Subuh Istimewa dan Buku

Ba’da Subuh dan Buku

Waktu Subuh di dalam ajaran agama Islam begitu istimewa. Banyak sekali keutamaan yang didapat di waktu Subuh. Salah satu keutamannya adalah Rasulullah SAW mendoakan umatnya yang bergegas dalam melaksanakan shalat Subuh, sebagaimana disebutkan dalam suatu hadis, ”Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.” (HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Pada hadis lain Rasulullah SAW bersabda, bahwasanya orang yang shalat Subuh akan dijamin oleh Allah. ”Siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari shalat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka.” (HR Muslim).

Waktu Subuh adalah waktu yang paling baik untuk mendapatkan rahmat dan ridha Allah. Allah SWT berfirman, ”Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS al-Kahfi [18]: 28).

Begitu istimewanya waktu subuh. Mengajak anak-anak membiasakan bangun sebelum subuh. Agar tidak kehilangan keberkahan dan keistimewaannya. Tak mudah memang awalnya. Namun komitmen dan tekad untuk terus membersamai mereka bangun sebelum subuh adalah kunci suksesnya. Meraih bahagia dunia akhirat.

Selepas shalat subuh berjamaah si gendhuk sudah asyik dengan bukunya. Buku baru yang dua hari lalu tiba di rumah kami.

Alhamdulillah bersyukur anak-anak dekat dengan buku. Sengaja mengepung dan mengkondisikan di rumah dengan banyak buku. Membiasakan mereka membuat jadwal membaca buku sesuai kesepakatan masing-masing. Boleh bermain gadget apabila sudah baca buku.

Selain terus berusaha rutin membacakan buku sebelum tidur, anak-anak juga memilih waktunya sendiri untuk baca buku. Ba’da subuh adalah waktu istimewa untuk baca buku.

“Buku yang ini isinya bagus banget !”, ujarnya senang. Ada banyak tersedia menu percobaan-percobaan sains menyenangkan.

Menariknya lagi pada bagian awal buku sengaja didahului dengan komik. Anak yang belum suka membaca dapat diajak membaca komik terlebih dahulu. Rasa penasaran akan memicu mereka membaca halaman berikutnya.

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 5 January 2022, in inspiring, justinpoh, Tanpa kategori and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: