun efeknya sangat merusak…! Mereka pantang menyerah…dan mereka profesional dalam merusak niat ibadah kita. Terkadang di awal, niat kita sudah benar. Namun, syaithan tidak menyerah, dan akhirnya mereka berhasil merusak niat kita di tengah atau di akhir proses ibadah.

Godaan syaithan sangat bervariasi, sekaligus sangat merusak. Godaan syaithan bisa kemana-mana. Bisa ke calon shohibul qurban, bisa ke panitia qurban, bisa pula ke para juru sembelih hewan qurban.

Godaan ke  shohibul qurban bisa dalam bentuk menyombongkan, membangga-banggakan, atau bahkan memamerkan ukuran atau keistimewaan hewan qurban yang dipersembahkan.

Godaan ke panitia qurban bisa dalam bentuk membangga-banggakan keberhasilan pelaksanaan qurban atau keberhasilan mengumpulkan hewan qurban yang jumlahnya fantastis.

Godaan ke juru sembelih bisa dalam bentuk memamerkan kemampuan cara menyembelih, atau kehebatan pisau yang dimiliki…bisa menyembelih 100 sapi tanpa diasah lagi, misalnya.

Maka mari kita lebih berhati-hati agar tidak termasuk golongan yang tergelincir oleh bujuk rayu syaithan.

Allahu a’lam bish-showwab

Baca juga:

[display post tag = qurban]

Tinggalkan Balasan