Skip to main content

Dompet Asmara

Dompet Asmara. Profesi apapun saat disyukuri maka akan bahagia. Pekerja kantoran, pegawai negeri, pedagang, wirausaha, dokter, pengusaha, guru, dst. Semua profesi itu saat dijalani dengan tulus, meniatkan untuk meraih cinta Allah maka akan serasa bahagia. Begitupun dengan profesi suami-istri yang satu ini.

Ya, suami-istri berwirausaha memproduksi dompet. Home industri sederhana. Ditekuni oleh suami istri ini sejak tahun 2012. Di desa Kenongosari Tuban Jawa Timur. Berbekal alat sederhana untuk menyelesaikan target dompetnya. Mulai dari mesin pres, mesin jahit, hingga alat pelengkap lainnya. Selama dua minggu suami istri ini bisa menghasilkan 280 dompet. Lantas hasil dompet yang sudah terselesaikan itu didistribusikan ke kota untuk dijual.

Saat penulis melihat bagaimana proses awal pembuatan dompet, ada perasaan iri sesaat. Profesi yang tak semua orang bisa menjalaninya dengan tulus, dan enjoy. Iri karena mereka berdua selalu bersama menghabiskan waktunya bekerja di rumah. Tanpa harus meninggalkan anak dan istrinya. Menyelesaikan dompet-dompetnya dengan waktu yang fleksibel sesuai kesepakatan mereka. Dompet asmara, yang merekatkan komunikasi setiap saat. Tak perlu ber-WhatsApp ria, telepon di saat jarak pekerjaan yang menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang bekerja di luar rumah.

Meskipun hasil satu dompetnya bagi pekerja lain nampak sedikit hasilnya, namun tak menyurutkan semangat pasutri ini untuk tetap menekuni profesinya. Satu dompet dihargai  empat ribu rupiah. Tak selalu dengan target yang sama setiap dua minggu sekali terselesaikan dompetnya. Pernah sekali waktu menhasilkan 180 dompet. Ada masa sepi juga di penjualan dompetnya.

Dompet asmara. Mengakrabkan jalinan ikatan pasangan suami istri ini. Bekerja tak mengenal tempat formal. Tak harus di kantor ber-AC. Tak meminta gaji dari pemilik perusahaan. Tak menunggu akhir bulan atau awal bulan untuk menerima bayaran. Bekerja sesuai dengan target mereka.

Dompet asmara menjadi jalan merekatkan dan menguatkan komunikasi keluarga. Bisa mendampingi anak-anak setiap waktu, ngobrol setiap saat dengan pasangan. Tanpa harus meninggalkan rumah. Semua profesi adalah pilihan. Dan setiap pilihan tentu saja ada konsekuensi. Tak perlu risau dengan setiap pilihan yang sudah kita jalani tanpa harus membandingkan dengan profesi orang lain. Tak perlu ada istilah ,” rumput tetangga lebih hijau”. Karena setiap pilihan profesi kita saat dijalani dengan niat ikhas, berharap ridho-Nya, menikmatinya dan selalu berpikir positif atas setiap pilihan profesi kita.

Nah, inilah salah satu profesi untuk kian merekatkan hubungan suami-istri agar tetap sakinah, mawadah wa rohmah melalui dompet asmara. Tentu saja di luar sana ada banyak profesi yang juga tak kalah menguatkan keharmonisan keluarganya. Tinggal pandai-pandainya seseorang selalu melihat dari sudut pandang positif atas pilihan profesinya. Syukuri atas setiap pilihan profesi kita.

3 thoughts to “Dompet Asmara”

Tinggalkan Balasan