Advertisements

Rencana Keuangan bagi mantemans yang sudah menikah, Yuuk simak…

Rencana Keuangan bagi mantemans yang sudah menikah, Yuuk simak brosis. Rencana keuangan berbeda-beda antara single, menikah, single kedua karena cerai atau pasangan meninggal dan poligami. Nah, apa saja rencana keuangan yang harus dimiliki buat yang sudah menikah?
Mengutip finance.detik.com (3/4) berikut Rencana Keuangan yang sudah menikah agar segala sesuatu dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Selain dana darurat dan asuransi, yang sudah dimiliki masing-masing sejak belum menikah, maka selanjutnya adalah:

1. Perencanaan memiliki anak
Perencanaan memiliki anak meliputi: kehamilan, kelahiran, pemberian nama termasuk di dalamnya aqiqahan untuk yang beragama Islam, dan khitan jika anak yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki. Termasuk di sini adalah berapa anak rencananya.

2. Dana Pendidikan Anak
Dana pendidikan anak yang disiapkan adalah dana mulai dari pendidikan di dalam maupun di luar rumah, dari pra sekolah, hingga perguruan tinggi atau sampai strata berapa yang ingin dibiayainya, apakah hingga S2, S3.

3. Dana Perjalanan Rohani (Dana Haji/Umroh/Roma)
Untuk yang beragama Islam, haji merupakan kewajiban (jika mampu). Setiap muslim akan mampu, jika biayanya disiapkan jauh-jauh tahun, apalagi masa tunggu haji di Indonesia mencapai puluhan tahun. Setelah mendaftar berhaji, bolehlah kita melakukan ibadah umroh, sembari menunggu giliran berhaji tiba. Untuk biaya haji/umroh ini silahkan pilih yang reguler atau yang plus, masing-masing biayanya berbeda.

4. Perencanaan Pensiun
Ingin menjalani sisa hidup seperti apa, apakah seperti saat ini, atau..? Penting merencanakan pensiun sejak dini, agar tidak terjadi pensiun, menunggu tambahan duit dari anak, sakit juga (merepotkan) anak dan lain-lain.

5. Dana Pernikahan Anak
Dana pernikahan anak mulai dari mahar atau mas kawin jika anak Anda laki-laki, Biaya nikah dan biaya resepsi, jika diperlukan Perencanaan Pensiun

6. Perencanaan Warisan,
Berguna menghindari sengkarut pembagian warisan, ketika anda berpulang. Di Indonesia ada 3 hukum pembagian warisan, Adat, KUH Perdata dan hukum islampembagian warisan.

Minimal perencanaan-perencanaan keuangan tersebut baiknya anda miliki, untuk kesejahteraan hidup, kelangsungan generasi dan pahala meski Anda telah tiada. Kumpulkan data biaya masing-masing, kemudian ‘future value’ kan sesuai dengan inflasi, dan hitung investasi yang harus dilakukan.

Sebagai contoh biaya pensiun 30 tahun yang akan datang membutuhkan sekitar antara Rp 20 – 60 miliar? Dana pendidikan untuk biaya kuliah saja 18 tahun lagi (asumsi anak saat ini usia 0 tahun) membutuhkan sekitar antara Rp 2 – 6 miliar. Itu baru dana pensiun dan pendidikan, belum dana yang lain. Maka semua harus disiapkan, direncanakan sejak awal agar terpenuhi.

Penempatan investasi, disesuaikan dengan profil risiko yang ada, apakah konservatif, berkembang, seimbang atau agresif, dan jangka waktu, apakah ditempatkan di deposito, reksa dana, logam mulia, saham, properti, atau lainnya.

***

Demikianlah mantemans rencana keuangan bagi yang sudah menikah. Selain poin ditas mungkin ada yang perlu didahulukan misalnya kepemilikan rumah, kendaraan bermotor atau kebutuhan lain yang  tentu juga memerlukan perencanaan matang. Semoga dapat menyongsong hidup rumah tangga dengan lebih baik.

Maturnuwun

sumber : https://finance.detik.com

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 3 April 2017, in caricara and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: