Skip to main content

Belajar dari Orang Jepang Hidup Tanpa Hutang dan Tetap Bisa Nabung, Apa Sih Rahasianya

Khsblog.net- Belajar dari Orang Jepang Hidup Tanpa Hutang dan Tetap Bisa Nabung, Apa Sih Rahasianya. Hidup tanpa hutang dan bisa menabung ini adalah salah satu cita-cita yang setiap orang harapkan. Apalagi di awal tahun 2023, tentunya sejumlah list resolusi dalam setahun ke depan termasuk hidup tanpa hutang dan bisa menabung menjadi targetnya.

Belajar dari Orang Jepang Hidup Tanpa Hutang dan Tetap Bisa Nabung, Apa Sih Rahasianya

Tak hanya orang Jepang yang bisa menerapkan hidup tanpa hutang dan justru malah tetap bisa menabung, kita orang Indonesia dengan segala upaya dan kesungguhan niat pasti juga bisa melakukannya.

Penasaran apa sih rahasia orang Jepang hidup tanpa hutang dan tetap bisa menabung, apa saja  kira-kira yang harus dilakukan? Ada metode keuangan untuk mengelolanya, namanya Kakeibo.

Kakeibo adalah buku rekening rumah tangga yang cukup terkenal dan dilakukan oleh para ibu di Jepang untuk mengelola keuangannya. Kakeibo merupakan buku besar atau catatan keuangan rumah tangga.

Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani.

Nah, bagi kamu yang belum pernah mencoba metode orang Jepang hidup tanpa hutang dan tetap bisa menabung dengan metode Kakeibo ini, wajib diketahui rahasianya.

Di tahun 2017, metode ini kembali dipopulerkan melalui sebuah buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money. Dalam buku ini, Fumiko membagi empat pertanyaan penting yang harus dijawab apabila ingin memiliki kondisi keuangan yang lebih baik:

  1. Berapa banyak uang yang kamu miliki?
  2. Berapa jumlah uang yang ingin kamu simpan?
  3. Seberapa besar dana yang rutin kamu  belanjakan?
  4. Bagaimana kamu bisa meningkatkan uang yang kamu tabung?

Metode Kakeibo ini bertujuan supaya kita memiliki kesadaran emosional untuk setiap pengeluaran yang kita tulis/catat, sehingga ketika nantinya kita dihadapkan kembali pada keputusan untuk mengeluarkan uang untuk hal yang kurang perlu, kita bisa menunda keinginan tersebut.

kejujuran orang jepang dalam menemukan handphone hilangLangkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menerapkan metode kakeibo adalah:

  1. Catat seluruh pemasukan yang kamu terima di awal bulan, baik dari pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan.
  2. Sisihkan uang yang ingin kamu tabung di bulan tersebut.
  3. Alokasikan sisanya ke dalam beberapa pos pengeluaran yang terbagi menjadi empat kategori:
  1. Survival atau kebutuhan pokok seperti biaya makan, tagihan, cicilan, dan kewajiban lainnya.
    1. Optional atau kebutuhan sekunder mencakup hiburan, makan di luar, dan sebagainya.
    2. Culture atau kebutuhan untuk tambah wawasan contohnya buku, film, majalah, dan lain-lain.
    3. Extra atau pengeluaran lainnya seperti kado, perbaikan rumah, pemeliharaan kendaraan bermotor, dan sebagainya.

Walaupun begitu, kamu bisa menyesuaikan sendiri pos-pos pengeluaran di atas sesuai kebutuhan, misalnya dengan membuat pembagian yang lebih spesifik lagi.

  1. Siapkan beberapa amplop untuk menyimpan alokasi dana dari pos-pos pengeluaran tersebut. Kamu bisa memilih amplop dengan warna berbeda, beri nama untuk setiap amplop sesuai tujuan pengeluaran. Jangan lupa untuk mencatat pengeluaran yang kamu lakukan dari setiap amplop.
  2. Di akhir bulan, lakukan evaluasi terhadap aktivitas keuangan yang telah kamu lakukan. Cek amplop atau pos mana yang yang berhasil menghemat banyak dan mana yang menghabiskan lebih dari budget. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa menyesuaikan budgeting untuk di bulan selanjutnya.

Jika seiring berjalannya waktu kamu berhasil menekan pengeluaran dan menghemat lebih banyak uang, berarti kamu berhasil mengimplementasikan kakeibo.

Maturnuwun

baca juga :

Tinggalkan Balasan